PROFIL DESA CIKEMBAR

Desa Cikembar Lakukan Pelayanan Prima

“Miliki Segudang Prestasi”
Desa Cikembar tepatnya di Jalan Pelabuhan II KM. 18 Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, memiliki komitmen yang kuat untuk mengakselerasi pencapaian kesejahtraan masyarakat. Hal tersebut tentunya sesuai dengan Visi dan Misi yang selalu dipegang teguh sebagai penunjang keberhasilan yang dicapai. Diantaranya.

VISI

TERWUJUDNYA PELAYANAN MASYARAKAT SESUAI DENGAN KEMAMPUAN DILANDASI AHLAK MULIA

VISI

1. MENJALANKAN TUGAS PEMERINTAHAN SESUAI AMANAH
2. JUNG-JUNG POLA HIDUP GOTONGROYAONG
3. SELALU MELAKUKAN PERBAIKAN DEMI PELAYANAN LEBIH BAIK
4. MENGGALI SUMBER DAYA YANG ADA
5. MENCIPTAKAN SDM YANG BERKUALITAS DAN PROPESIONAL.

Akselerasi tersebut sangat diperlukan, karena Pemerintah Desa Cikembar menyadari pentingnya menyiapkan diri dalam mengantisipasi berbagai dampak yang akan muncul seperti dampak globalisasi. Hal itu nampak pada maraknya perusahaan industri di Wilayaha Kecamatan Cikembar. Tentunya hal tersebut tidak mungkin dibendung karena wilayah Kecamatan Cikembar dipersiapkan sebagai wilayah industri.
Desa Cikembar yang memiliki luas wilayah 1143 Ha, dengan jumlah penduduk 3534 Kepala Keluarga (KK) 12545 jiwa, yang tersebar dalam wilayah 5 kedusunan, 15 Rw dan 57 RT. Pemerintah Desa Cikembar berupaya memaksimalkan berbagai upaya untuk meningkatkan kinerja semua sektor layanan publik sehingga berkinerja optimal serta meningkatkan kerjasama dan partisipasi nyata dari masyarakat.
Sebab itu, desa ini memiliki sebuah keberhasilan dalam pemerintahan. Bahkan, segudang prestasipun telah mampu dikantonginya. Misalnya saja, mendapat penghargaan Setia Lencana dari Provisi, sebagai desa percontohan. Desa Cikembar juga mampu menjuarai Lomba Perpustakaan Desa tingkat Kabupaten Sukabumi, lomba Desa Tingkat Kabupaten Sukabumi DT II Sukabumi dan masih banyak lagi prestasi yang telah diraihnya.
Bukan hanya itu, dari segi pembangunan desa ini hampir 100 persen menyelesaikan pembangunan diberbagai sektor. Diantaranya, jalan desa, jalan lingkungan, posyandu, dan lain sebagainya. Sedangkan PR yang masih ada adalah pembangunan irigasi Kedusunan Sukamantri yang sampai saat ini berlum terlaksana, hal tersebut karena pengajuan pemerintah desa kepada pemerintah terkait belum juga mendapat respons. Selain itu, untuk penyelenggaraan roda pemerintahan Desa serta lembaga, dan elemen-elemen yang ada di desa dalam melayani kebutuhan masyarakat sangat dibutuhkan fasilitas yang memadai, mengingat balai desa merupakan pusat pelayanan bagi masyarakat dan tempat musyawarah warga desa dalam menentukan keputusan-keputusan strategis. Melalui surat keputusan Kepala Desa Cikembar, maka pemerintah desa akan berupaya mewujudkan renovasi balai desa dengan dukungan dari potensi yang ada di desa tersebut.

Keberhasilan yang dicapai Pemerintah Desa Cikembar,tentunya tidak terlepas dari kerja keras seorang pemimpin atau Kepala Desa yang selalu mampu menjalankan sistem atau roda pemerintahan dengan sempurna. Ujum Jumadi adalah Kepala Desa Cikembar yang mampu bekerja optimal dilandasi propesionalisme tinggi. Sehingga keberhasilanpun dapat dicapainya.
Menurutnya, sebuah keberhasilan dalam pemerintahaan tergantung pada pemimpin dan sistem yang dijalankan.
“Apabila sistem tersebut tidak berjalan bagai mana roda pemerintahaan akan berjalan sebagai mana mestinya. Yang pasti kami menjalaninya sesuai dengan amanah, ikhlas dan selalu menjunjung kepercayaan dan kebersamaan dalam bertugas,” jelas pria ramah tersebut kepada SukabumiZone.com.
Ia berharap, diwaktu jabatanya yang hanya tinggal menghidung bulan ini. Desa Cikembar harus menjadi pemerintah yang mengedepankan kebutuhan masyarakat. “Karena, kami ditujunk oleh masyarkat maka totalitas pelayanan optimal kepada masyarkat sudah seharusnya dapat dinikmati masyarakat,”harapnya. Sep

Lihat Juga...