Lulusan Berprestasi Harapan SDN 2 Panggleseran

 

 

 

 

 

 

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Panggleseran di Jalan Palabuan II Km. 12 Kampung Panggleseran Desa Sirnaresmi Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, terus mendongkrak kemajuan pendidikan dengan menciptakan lulusan berprestasi. Sekolah tersebut memiliki visi dan misi yang cukup unik sebagai tolak ukur keberhasilan yang dicapainya.

Visi

Terwujudnya sekolah yang bersih, indah, aman, dan suasana belajar yang menyenangkan sehingga peserta didik dapat mengembangkan kecerdasan, keterampilan dan akhlak mulia.

Misi

1. Menciptakan komunikasi yang efektif dengan stakeholder

2. Menerapkan pembelajaran PAKEM

3. Meningkatkan wawasan guru dan kepala sekolah melalui KKG dan KKKS

4. Meningkatkan prestasi akademik, ekstrakurikuler, dan teknologi informasi

5. Melaksanakan pembinaan akhlak menuju akhlak mulia

Sekolah yang dibangun diatas tanah seluas 600 m2 , bediri di tahun 1983. Saat ini, sekolah tersebut memiliki jumlah kelas sebanyak 6 rombongan belajar (Rombel) yang di isi oleh 175 siswa. Selain itu, memiliki 8 Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) 1 Guru Honor, dan 1 penjaga yang cukup handal karena telah dibekali ilmu yang memadai sebagai mana tercantum dalam visi dan misi di atas. Disamping itu, perubahan pola pikir dan pola tindak dalam mengelola kelas dan melaksanakan proses pembelajaran, setiap guru disekolah tersebut dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan khususnya layanan proses pembelajaran sesuai dengan standar proses dan sesuai dengan Permendiknas nomor 41 tahun 2007. Tak heran apabila sekolah tersebut memiliki target menciptakan lulusan berprestasi.

Jika dilihat dari prestasi, SDN 2 Panggleseran memiliki segudang prestasi seperti ditahun 2011 mampu meraih juara 1 lomba IPS terpadu tingkat kecamatan, juara 1 catur putri dan masih banyak lagi prestasi yang telah diraih. Kemajuan seluruh program yang digulirkan tentunya tidak terlepas dari seorang pemimpin atau kepala sekolah yang mampu memberikan dorongan kepada seluruh tenaga pendidik di sekolah tersebut. Nanan Hilmasyah adalah seorang pigur kepala sekolah yang selalu optimis dalam bekerja dengan didasari profesionalisme tinggi. Harapanya tidak pernah luntur untuk btetap berdiri kokoh dalam menciptakan kemajuan dunia pendidikan terutama di sekolah yang dipimpinya.

         Sarana Prasarana Tidak Menunjang

Apabila dicermati dari sisi kualitas SDM dan program yang digulirkan, sekolah itu memiliki kualitas yang memadai. Namun, disayangkan sarana dan prasarana penunjang pendidikan yang seharusnya ikut menunjang tidak seperti yang dibayangkan. Jumlah kelas hanya 6 lokal satu diantaranya disekat dengan kantor, tidak memiliki WC apalagi fasilitas lainya itu jelas belum ada sama sekali. “Kami sudah berupaya mengadukan permasalahan ini kepada intansi terkait. Namun, sampai saat ini belum ada respon yang dapat membuat kami lega,” tandas Nanan kepada SukabumiZone.com. Tidak dipungkiri bahwa ada kendala yang membuat bantuan tak kunjung dikucurkan. Keberadaan sekolah ini berada di tanah milik yayasan. “Namun, apakah kendala seperti ini tidak dapat dicari jalan keluarnya. Kami yakin pasti ada solusi, jangan sampai ratusan anak didik kami terbengkalai karena kondisi sekolah yang tidak memadai. Kami harap pemerintah dapat mendengar semua keluhan kami dan secepatnya mengucurkan bantuan,”pungkasnya. Sep/RM

Informasi Terkini 2013: SDN 2 Panggleseran Meriahkan Kenaikan Kelas 2012/2013

Kenaikan kelas atau yang akrab dikenal samenan, masih menjadi tradisi di dunia pendidikan setiap akhir tahun ajaran di Kabupaten Sukabumi. Namun, seiring peraturan pemerintah tentang sekolah gratis kegiatan ini pun tidak begitu menjadi prioritas. Namun masih ada beberapa sekolah yang tetap memeriahkanya dengan berbagai pentas siswa. Misalnya saja SDN 2 Panggleseran Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Kepala Sekolah SDN 2 Pangleseran Siti Zamronah menjelaskan, resepsi ini sebagai salah satu bentuk upaya masyarakat dan pihak sekolah dalam memeriahkan kenaikan kelas serta kelulusan kelas enam. “Melalui kenaikan kelas ini kita tingkatkan serta lestarikan budaya bangsa demi terciptanya manusia yang berkualitas. Ia berharap, acara yang sangat bersejarah bagi setiap warga belajar berdampak pada gairah siswa dalam belajar. Sebab, Pendidikan adalah syarat mutlak untuk menjadikan kepribadian manusia, pembentukan akhlak dan karakter. ” Sehingga kelak siswa bisa berguna bagi agama dan negara dalam menyongsong masa depan,”pungkasnya. Dendi

Informasi terkini tentang kenaikan kelas di SDN II Panggleseran Tahun Ajaran 2013/2014

SUKABUMIZONE.COM ,SUKABUMI– Kenaikan kelas dan pelepasan siswa-siswi kelas enam di SDN II Pangleseran Kampung Pangleseran Desa Sirnaresmi Kecamatan Gununguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat berjalan lancar. Acara itu, turut dihadiri beberapa tamu undangan seperti, tokoh masyarakat, komite sekolah, perangkat desa, ketua yayasan, Unit Pelayanan Teknis Dinas ( UPTD ) Pendidikan Kecamatan Gunungguruh dan lain sebagainya.
Kepala SDN Pangleseran Nanan Hilmansyah S.Pd.I yang diwakili salah seorang guru Tini Kartini S.Pd mengatakan, kenaikan kelas itu diisi dengan berbagai kreasi siswa misalnya, tari-tarian, vokal grup, organ anak dan puncak hiburan yaitu Reog sebagai acara tambahan untuk masyarakat. “Acara ini dimulai sekitar Pukul 08:30,” kata Titin kepada www.sukabumizone.com selasa (24/06).
Menurutnya, atas nama Kepala SDN II pangleseran ia mengucapkan terima kasih kepada orang tua wali murid yang telah mendukung berjalannya acara tersebut. Selain itu, ia pun berterimakasih kepada guru-guru yang telah mengajar, membina, membimbing, serta mendidik, juga mengarahkan siswa ke sisi yang lebih baik sehingga pada tahun ajaran 2013-2014 siswa dapat lulus seratus persen. “Bahkan di tahun ini prestasi siswa jauh lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” ujarnya.
Lebih lanjut ia menjelaskan, pada tahunan ini orang tua siswa sangat mendukung dalam segi biaya maupun tenaga bahkan orang tua siswa pun ikut melatih siswa untuk tampil pada acara tersebut.” Alhamdulillah selama acara ini berlangsung tidak ada kendala yang kami jumpai. Pada puncak hiburan nanti yaitu hiburan Reog kami harap bisa berjalan lancar seperti apa yang diharapkan,” tandasnya. Restu

Lihat Juga...