SDN 3 Gunungguruh Bumbung Kepercayaan Masyarakat

siswa-sdn-3-gunungguruh-bermain-sepak-bola

Kepercayaan masyarakat dalam menunjang dunia pendidikan memiliki peran cukup besar . Tanpa adanya sebuah kepercayaan maka, dunia pendidikan sulit untuk berkembang. Sebab itu, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Gunungguruh tepatnya beralamat di Jalan PajajaranKm 6 Kampung Cikarang Desa Gunungguruh Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi hingga kini selalu berinteraktif dengan masyarakat. Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari Visi dan Misi yang dipegang teguh di antaranya:

Visi
Terciptanya suasana belajar mengajar  yang aman, nyaman dan tertib , siswa yang cerdas, terampil dan cekatan berdasarkan iman dan taqwa

Misi
1.    Melaksanakan program hasil kesepakatan bersama dengan penuh tanggungjawab
2.    Mengevaluasi dan mendatapotensi  SDM siswa mengacu pada pencapaian target pendidikan
3.    Pembinaan seluruh keluarga besar di lingkungan SDN 3 Gunungguruh

Adapun strategi yang digunakan yaitu:
1.    Meningkatkan kualitas PBM berdasarkan peraturan yang berlaku
2.   Mempertahankan dan meningkatkan prestasi pendidikan dan agama yang bernuansa islam
3.  Mengkomunikasikan program yang sudah di laksanakan melalui kerjasama yang baikantara guru, siswa, dan masyarakat dengan disiplin tinggi.

aktifitas-guru-sdn-3-gunungguruh

Sekolah yang berdiri sejak tahun 1964 tersebut dibangun diatas tanah seluas 1350 m2 , serta memiliki jumlah murid sebanyak 80 siswa dengan jumlah pengajar sebanyak 7 guru PNS dan 3 guru Honorer. Fasilitas yang dimiliki masih sangat memprihatinkan, padahal keberadaanya sungguh sangat dibutuhkan di daerah tersebut. Dari 6 lokal kelas yang ada,    dua diantaranya rusak berat.  Gentingnya bocor, atapnya lapuk, bahkan kayu penyangganyapun hampir roboh. Lebih parahnya lagi sekolah tersebut memiliki satu ruang kantor yang hampir hancur dan sudah tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Pada akhirnya, pihak sekolah memilih untuk menempati rumah dinas yang kondisinya sangat memprihatinkan. Meski demikian, kegiatan belajar mengajar tetap berjalan lancar. Untuk menumbuhkan rasa kepercayaan dari masyarakat, pihak sekolah terus memberikan sebuah kinerja maksimal dan selalu menerapkan suasana pendidikan yang  menyenangkan sesuai dengan UU Nomor: 20 Tahun 2003, Pasal 20 ayat 2 bahwa Pendidikan dan Tenaga Pendidikan Berkewajiban:

1.    Menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis.
2.    Mempunyai komitmen secara professional untuk meningkatkan mutu pendidikan
3.    Memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga. Profesi dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya.

kegiatan-kbm-di-sdn-3-gunungguruh

Jika dilihat dari prestasi, SDN 3 Gunungguruh memiliki segudang prestasi seperti ditahun 2011 mampu meraihjuara 3 tenis meja se wilayah I Kabupaten Sukabumi. Dari semenjak berdiri ratusan penghargaan telah dikantonginya.

 kepala-sdn-3-gunungguruh-asep-suryadiKemajuan seluruh program yang digulirkan tentunya tidak terlepas dari seorang pemimpin atau kepala sekolah yang mampu memberikan dorongan kepada seluruh tenaga pendidik di sekolah tersebut. Ade Suryadi adalah seorang pigur kepala sekolah yang selalu optimis dalam bekerja dengan didasari profesionalisme tinggi.

Menurutnya, keberhasilan akan mudah dicapai dengan menumbuhkan rasa kepercayaan. “Tentunya, hal itu akan mudah didapat apabila kami dapat memberikan sebuah kepercayaan baik dari segi fasilitas, prestasi, danlulusan yang dapat dipertanggungjawabkan. Walaupun sampai saatini, segi fasilitas yang seharusnya menunjang belum mendapat respons dari pemerintah. Kami harapkan dukungan semua pihak terus terjalin demi keberhasilan dunia pendidikan di Gunungguruh khususnya, umumnya di Kabupaten Sukabumi,” harapnya. AZ

Informasi Terbaru : SDN 3 Gunungguruh Gelar Kenaikan Kelas dan Pelepasan Kelas 6

SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI–Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Gunungguruh di Jalan Pajajaran Km 6 Kampung Cikarang Desa Gunungguruh Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, meriahkan kenaikan kelas dengan berbagai pentas kreasi siswa. Acara yang berlangsung Selasa, (26/6) dihadiri beberapa tamu undangan diantaranya, Kepala Desa Gunungguruh, Tim Komite, Tokmas, UPTD Pendidikan, dan lain sebagainya.
Kepala SDN 3 Gunungguruh Nanan Hilmansah, S.Pd, mengatakan, kenaikan kelas merupakan acara yang cukup bermanfaat untuk mengikat tali silaturahmi pihak sekolah dengan masyarakat. “Selain itu, kami juga berharap dengan adanya acara seperti ini siswa lebih terdorong untuk lebih maju dan berkembang,”kata Nanan kepada www.sukabumizone.com. Sementara itu, Kepala Desa Gunungguruh Usep Saprudin berharap, SDN 3 Gunungguruh dapat berkembang dari masa kemasa dalam menggali potensi generasi penerus bangsa. “Kegiatan seperti ini tentu sangat berdampak positif selain merangsang anak untuk giat meraih prestasi juga mempererat tali silaturahmi. Kami dari pemerintah setempat akan selalu mendukung dunia pendidikan agar terus maju,”pungkasnya. Sep

Informasi terkini tentang kenaikan kelas di SDN 3 Gunungguruh Tahun Ajaran 2013/2014


SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI– Kenaikan kelas dan perpisahan kelas enam di SDN 3 Gunungguruh Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat berlangsung kondusif. Bahkan, cukup meriah dengan pentas kreasi siswa yang sengaja ditampilkan pihak sekolah.  Acara itu turut dihadiri beberapa tamu undangan, seperti halnya Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Gunungguruh, muspika, pemerintahan setempat, komite Sekolah dan lainnya.
Kepala SDN 3 Gunungguruh Yayan Suryana yang diwakili salah seorang guru Murtati S.pd mengatakan, kreasi siswa yang ditampilkan diacara tersebut adalah upacara adat, tari-tarian, puisi solo dan lain sebagainya.”Acara ini dimulai pukul 08:00 serta dan yang menjadi punycak acaranya Reog ibu-ibu. Selain itu, sambut baik dari orang tua wali murid tampak pada acara ini. Alhamdulillah selama acara ini berlangsung tidak ada kendala yang berarti,”tandasnya. Disamping itu, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada orang tua wali murid atas partisipasinya. Ia pun berharap dengan kenaikan kelas dapat menjadi motivasi siswa yang akan masuk di tahun berikutnya. ” Kami menghimbau kepada siswa yang lulus di tahun ini agar pergunakanlah ilmu yang telah digali selama enam tahun dan jangan merasa puas dengan apa yang diperoleh dari Sekolah ini,” pungkasnya. Restu

Lihat Juga...