'

>Arca Kerajaan Sindang Parang Ditemukan Di Gunung Parang

>SUKABUMI KOTA–Arca Kerajaan Sindang Parang, baru-baru ini ditemukan di Gunung Parang, Kelurahan Limus Nunggal, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi, yakni sebuah gunung yang penuh dengan bebatuan, tepatnya pada hari Senin, tanggal 3 Oktober 2011. Arca tersebut ditemukan pada kedalaman 1,5 meter, setelah dilakukan penggalian di sembilan titik selama dua hari, yakni dari tanggal 2 sampai dengan tanggal 3 Oktober 2011.

Adapun yang ikut serta dalam pencarian arca tersebut, diantaranya Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, pihak Bidang Budaya dan Purbakala Provinsi Jawa Barat, Arkeolog dari Bandung, pihak Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Sukabumi, dan Tim Museum Prabu Siliwangi Kota Sukabumi.

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M. menandaskan, dengan ditemukannya arca tersebut, merupakan salah satu bukti nyata sejarah kerajaan pada masa lalu, yakni Kerajaan Sindang Parang yang pernah ada di wilayah Kota Sukabumi, tepatnya pada abad ke-14 Masehi.

Sementara Ketua STIE PASIM Sukabumi, sekaligus sebagai Ketua Museum Prabu Siliwangi Kota Sukabumi, Doktor Fajar Laksana, S.E., CQM., M.M. menjelaskan, dengan ditemukannya arca tersebut, sebagai bukti nyata eksistensi Kerajaan Sindang Parang, yang diyakini berjaya di wilayah Kota Sukabumi, pada abad ke-14 Masehi.

Dikatakannya, arca tersebut bertuliskan huruf sunda kuno, yang isinya menjelaskan, tugu sastra wangsit sangsekerta adipati kaca pengala dewa raja sindang padang parang wangun dayeuh pikeun nyangker wingaran sang dewala 1487 Masehi, yang artinya surat petunjuk sejarah Adipati Kaca Pengala Dewa Raja Sindang Parang, kampung yang mempunyai gelar dewa.

Dikatakan pula, hal tersebut menegaskan, bahwa Kerajaan Sindang Parang tersebut, berdiri pada tahun 1487 Masehi. Kerajaan tersebut berada dibawah kekuasaan Kerajaan Prabu Siliwangi. Ketua Museum Prabu Siliwangi Kota Sukabumi menjelaskan, Adipati Kaca Pengala, adalah raja Kerajaan Sindang Parang, yang merupakan satu-satunya kerajaan di wilayah Kota Sukabumi, pada abad ke-14 Masehi. Ben