'

UPTD Puskesmas Cibolang Upayakan Koordinasi Lintas Sektor

Puskesmas adalah unit pelaksanan teknis dinas (UPTD) Kesehatan Kabupaten/kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan Kesehatan di suatu wilayah kerja. Puskesmas adalah Pusat kesehatan masyarakat yang berorientasi pada upaya promotif, preventif dengan tidak mengesampingkan upaya kuratif dan rehabilitatif.

Puskesmas Cibolang yang memiliki VISI

“AKSELERASI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT GUNA MENDUKUNG PENCAPAIAN VISI JAWA BARAT 2010”

dengan MISI

”MENINGKATKAN KUALITAS DAN PRODUKTIFITAS SUMBERDAYA MANUSIA JAWA BARAT, MENGEMBANGKAN STRUKTUR PEREKONOMIAN REGIONAL YANG TANGGUH, MEMANTAPKAN KINERJA PEMERINTAH DAERAH, MENINGKATKAN IMPLEMENTASI PEMBANGUNAN YANG BERKELANJUTAN SERTA MENINGKATKAN KUALITAS KEHIDUPAN SOSIAL YANG BERLANDASKAN AGAMA DAN BUDAYA DAERAH.

Puskesmas Cibolang tepatnya di Jalan Mangkalaya Desa Cibolang Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi berada di antara Kecamatan Gunungguruh dan Kecamatan Cisaat yang merupakan gerbang dalam pelayanan kesehatan dasar. Disisi pelayanan gedung Puskesmas Cibolang sampai saat ini belum memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat karena sarana dan prasarana yang belum menunjang. Tampak dari luar gedung puskesmas ini lumayan bagus. Namun, setelah dicermati sampai ke ruang administrasi ternyata, kondisinya masih sangat memprihatinkan. Dimana karena keterbatasan bangunan pihak puskesmas saat ini tidak dapat mengerjakan laporan kerja dengan nyaman. Bahkan, bangunan yang baru saja mendapat anggaran perehaban dan dipergunakan untuk ruang kantor sekarang pembangunannya dianggap belum rampung. Pasalnya, masih banyak yang belum dibangun seperti lantai, dinding yang belum diplester sehingga kusen jendela dan pintu mulai dimakan rayap, serta banyak lagi keterbatasan bangunan Puskesmas Cibolang.

Alangkah baiknya pemerintah untuk segera membangun fasilitas kesehatan masyarakat sebagai salah satu indikator kinerja terhadap masyarakat bidang pelayanan kesehatan masyarakat. Juga dapat menurunkan belanja kesehatan masyarakat ke luar wilayah Kabupaten Sukabumi. Puskesmas yang memiliki 4 fungsi yaitu : pusat pembangunan wilayah berwawasan kesehatan, pusat pemberdayaan masyarakat, pusat pelayanan kesehatan masyarakat primer, pusat pelayanan kesehatan perorangan primer. sudah seharusnya memiliki Fasilitas sesuai dengan standar pelanyanan sehingga dapat mewujudkan visi dan misi puskesmas. Puskesmas yang juga memiliki jumlah staf sebanyak 27 personil ini harus mejalankan 6 program wajib dan 9 program pengembangan, juga memiliki target yang harus dicapai dan program prioritas yang sesuai dengan kondisi wilayah setempat. Dalam mendukung fungsi puskesmas dan mewujudkan visi serta misi maka pihak puskesmas tersebut telah membuat perencanaan jangka panjang dan jangka pendek dalam Pengadaan, peningkatan dan perbaikan sarana & prasarana Puskesmas beserta jejaringnya.

Kepala UPTD Puskesmas Cibolang Maman Suratman memiliki tujuan untuk meningkatkan silaturahmi dengan berbagai elemen dalam menggulirkan seluruh program yang ada. “Dengan menggandeng semua pihak untuk berpartisifasi. Maka, kami harap dapat menciptakan hasil pencapaian program yang sempurna,”jelas Maman kepada SukabumiZone.com saat ditemui di ruang kerjanya.

Untuk menggulirkan setiap program yang ada tentunya sangatlah tidak mudah. Sebab , perlu didukung beberapa faktor seperti SDM, dan sarana prasarana yang memadai. “Saat ini penyimpanan arsip-arsip belum tertata dengan rapi karena tidak memiliki tempat untuk penyipanan,”tuturnya.

Karena itu, ia berharap hal tersebut dibuat sebagai bahan pertimbangan para pengambil kebijakan. “Mudah-mudahan pemerintah dapat memberikan bantuan dana untuk menyelesaikan pembangunan pukesmas ini,”harapnya.Sep