SDN 2 Parakanlima Miliki Segudang Prestasi

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Parakanlima yang beralamat di Jalan Pelabuhan II Km 9 Cikadu Desa Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi , merupakan sekolah induk yang berdiri sekitar Zaman Belanda tahun 1918. Kini, sekolah tersebut telah menjadi sekolah unggulan serta merupakan sekolah yang memiliki segudang prestasi diberbagai bidang. Keberhasilan yang diraih tidak terlepas dari visi dan misi yang selalu dipegang teguh staf pengajar disekolah yang berada di luas lahan 974,56 m2itu. Antara lain:

VISI

TERCIPTANYA IKLIM BELAJAR TERTIB, AMAN DAN NYAMAN, SISWA YANG CERDAS TRAMPIL BERDASARKAN IMAN DAN TAQWA

MISI

1.MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, DAN EPEKTIF

2.MENUMBUHKAN PENGHAYATAN TERHADAP AJARAN AGAMA BERNUANSA ISLAM

3. MENCIPTAKAN SUASANA

SEKOLAH YANG TERTIB, DIDUKUNG SISWA DAN GURU DENGAN DISIPLIN YANG TINGGI

STRATEGI

1. KERJASAMA ANTARA KEPALA SEKOLAH GURU DAN WALI MURID

2.KOMITMEN TERHADAP KEPUTUSAN , PERATURAN DAN TENAGA PENGAJAR YANG CUKUP

 

Namun, sekolah dengan 311 siswa itu belum memiliki sarana dan prasaran yang sepadan dengan prestasi yang telah diraihnya. Prestasi yang diraih di tahun 2007-2008 mendapat tujuh penghargaan dari tujuh kejuaran di tingkat kecamatan, tahun 2009-2010 mendapat 22 penghargaan tingkat kecamatan, dan sampai 16 April 2011 sekolah tersebut sudah mendapatkan 11 penghargaan. Diantaranya, juara satu biantara tingkat kecamatan, juara satu solo tingkat kecamatan, juara satu dongeng tingkat kecamatan, dan lain sebagainya. Bahkan bukan hanya ditingkat kecamatan, sekolah unggulan tersebut juga memiliki siswa yang telah mampu melaju ke tingkat provinsi dalam kejuaraan lomba dongeng dengan mengantongi juara satu.

 Disayangkan seluruh prestasi yang diraih belum ditunjang oleh fasilitas yang memadai. Misalnya saja tidak memiliki lapangan upacara, olah raga, dan tempat bermain siswa. Selain itu, sekolah yang memiliki jumlah guru PNS sebanyak 10 orang dan 4 guru honorer itu menampung siswa melebihi kapasitas sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang seharusnya maksimal 28 siswa per kelas. Sementara saat ini setiap kelas di isi oleh 50 siswa dengan rombongan belajar (rombel) 6 lokal kelas.

 Meski demikian, jika dilihat dari kualitas guru pengajar atau staf pengajar disekolah tersebut sudah mencukupi standar sesuai dengan UU Nomor. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan Permendiknas Nomor.16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi dan kompetensi guru. Salah satunya guru harus memiliki jenjang pendidikan D4 atau S1. Bukan hanya itu, sesuai dengan standar guru harus memiliki kompetensi pedagogik, pribadi, sosial, dan profesional.

 Kepala SDN 2 Parakanlima Y. Sukardi adalah seorang yang berpengalaman dalam memimpin. Hal itu merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan yang telah diraih. Ia memiliki optimisme yang cukup tinggi dalam memajukan sekolah yang dapat dipercaya masyarakat. “Namun, seluruh cita-cita kami dalam memajukan sekolah ini masih serba terbatas, apalagi kami tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk penunjang prestasi yang akan diraih,”lirih Sukardi kepada SukabumiZone.com. Menurutnya, upaya telah dilakukan untuk memperoleh dana untuk membeli lahan baru untuk kebutuhan sekolah tersebut. Namun, sampai saat ini belum ada respon dari pemerintah. “Kami tidak mau muluk-muluk meminta sesuatu kepada pemerintah, kami hanya butuh lahan saja untuk menunjang pendidikan disekolah ini,”harapnya.Sep

Lihat Juga...