SDN Dano Kaler Terapkan Dasar-Dasar Pendidikan Berkualitas

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Dano Kaler yang beralamat di Jalan Dano Desa Bojong Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, terus berupaya terapkan dasar pendidikan penunjang prestasi. Hal tersebut dilakukan demi terciptanya sebuah pengembangan pendidikan yang optimal sesui dengan visi dan misi yang selalu menjadi tolak ukur dari sebuah keberhasilan yang diraihnya. Berikut uraian visi dan misi SDN Dano Kaler:

VISI

MENANAMKAN DASAR-DASAR PENDIDIKAN YANG BERORIENTASI PADA SIKAP AKHLAKUL KARIMAH, BERPENGETAHUAN DAN BERPRESTASI

MISI

1.MENUMBUHKEMBANGKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

2.MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN YANG AKTIF,KREATIF,EFEKTIF DAN MENYENANGKAN

3.MENGEMBANGKAN POTENSI MINAT DAN BAKAT

4.MENUMBUHKEMBANGKAN SEMANGAT BELAJAR YANG TINGGI,UNTUK MERAIH PRESTASI YANG OPTIMAL

TUJUAN

1.AGAR MENJADI INSAN YANG BERAKHLAKUL KARIMAH

2.MEMILIKI PENGETAHUAN DASAR DAN SEMANGAT UNTUK MELANJUTKAN SEKOLAH KEJENJANG BERIKUTNYA

3.MEMILIKI KETERAMPILAN DASAR UNTUK BEKAL MENGEMBANGKAN DIRI HIDUP DI MASYARAKAT

Sekolah yang dibangun diatas tanah seluas 2100 m2 , didirikan dua tahap yakni pada tahun 1971 dan 1981. Memiliki jumlah 9 rombel dan 9 lokal kelas satu diantaranya dipergunakan ruang kantor, sisanya di isi oleh 264 siswa. Namun, masih ada 3 bangunan kelasnya rusak berat bahkan hampir ambruk. Selain itu, memiliki 7 Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) termasuk kepala sekolah 5 Guru Honor jumalah tersebut sangat kurang jika dibanding banyaknya murid yang ada, kekurangannya mencapai 2 Guru. Meski demikian seluruh staf pengajar yang ada dinilai cukup handal karena dibekali ilmu yang memadai sesuai dengan Undang-Undang tentang sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Selain itu, sesuai dengan tuntutan di era globalisasi saat ini guru di sekolah itu juga diharuskan untuk memiliki pola pikir dan pola tindak terutama dalam mengimplementasikan dan mengembangkan kurikulum (KTSP) yang berlaku sekarang. Disamping itu, perubahan pola pikir dan pola tindak dalam mengelola kelas dan melaksanakan proses pembelajaran, setiap guru disekolah tersebut dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan khususnya layanan proses pembelajaran sesuai dengan standar proses dan sesuai dengan Permendiknas nomor 41 tahun 2007. Otomatis tidak diragukan lagi sekolah ini bisa menciptakan siwa yang berkualias, berprestasi serta dapat dipertanggungjawabkan. Salah satu contoh adalah dari sisi prestasinya, SDN Dano Kaler bisa mengantongi banyak penghargaan dari berbagai perlobaan baik antar sekolah, kecamatan atau tingkat daerah bahkan tingkat provinsi. Misalnya saja, sebagai juara I senam lantai tingkat Kabupaten Sukabumi, juara II senam lantai tingkat provinsi dan masih banyak lagi piagam penghargaan yang telah diperoleh sekolah tersebut.

Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari seorang pemimpin atau kepala sekolah yang selalu komitmen membangun tim kerja yang epektif serta mengembangkan budaya mutu. Didi Budiana S.Pd, SD adalah Kepala SDN Dano Kaler selalu optimis dan propesional dalam mengembangkan pendidikan, beliau mempunyai rencana dan bercita-cita menjadikan SD ini sebagai SD yang paling unggul dalam berbagai bidang di Kecamatan Cikembar khususnya, bahkan sampai tingkat Kab/Provinsi. ”Kegiatan unggulan di SD ini adalah dibidang olah raga yang pada tahun ini sudah menjadi utusan kabupaten ke tingkat provinsi dan berhasil menjadi juara II senam lantai tingkat Provinsi Jawa Barat. Dan pada tahun berikutnya kami berharap menjadi juara I tingkat Provinsi,” tandas Didi kepada WWW. SukabumiZone.Com.

Sarana prasarana

 

 

 

 

 

 

 

Apabila dicermati dari sisi kualitas SDM dan program yang digulirkan, sekolah itu memiliki kualitas yang memadai. Namun, jumlah kelas yang dimiliki belum menunjang sebab masih ada bangunan kelas yang perlu dibangun kembali karena hampir ambruk. Dalam satu kelasnya diisi oleh 50 siswa dan itu tidak sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM). “Kami sudah mengajukan proposal kepada pemeintah dan sampai saat ini baru pada tahap peripikasi. Kami yakin sesuai dengan visi dan misi sekolah ini bahwa di tahun 2012 seluruh program akan dapat digulirkan sesuai dengan target, ” tegasnya. Selain itu, ia berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai elemen untuk terus mendongkrak keberhasilan pendidikan di sekolah yang dipimpinya tersebut. “ Saya yakin dengan kebersamaan maka tujuan kami dapat tercapai sesuai dengan visi dan misi yang selalu kami pegang teguh,”imbuhnya.Sep

Photo Kegiatan

 

 

Informasi Terkini 2013: SDN Dano Kaler Meriahkan Kenaikan Kelas 2012/2013

Kenaikan kelas atau yang akrab dikenal samenan, masih menjadi tradisi di dunia pendidikan setiap akhir tahun ajaran di Kabupaten Sukabumi. Namun, seiring peraturan pemerintah tentang sekolah gratis kegiatan ini pun tidak begitu menjadi prioritas. Namun masih ada beberapa sekolah yang tetap memeriahkanya dengan berbagai pentas siswa. Misalnya saja SDN Dano Kaler Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.
Kepala Sekolah SDN Dano Kaler Didi Budiana S.Pd SD mengatakan, samenan sebagai salah satu bentuk upaya masyarakat dan pihak sekolah dalam memeriahkan kenaikan kelas seta pelulusan kelas enam.” Tingkat kelulusan siswa di sekolah ini mencapai angka seratus persen yang artinya semua murid kelas enam lulus dan Al-hamdullilah semua siswa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi,”kata Didi kepada www.sukabumizone.com Senin, (19/06).
Lanjut Didi, acara yang merupakan agenda tahunan ini turut dihadiri beberapa tamu undangan diantaranya, Kepala UPTD, pengawas, Kepala Desa, tokoh masyarakat dan orang tua murid. “Samenan ini berjalan meriah dengan menampilkan kebolehan para siswa di atas panggung misalnya saja, apreasi anak, seni tari sunda, Qhosidahan dan dangdut,” tuturnya. Ia berharap, acara yang sangat bersejarah bagi setiap warga belajar berdampak pada gairah siswa dalam belajar. Bambang

Informasi Terkini 2014: SDN Dano Kaler Meriahkan Kenaikan Kelas

 

 

 

 

SDN Danokaler Unggulkan BudayaTradisional

SUKABUMIZONE.COM, SUKABUMI– Kenaikan kelas tahun ajaran 2013/2014 di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Danokaler Desa Bojongraharja Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, berlangsung meriah dengan menampilkan berbagai macam kreasi siswa. Seperti, tarian tradisional, tarian modern, jaipong, calung, degungan, memainkan alat teradisional dan lain sebagainya Senin, ( 16/06).
Kepala SDN Danokaler Didi Budiana diwakili komite Sekolah Cece Sunarya mengatakan, acara yang digagas oleh pihak sekolah dan komite itu di mulai Pukul 08:00 WIB telah disambut antusias semua element.” Alhamdulillah hasil dari kerjasama yang harmonis acara ini telah berjalan sesuai harapan,” kata Cece kepada www.sukabumizone.com Senin, ( 16/06).
Lebih lanjut Cece menjelaskan, acara yang menjadi agenda tahunan ini, telah dibagi dengan tiga segment. Yakni, unsur informasi pendidikan, unsur lucuku dan kreasi seni siswa.” Selain kreasi siswa kami pun menampilkan hiburan dari luar yaitu Orgen Tunggal dan rencananya akan berlangsung hingga malam hari,” imbuhnya.
Selama proses kenaikan kelas berlangsung menurut Cece, tidak ada kendala yang dijumpainya. Ada pun anggaran yang digunakan untuk terselenggaranya kegiatan itu murni hasil dari kerja sama antar orang tua siswa dengan dewan guru yang terjalin baik.” Kami berharap di masa yang akan datang acara seperti ini bisa lebih baik lagi sehingga bisa memicu kreasi siswa dalam berprestasi,” pungkasnya. Restu

Lihat Juga...