SDN Cibodas Dikenal Di Luar Negeri

SUKABUMI Kab,– Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cibodas di Jalan Pelabuhan Ratu KM 13 Cibodas Desa Kertaraharja Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, ternyata bukan hanya dikenal di Kabupaten Sukabumi sebagai salah satu sekolah yang mengembangkan sekolah Berbasis Manajeman (MBS) dan sekolah yang memiliki keunggulan dibidang seni. Akan tetapi sekolah tersebut ternyata kerap dikunjungi perwakilan-perwakilan dari negara asing. Misalnya saja dari Korea, Jepang, Malaysia, Singapur, thailan dan lain sebagainya.
Kepala SDN Cibodas Nana S.Pd mengaku bangga, ternyata sekolah yang sudah puluhan tahun dipimpinya itu mampu dikenal di luar negeri.
“Tentunya semua ini berkat dukungan semua pihak yang tak henti-hentinya memberikan kiprah positif untuk sekolah kami,”kata Nana saat dikonfirmasi SukabumiZOne.Com di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.
Cenderung kunjungan yang dilakukan oleh pihak asing kesekolah tersebut adalah stady banding. “Sangat banyak yang ingin mereka ketahui seperti dari sisi lingkungan hidup, seni, dan lain sebagainya,”tuturnya.
Ia mengulas sejarah hingga sekolah itu dapat dikenal di luar negeri. Menurut Nana SDN Cibodas memiliki sejarah yang cukup pahit dan pelik. Dimana pada tahun 2004 bangunan sekolah itu ambruk, seluruh anak didik dan pengajar menjadi korban karena tidak dapat menjalankan kegiatan belajar mengajar sebagai mana mestinya. ”Kami berusaha meminta bantuan kepada pemerintah namun nihil. Pada akhirnya,
kami mencari donatur dari LSM Nasional dengan nama OISCA. Mereka pun siap membantu,”paparnya.
Tidak memakan waktu lama LSM tersebut berhasil mencarikan bantuan dari pihak asing yakni dari masyarakat Jepang dengan nilai bantuan cukup besar sekitar Rp 700 juta. ”Kami cukup senang dengan bantuan yang diberikan oleh masyarakat Jepang pada waktu itu. Kami pun menerima banutan itu dan membangun sekolah ini dengan gotong royong masyarakat hingga sepeti saat ini,”ulasnya.
Untuk itu, ia sangat berterima kasih kepada pihak yang telah mendukung SDN Cibodas sehingga mampu dikenal oleh pihak asing.”Terutama kepada LSM terkait kami ucapkan banyak terimakasih. Mudah-mudahan sekolah ini terus jaya selamanya,”pungkasnya.Sep

 

Lihat Juga...