SDN Babakan Benahi Sarana Prasarana

 

 

 

 

 

 

 

 

SDN Babakan yang beralamat di Jalan Babakan Kertaraharja Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, terus berupaya mewujudkan suasana sekolah yang nyaman, aman dan indah . Hal tersebut dilakukan demi terciptanya sebuah pengembangan pendidikan yang optimal sesui dengan visi dan misi yang selalu menjadi tolak ukur dari sebuah keberhasilan yang diraihnya. Sekolah yang dibangun diatas tanah seluas 1600 m2 , bediri di tahun 1984. Memiliki jumlah 6 rombel dan 6 lokal kelas satu diantaranya dipergunakan ruang kantor, dengan jumlah murid sebanyak 86 siswa. Selain itu, memiliki 7 Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) termasuk kepala sekolah 2 Guru Honor. Seluruh staf pengajar yang ada dinilai cukup handal karena dibekali ilmu yang memadai sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Selain itu, sesuai dengan tuntutan di era globalisasi saat ini guru di sekolah itu juga diharuskan untuk memiliki pola pikir dan pola tindak terutama dalam mengimplementasikan dan mengembangkan kurikulum (KTSP) yang berlaku sekarang. Disamping itu, perubahan pola pikir dan pola tindak dalam mengelola kelas dan melaksanakan proses pembelajaran, setiap guru disekolah tersebut dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan khususnya layanan proses pembelajaran sesuai dengan standar proses dan sesuai dengan Permendiknas nomor 41 tahun 2007. Otomatis tidak diragukan lagi sekolah ini siap bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya . Bahkan, dari semenjak berdiri SDN ini bias mengantongi banyak penghargaan salah satunya di tahun 2011 berhasil menjadi juara II lomba pidato tingkat kecamatan.
Sekolah itu dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah yang berkualitas dan profesional. Solihin, S. Pd, adalah kepala sekolah yang baru saja menjabat namun, dinggap telah mampu memberikan dorongan kepada seluruh tenaga pendidik di sekolah tersebut. Ia adalah pigur kepala sekolah yang selalu optimis dalam bekerja. Harapanya tidak pernah luntur untuk mengembangkan dunia pendidikan meski sarana dan prasarananya belum menunjang.
. “Kenapa tidak, selagi kita mau bekerja keras dan semangat insya Allah keberhasilan didepan mata. Orang lain bisa kenapa kita tidak, ”tandas pria ramah tersebut kepada WWW.Sukabumi Zone.Com
Menurutnya, tidak ada yang tidak mungkin apabila orang mau berusaha. Sehingga ia tetap optimis dalam menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman di sekolah yang dipimpinya. “Kami tetap optimis untuk dapat memajukan sekolah ini lebih baik ke depan. Sebab kami melihat potensi yang ada cukup memadai dan kami tidak akan henti-hentinya menggali potensi yang ada,” jelasnya

Sarana Prasaran

Apabila dicermati dari sisi kualitas SDM dan program yang digulirkan, sekolah itu memiliki kualitas yang cukup layak untuk diancungi jempol. Namun, jumlah kelas yang dimiliki belum menunjang sebab hanya memiliki 6 lokal kelas yang satu diantaranya dipergunakan kantor. Bahkan, 3 lokal rusak berat dan hampir ambruk, gentingnya bocor, kayu penyangga atapnya lapuk sehingga terpaksa ditopang oleh babu. “Apabila hujan kami terpaksa menghentikan kegiatan belajar mengajar karena dikhawatirkan ambruk. Kami sudah mengajukan proposal kepada pemeintah dan sampai saat ini mengenai perehaban itu belum adatanggapan,” terangnya.
Dengan alasan terlalu jauh dari pemukiman warga, yakni harus berjalan kaki sekitar 300 meter. Maka, ada sebuah informasi bahkan dikabarkan tahun ini sekolah tersebut akan dipindahkan ke tempat yang lebih strategis untuk pengembangan pendidikan. “Lokasinya persisi di pinggir Jalan Babakan sehingga anak tidak perlulagi berjalan kaki,”paparnya.
Sebab itu, ia yakin sekolah yang dipimpinya akan berhasil apalagi ditunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai serta letak sekolah yang strategis, ” Mudah-mudahana apa yang menjadi harapan kami beserta seluruh warga belajar di sekolah ini akan terwujud sesuai dengan impian,” harapnya.
Selain itu, ia berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai elemen seperti dengan komite sekolah untuk terus mendongkrak keberhasilan pendidikan di sekolah yang dipimpinya tersebut. “ Saya yakin dengan kebersamaan maka tujuan kami dapat tercapai sesuai dengan visi dan misi yang selalu kami pegang teguh,”imbuhnya.Sep

Informasi Terbaru: Kenaikan Kelas dan Pelepasan Kelas 6 SDN Babakan

SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI–Sekolah Dasar Negeri (SDN) Babakan di Kampung Perumnas Desa Kertaraharja Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, meriahkan kenaikan kelas dengan berbagai pentas kreasi siswa. Acara yang berlangsung Sabtu, (23/6) dihalaman SDN Babakan dihadiri beberapa tamu undangan diantaranya,Tim Komite, Tokmas, UPTD Pendidikan, dan lain sebagainya.
Kepala SDN Babakan Solihin, S.Pd mengatakan, kenaikan kelas merupakan acara yang cukup berfaedah untuk mengikat tali silaturahmi dengan masyarakat. “Selain itu, kami juga berharap dengan adanya acara seperti ini siswa lebih terdorong untuk lebih maju dan berkembang,”kata Solihin kepada www.sukabumizone.com. Sep

Informasi Terkini: Memeriahkan Kenaikan Kelas 2013

Kenaikan kelas atau yang akrab dikenal samenan, masih menjadi tradisi di dunia pendidikan setiap akhir tahun ajaran di Kabupaten Sukabumi. Namun, seiring peraturan pemerintah tentang sekolah gratis kegiatan ini pun tidak begitu menjadi prioritas. Namun masih ada beberapa sekolah yang tetap memeriahkanya dengan berbagai pentas siswa. Misalnya saja SDN Babakan Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, mengisi acara samenan dengan berbagai acara seperti pentas seni dan lain sebagainya.
Kepala Sekolah SDN Babakan Solihin mengatakan, acara samenan ini merupakan salah satu program akhir tahun atau penutupan tahun ajaran 2012/2013 dimana sekolah menunjukan hasil kinerja baik dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) maupun kreativitas seni .” Disamping itu sebagai ajang pengikat silahturahmi antar orang tua siswa,  guru, komite sekolah dan pemerintah setempat beserta jajarannya,”kata Solihin kepada wartawan Kamis, (20/6).
Dalam acara tersebut banyak kebolehan siswa yang ditampilkan antaralain, biantara, tarian, bernyanyi, kesenian daerah, modern dan lain sebagainya.” Acara kenaikan kelas dan pelepasan siswa kelas enam sebagai hajat sekolah yang sudah di runndingkan dengan orang tua siswa melalui tim komite,”paparnya. Dendi

Informasi Terkini Tahun Ajaran 2013/2014 Tentang Kenaikan Kelas dan Pelepasan Siswa Kelas Enam

SUKABUMIZONE.COM, SUKABUMI– Puluhan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Babakan di Jalan Babakan Desa Kertaraharja Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, dinyatakan lulus di tahun ajaran 2013/2014. Untuk memeriahkan kelulusannya maka, pihak sekolah telah bekerjasama dengan orang tua siswa melalui tim komite menggelar berbagai kegiatan kreasi seni siswa. Diantaranya, Rebana, Tarian Tradisional, Tarian Modern, Kompikasi dari keduanya, Pidato, Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, Nyanyian, Pembacaan Puisi Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda, Memainkan Alat Musik Pianika dan masih banyak lagi kebolehan siswa yang ditampilkan.
Acara yang bertajuk Melaui Keniakan Kelas Dan Perpisahan Siswa Kelas Enam Tingkatkan Prestasi Belajar Dan Prestasi Seni Siswa Serta Wajar Dikdas Sembilan Tahun itu, dihadiri beberapa tamu undangan dari semua elament. Diantaranya, Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Cikembar, Aparatur Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Ulama, Komite Sekolah, Orang Tua Siswa dan lainnya.
Kepala SDN Babakan Solihin S. Pd melaui salah seorang guru Iwan Setiawan S. Pd I mengatakan, untuk tahun ajaran 2013/2014 di SDN Babakan memiliki 16 siswa kelas enam meliputi 10 siswa perempuan dan enam siswa laki-laki. Sedangkan untuk siswa kelas satu hingga kelas lima sebanyak 95.” Alhamdullilah pada tahun ajaran saat ini siswa kami telah dinyatakan lulus seratus persen hingga melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi. Ya, meskipun nilainya berpariasi akan tetapi memenuhi krteria KKM,” kata Iwan kepada www.sukabumizone.com ketika dijumpai di sela-sela acara Rabu, (24/06).
Acara yang dimulai dari Pukul 08:00 WIB hingga Pukul 15:00 WIB itu bertujuan untuk mengembangkan dan menggali telenta siswa pada saat pentas di atas panggung sehingga hal ini bisa dijadikan media untuk menarik siswa pada tahun ajaran baru.” Selain itu, untuk meningkatkan tali silaturahmi dengan semua pihak,” ujarnya.
Ia juga mengimbau, kepada siswa kelas enam agar dapat memanfaatkan ilmu yang sudah diperolah selama enam tahun belajar.” Kami anjurkan seluruh siswa kelas enam dapat melanjutkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi,” pungkasnya. Met/Yan

 

 

 

 

Lihat Juga...