SDN Pasirbadak Gali Potensi Siswa

SDN Pasirbadak yang berdomisili di Kampung Pasirbadak Desa Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, terus berupaya mewujudkan suasana sekolah yang nyaman dan aman. Hal tersebut dilakukan demi terciptanya sebuah pengembangan pendidikan yang optimal sesuai dengan visi dan misi yang selalu menjadi tolak ukur dari sebuah keberhasilan yang diraihnya. Berikut uraian visi dan misi SDN Pasirbadak:

VISI

 

TERWUJUDNYA SEKOLAH YANG NYAMAN DAN MAMPU MENGEMBANGKAN POTENSI SISWA
MISI

 

1. MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA
2. MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG PIKEM
3. MENUMBUHKEMBANGKAN DISIPLIN DILINGKUNGAN SEKOLAH
4. MENINGKATKAN BIMBINGAN TERHADAPSISWA DALAM :
A. EKSTRAKURIKULER
B. MENGEVALUASI KEGIATAN PROGRAM SECARA RUTIN DAN BERKALA
C. MEMBENTUK PRIBADI SISWA YANG BERAKHLAK MULIA
Sekolah yang dibangun diatas tanah seluas 700 m2, bediri di tahun 1987. Memiliki jumlah kelas sebanyak 7 lokal kelas satu diantaranya dipergunakan ruang kantor, sisanya diisi oleh 202 siswa. Selain itu, memiliki 9 Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) termasuk kepala sekolah 2 Guru Honor, dan satu penjaga. Seluruh staf pengajar yang ada dinilai cukup handal karena dibekali ilmu yang memadai sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Berikut ulasan dari BAB I Pasal I diantaranya , yang dimaksud dengan pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarkat, bangsa dan Negara. Selain itu, masih banyak lagi uraian yang tercetus dalam undang-undang tersebut. Sesuai dengan tuntutan di era globalisasi saat ini guru di sekolah itu juga diharuskan untuk memiliki pola pikir dan pola tindak terutama dalam mengimplementasikan dan mengembangkan kurikulum (KTSP) yang berlaku sekarang. Jadi tidak diragukan lagi sekolah ini bisa mencetak siwa yang dapat dipertanggungjawabkan. Salah satu contoh adalah dari sisi prestasinya, SDN Pasirbadak mampu mengantongi ratusan penghargaan dari berbagai perlobaan baik antar sekolah, kecamatan atau tingkat daerah. Misalnya saja, sebagai juara I lomba sepak takrau tingkat kecamatan, juara I sepak bola tingkat kecamatan, juara I lomba calistung tingkat kecamatan, juara II lomba biantara putra dan putri, juara I lomba aksara sunda tingkat kecamatan, juara II pupuh putra dan putri dan masih banyak lagi piala penghargaan yang telah diperoleh sekolah tersebut.

Keberhasilan sekolah itu tentunya tidak terlepas dari seorang sosok pemimpin yang berkualitas dan profesional. Suryaman  S. Pd, Kepala SDN Pasirbadak mampu memberikan dorongan kepada seluruh tenaga pendidik di sekolah tersebut. Ia adalah pigur kepala sekolah yang selalu optimis dalam bekerja. Harapanya tidak pernah luntur untuk tetap berdiri kokoh dalam menciptakan kemajuan dunia pendidikan terutama di sekolah yang dipimpinya. “Kami tetap optimis untuk dapat memajukan sekolah ini lebih baik ke depan. Sebab kami melihat potensi yang ada cukup memadai dan kami tidak akan henti-hentinya menggali potensi yang ada,” jelas pria ramah itu.

Sarana Prasarana Belum Menunjang

Apabila dicermati dari sisi kualitas SDM dan program yang digulirkan, sekolah itu memiliki kualitas yang memadai. Namun, disayangkan sarana dan prasarana penunjang pendidikan yang seharusnya ikut menunjang tidak seperti yang dibayangkan. Jumlah kelas hanya 6 lokal tiga diantaranya rusak dan masih diisi oleh 33 siswa per kelasnya. Sedangkan, seharusnya sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) diisi oleh 28 siswa, tidak memiliki WC yang layak, serta tidak memiliki lapang untuk kegiatan olah raga, upacara atau tempat bermain siswa, “Kami sudah berupaya mengadukan permasalahan ini kepada intansi terkait. Namun, sampai saat ini belum ada respon. Apalagi untuk pengadaan lapang, kalau murut informasi itu tidak ada anggaranya dari pemerintah” tandas Suryaman kepada SukabumiZone.com.
Sebab itu, ia berupaya terus menjalin kerjasama dengan berbagai elemen untuk terus mendongkrak keberhasilan pendidikan di sekolah yang dipimpinya tersebut. “ Saya yakin dengan kebersamaan maka tujuan kami dapat tercapai sesuai dengan target. Meskipun tidak dipungkiri sekolah ini masih kekurangan fasilitas tapi itu tidak meyurutkan semangat kami untuk terus maju ,”tandasnya.Sep

Informasi Terkini : Memeriahkan kenaikan Kelas 2013

Pesta Tahunan SD di Sukabumi Meriah Dengan Berbagai Pentas Siswa

SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI–Usai mengikuti Ujian Nasional (UN), para siswa Sekolah dasar Negri (SDN) Pasirbadak di Kampung Pasirbadak Desa Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, memeriahkan resepsi kenaikan kelas dan pelepasan siswa kelas enam atau yang lebih dikenal samenan. Acara tersebut turur dihadiri beberapa tamu undangan misalnya saja, Kepala UPTD Kecamatan Gunungguruh, aparatur desa, komite sekolah, dan lainya.
Dalam kegiatan tersebut, para siswa menampilkan berbagai kreasi seni dan budaya diantaranya, pagelaran seni budaya Sunda,  modern, dan kompilikasi dari keduanya, lagu bernuansa seni religi, jaipong, mawalan, pidato, pembacaan puisi dan masih banyak lagi kebolehan siswa yang ditampilkan sehingga membuat suasana cukup meriah.
Kepala SDN Pasirbadak Suryaman mengatakan, acara kenaikan kelas tersebut di prakarsasi orang tua siswa diwakili tim komite dengan tujuan untuk meningkatkan talisilaturahmi dari semua pihak.” Melalui kenaikan kelas dan pelepasan siswa kelas eman ini kita tingkatkan propesionalisme guru dan kualitas mutu pendidikan,” kata Suryaman kepada www.sukabumizone.com ketika ditemui disela-sela acara berlangsung Senin, (24/06).
Lanjut Suryaman, pihaknya berbangga hati. Sebab, siswa yang telah mengikuti UN semuanya lulus seratus persen dan banyak prestasi di raih oleh siswa.” Al-hamdullilah sebanyak 32 siswa telah berhasil melaksanakan UN dan hasilnya lulus seratus persen. Bahkan, siswa sudah mendaftarkan diri untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi,” paparnya.
Sementara itu, Kepala UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Gunungguruh Iva Rufaidah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada orang tua siswa dan tim komite yang telah memberikan dana untuk acara yang sudah menjadi tradisi akhir tahun sehingga tampak meriah. “Kami berbangga hati karena SDN Pasirpadak sudah berhasil melaksanakan UN dengan lulus seratus persen. Sehingga kami berharap siswa kelas enam terus melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dan untuk siswa kelas satu sampai lima terus tingkatkan kualitas belajar sampai berprestasi,” pungkasnya. Dendi

Informasi terkini tentang kenaikan kelas di SDN Pasirbadak Tahun Ajaran 2013/2014

SUKABUMIZONE.COM, SUKABUMI– Memeriahkan kenaikan kelas dan pelepasan siswa kelas enam tahun ajaran 2013/2014, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pasirbadak Kecamatan Gunungguruah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, gelar kreasi seni siswa. Seperti, upacara adat, Jaipongan, lagu perpisahan, lagu religius, tarian modern, tarian tradisonal, kombinasi dari keduanya, paduan suara, baca puisi, baca sajak. Bahkan pihak sekolah telah menghadirkan hiburan dari luar yaitu Calung untuk memeriahkan acara yang di pusatkan di halaman sekolah Selasa, (24/06) itu. Acara itu pun turut di hadiri tamu undangan dari semua element diantaranya, Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Kecamatan Gunugguruh, aparatur desa, tokoh masyarakat, tokoh ulama, komite sekolah orang tua siswa dan lainnya.
Salah seorang guru SDN Pasirbadak Suryaman menjelaskan, pelepasan siswa kelas enam untuk tahun ini sebanyak 28 siswa terdiri dari 12 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki telah dinyatakan lulus seratus persen.” Sementara seluruh kelas satu hingga kelas lima telah berhasil naik kelas dengan nilai memuaskan,” kata Suryaman kepada www.sukabumizone.com ketika dijumpai di sela-sela acara berlangsunng Rabu, (24/06).
Kegiatan yang terselenggara dengan penuh kesan itu, bertujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi antar pihak sekolah dengan orang tua siswa, komite sekolah maupun dengan pemerintah beserta jajarnnya.” Semoga kegiatan ini bisa menarik simpati masyarakat untuk membantu seperti dengan cara memberikan kepercayaan untuk SDN Pasirbadak sehingga jumlah siswa untuk tahun ini bisa bertambah dibanding tahun sebelumnya,” ujar Suryaman.
Sebab itu, ia berharap semua element dapat berpartisipasi untuk mensukseskan Wajar Dikdas sembilan tahun.” Karena tanpa bantuan dari semua pihak dunia pendidikan akan sulit untuk berkembang sebagaimana target yang sudah di tentukan,” pungkasnya. Nur

Lihat Juga...