SD 1 Mangkalaya Biasakan Disiplin


Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Mangkalaya yang beralamat di Jalan Veteran KM. 3 Desa Cibolang Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, berupaya jadikan sekolah berkualitas, nyaman agar mampu mengembangkan potensi siswa sesuai dengan Visi dan Misi nya yakni:
VISI
TERWUJUDNYA SEKOLAH YANG BERKUALITAS NYAMAN DAN MAMPU MENGEMBA NGKAN POTENSI SISWA
MISI
1. MENCIPTAKAN SEKOLAH YANG BERKUALITAS NYAMAN
2. MENCIPTAKAN SUASANA SEKOLAH YANG CERIA DAN KONDUSIF
3. MENCIPTAKAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN
4. MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG KREATIF, INOVATIF, MENYENANGKAN DAN BERKUALITAS
5. MENGEMBANGKAN BAKAT, MINAT, DAN POTENSI SISWA SECARA MAKSIMAL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER
6. MENGEMBANGKAN DAN MEMBIASAKAN PERILAKU DISIPLIN WARGA SEKOLAH
7. MENJA LIN KERJASAMA DENGAN PIHAK-PIHAK TERKAIT
TUJUAN
1. TUJUAN UMUMTujuan Pendidikan Dasar sesuai dengan peraturan pemerintah Nomor. 19 Tahun 2005, adalah meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan untuk pendidikan lebih lanjut.

2. TUJUAN KHUSUS

Meninjau dari tujuan umum pendidikan dasar maka tujuan khusus yang ingin dicapai sampai tahun 2013 oleh sekolah ini adalah sebagai berikut:
a. Ingin memiliki sekolah berkualitas nyaman
b. Ingin memiliki kelas sekolah dengan warna yang indah dan mengandung unsur pembelajaran
c. Ingin memiliki masyarakat sekolah yang ramah dan kondusif
d. Ingin melaksanakan tiap kelas dengan menerapkan pembelajaran PAKEMI
e. Ingin membiasakan kelas tersedia pohon ilmu dan sarapan ilmu

Sekolah yang dibangun diatas tanah seluas 1125 m2 , bediri di tahun 1920. Saat ini, sekolah tersebut me miliki jumlah kelas sebanyak 10 ditambah satu ruang kantor dan ruang kepala sekolah dan memiliki 469 siswa. Selain itu, memiliki 13 Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) 4 Guru Honor, satu penjaga. Guru yang ada dinilai cukup handal karena telah dibekali ilmu yang memadai sebagai mana diamanatkan dalam Undang- Undang Nomor 14 tahun 2005. Bahkan, sesuai dengan tuntutan di era globalisasi saat ini guru di sekolah itu diharuskan untuk memiliki pola pikir (mindset) dan pola tindak (actionset) terutama dalam mengimplementasikan dan mengembangkan kurikulum (KTSP) yang berlaku sekarang. Disamping itu, perubahan pola pikir dan pola tindak dalam mengelola kelas dan melaksanakan proses pembelajaran, setiap guru disekolah tersebut dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan khususnya layanan proses pembelajaran sesuai dengan standar proses dan sesuai dengan Permendiknas nomor 41 tahun 2007. Jadi tidak diragukan lagi sekolah itu bisa mencetak anak didik yang dapat dipertanggungjawabkan. Salah satu contoh adalah dari sisi prestasinya, semenjak didirikan sampai saat ini SDN 1 mangkalaya mampu mengantongi ratusan penghargaan dari berbagai perlobaan ba ik antar sekolah, kecamatan atau tingkat daerah bahkan provinsi. Misalnya saja, sebagai juara I Matematika tingkat kecamatan, juara I bulu tangkis tingkat kecamatan, juara I sepak bola tingkat kecamatan, juara II poli tingkat kecamatan, juara I lomba renag tingkat kecamatan, dan masih banyak lagi piala penghargaan yang telah diperoleh sekolah tersebut.

Kesuksesan sekolah ini tentunya tidak terlepas dari sosok seorang pemimpin yang berkualitas dan profesional. Yeti Susarini S. Pd, Kepala SDN 1 Mangkalaya telah dapat memberikan dorongan kepada seluruh tenaga pendidik di sekolah tersebut. Ia adalah pigur kepala sekolah yang selal u optimis. Harapanya tidak pernah pudar untuk tetap berdiri kokoh dalam menciptakan kemajuan dunia pendidikan terutama di sekolah yang dipimpinya. “Kami tetap optimis untuk dapat memajukan sekolah ini lebih berkualitas dan nyaman di masa yang akan datang. Sebab kami melihat pote nsi yang ada cukup memadai dan kami tidak akan berhenti menggali potensi yang ada,” jelas wanita ramah tersebut.

Sarana Prasarana Belum Memadai

Seluruh program yang digulirkan sekolah ini terbilang cukup berkualitas dan memadai. Namun, disesalkan sarana dan prasarana penunjang pendidikan belum memadai. Jumlah ruang belajar kurang dua lokal saat ini satu lokal kelas masih diisi oleh 40 siswa per kelasnya. Sedangkan, seharusnya sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) diisi oleh 32 siswa. “Kami sudah berupaya mengajukan hal ini kepada intansi terkait. Namun, sampai belum ada realisasi” tandas Yeti kepada SukabumiZone.com. Sebab itu, ia berupaya terus menjalin kerjasama dengan berbagai elemen untuk terus mendongkrak keberhasilan pendidikan di sekolah yang dipimpinya tersebut. “ Saya yakin dengan kebersamaan maka tujuan kami dapat tercapai sesuai dengan target. Meskipun tidak dipungkiri sekolah ini masih kekurangan fasilitas tapi itu tidak meyurutkan semangat kami untuk terus maju ,”pungkasnya.Sep

INFORMASI TERBARU

SDN 1 Mangkalaya  kembali mendapat piala penghargaan pada lombaan PAI tingkat kecamatan 9 November 2011 lalu. Perlombaan yang dimenangkan adalah: Juara 1 MHQ Putri tingkat kecamatan, Juara 2 Kaligrafi, Juara 3 Pildacil, dan Juara 3 LCC. Untuk itu sekolah tersebut terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas prestasi yang telah dan akan diraihnya. Red.

Informasi Terkini: Memeriahkan Kenaikan Kelas 2013

Kenaikan kelas atau yang akrab dikenal samenan, masih menjadi tradisi di dunia pendidikan setiap akhir tahun ajaran di Kabupaten Sukabumi. Namun, seiring peraturan pemerintah tentang sekolah gratis kegiatan ini pun tidak begitu menjadi prioritas. Namun masih ada beberapa sekolah yang tetap memeriahkanya dengan berbagai pentas siswa. Misalnya saja SDN 1 Mangkalaya Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, mengisi acara samenan dengan berbagai acara seperti pentas seni dan lain sebagainya.

Kepala Sekolah SDN 1 Mangkalaya Yeti Susarini menjelaskan, budaya seni tradisional yang hampir punah dikarenakan masyarakat yang tidak peduli akan warisan budaya bangsa yang bernilai tinggi.” Sebab itu, kami mengadakan samenan dengan diawali tradisi sunda sebagai salah satu usaha pelestarian seni budaya,”jelasya.
Lanjut Yeti,  samenan sebagai salah satu bentuk upaya masyarakat dan pihak sekolah dalam memeriahkan hasil dari lulusan UN.” Al-hamdullilah tingkat kelulusan siswa di sekolah ini mencapai angka seratus persen dari jumlah siswa 81 orang yang artinya semua siswa kelas enam lulus serta akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” paparnya.
Sementara itu, Kepala UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Gunungguruh Iva Rufaida dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan berbangga hati karena SDN 1 Mangkalaya sudah berhasil melaksanakan UN dengan lulus seratus persen.” Dan kami harap siswa kelas enam terus melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dan akan tetap menjaga nama baik sekolah. Sebab, penting nya pendidikan untuk generasi bangsa demi menyongsong massa depan yang gemilang.”pungkasnya. Dendi

Lihat Juga...