SDN Cibolang Wujudkan Sekolah Sehat

SDN Ciboolang yang beralamat di Cibolang Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, terus berupaya menciptakan suasana sekolah yang bersih, sehat, nyaman dan berkualitas. Hal tersebut dilakukan demi terwujudnya sebuah pengembangan pendidikan yang maksimal sesui dengan visi dan misi yang selalu menjadi tola kukur dari sebuah keberhasilan pendidikan yang telah diraihnya.

VISI

TERWUJUDNYA SEKOLAH SEHAT, NYAMAN, BERKUALITAS, BERAKHLAK MULIA, BERDASARKAN IMAN DAN TAQWA

MISI

1. Menciptakan lingkungan fisik sekolah yang bersih, indah dan nyaman
2. Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif
3. Menciptakan komunikasi yang efektif dan menyenangkan diantara warga sekolah
4. Menciptakan pembelajaran yang aktif,kreatif, efektif,inovatif dan menyenangkan
5. Mengembangkan bakat, minat dan potensi siswa secara maksimal melalui kegitan ekstrakurikuler
6. Membiasakan prilaku disiplin bagi seluruh warga sekolah
7. Menjalin kerja sama yang baik dengan pihak-pihak terkait

Tujuan Pendidikan dasar sesuia dengan Peraturan Pemerintah Nomor.19 Tahun 2005 adalah meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, keperibadian,akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan untuk mengikuti pendidikan lebih lanjut. Sekolah yang didirikan dua tahap yakni pada tahun 1979 dan 1980 itu, memiliki jumlah siswa sebanyak 142 dan memiliki 6 lokal kelas satu diantaranya dipergunakan ruang kantor. Selain itu, memiliki 6 Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) termasuk kepala sekolah serta 4 Guru Honor. Seluruh staf pengajar yang ada dinilai cukup handal karena dibekali ilmu yang memadai sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Juga sesuai dengan tuntutan di era globalisasi saat ini guru di sekolah itu diharuskan untuk memiliki pola pikir dan pola tindak terutama dalam mengimplementasikan dan mengembangkan kurikulum (KTSP) yang berlaku sekarang. Disamping itu, perubahan pola pikir dan pola tindak dalam mengelola kelas dan melaksanakan proses pembelajaran, setiap guru juga dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan khususnya layanan proses pembelajaran sesuai dengan standar proses dan sesuai dengan Permendiknas nomor 41 tahun 2007. Otomatis tidak diragukan lagi sekolah ini bisa menciptakan siwa yang dapat dipertanggungjawabkan. Salah satu contoh adalah dari sisi prestasinya, SDN SDN Cibolang bias mengantongi banyak penghargaan dari berbagai perlobaan baik antar sekolah, tingkat kecamatan atau tingkat daerah. Misalnya di tahun 2011 sekolah ini menjuarai juara II Adzan tingkat kecamatan, juara II pupuh tingkat kecamatan, juara III poli tingkat kecamatan dan masih banyak lagi.

Sekolah itu dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah Dewi Nuryanti S.Pd. SD, yang akan berupaya memberikan dorongan kinerja terbaik kepada seluruh tenaga pendidik di sekolah tersebut. Menurutnya, tidak ada yang tidak mungkin apabila orang mau berusaha. “Kami akan berusaha menjadikan sekolah ini sebagai sekolah yang dapat menjadi kebanggaan,” jelas wanita ramah ini.

 

Sarana Prasarana

Apabila dicermati dari sisi kualitas SDM dan program yang digulirkan, sekolah itu memiliki kualitas yang memadai. Namun, sekolah tersebut masih sangat kekurangan pasilitas ruangan belajar. Tiga lokal kelas mengalami rusak berat dan terpaksa masih dipergunakan. “Kami sudah mengajukan proposal kepada pemerintah namun belum terealisasi. Padahal, kami sangat was-was dengan keadaan seperti ini khawatirkan tiga lokal kelas tersebut ambruk ketika tengah dipergunakan KBM,” tuturnya kepada SukabumiZone.com.
Ia berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terkait kondisi sekolah yang dipimpinya itu.” Demi keberhasilan pendidikan di sekolah ini kami berupaya membumbung kerjasama dengan masyarakat yang hasilnya dapat dirasakan. Kami berencana untuk menukar tiga lokal kelas yang rusak tadi dengan lahan yang potensial dibangun untuk sekolah baru, “ tandasnya.
Ia yakin dengan kebersamaan maka tujuan pendidikan dapat tercapai sesuai dengan visi dan misi yang selalu mengiringi usahanya tersebut.Sep

 

Informasi Terkini SDN Cibolang Tentang Kenaikan Kelas dan Pelepasan Kelas Enam 2013/2014

 

 

SUKABUMIZONE.COM, SUKABUMI– Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cibolang Desa Mangkalaya Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, rayakan kenaikan kelas dan pelepasan siswa kelas enam. Pesta tahunan yang digelar meriah tersebut turut dihadiri beberapa tamu undangan diantaranya, tokoh masyarakat, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Gunungguruh, pemerintah setempat dan lain sebagainya. ” Acara ini dimulai dari Pukul 08:30 WIB dan kami bersyukur masyarakat serta orang tua wali murid menyambut dengan antusias,” kata  Kepala Sekolah Cibolang Dewi Nuryanti  kepada www.sukabumizone.com Selasa, (17/06).
Lebih lanjut ia menjelaskan, ada beberapa hiburan yang ditampilkan sebagai pembuka acara dari luar sekolah yaitu Seni Calung. “Itu hanya sebagai acara tambahan saja yang diharapkan bisa menghibur siswa dan tamu undangan,” jelasnya.
Selain itu, diisi dengan kreasi siswa seperti tari-tarian daerah dan modern. Ia berharap di masa yang akan datang SDN Cibolang semakin berprestasi sehingga mampu mengangkat nama baik sekolah.” Mudah-mudahan siswa yang masuk di tahun ini semakin banyak,” ujarnya.
Selain itu, pada priode 2013-2014 ini siswa kelas enam lulus seratus persen yakni sebayak 18 siswa.” Tentunya kami sangat bersyukur dengan prestasi yang telah diraih,” pungkasnya. Restu

Lihat Juga...