PROFIL DESA SIRNARESMI

Desa Sirnaresmi Jalankan Sistem Pemerintah

“Secara Sempurna”
Desa Sirnaresmi tepatnya di Jalan Pelabuhan II KM. 12 Panggleseran Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, mensikapi keotonomian desa yang bergitu besar dalam mengelola dan mengembangkan pemerintahnya, maka tantangan ke depan dalam pengelolaan desa adalah menciptakan kemampuan menggali dan mengolah potensi desa untuk mensejahtrakan masyarakat .
Dalam mewujudkan keinginan dan harapan tersebut, maka Visi desa ini tahun 2009-2014 adalah :

VISI

“TERWUJUDNYA KEMANDIRIAN DESA SIRNARESMI YANG BERDASARKAN IMAN DAN TAQWA SEBAGAI DESA TERDEPAN DI KECAMATAN GUNUNGGURUH”


MISI

1.PENINGKATAN SDM YANG BERKUALITAS DAN MEMILIKI KETAJAMAN SPIRITUAL DAN KESALEHAN SOSIAL
2.PENINGKATAN KESADARAN HUKUM KESADARAN POLITIK DAN PEMBINAAN KEAGAMAAN MASYARAKAT
3.MENUMBUHKAN KEKUATAN EKONOMI MASYARAKAT BERBASIS PERTANIAN,PERDAGANGAN DAN JASA
4.MEWUJUDKAN PEMERINTAH YANG PROFESIONAL UNTUK MEMBERIKAN PELAYANAN YANG PRIMA
5.MENUMBUH KEMBANGKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN
6.MENGELOLA SUMBER DAYA ALAM DENGAN BERWAWASAN LINGKUNGAN
7.MEWUJUDKAN KESADARAN MASYARAKAT DALAM KEBERSIHAN DAN KESEHATAN
8.MEWUJUDKAN KESADARAN MASYARAKAT DALAM PENUNTASAN WAJAR DIKDAS 9 TAHUN

Adapun program kerja yang digulirkan adalah:

1. Bidang Pemerintahan meliputi pembinaan aparat pemerintah desa, administrasi dan kesekretariatan, pelaksanaan koordinasi, hokum dan perundang-undangan, kelembagaan desa, bidang kamtibmas, kependudukan dan KB/KES, pertanahan dan perpajakan (PBB), sumber pendanaan desa dan lain sebagainya.

2. Bidang Ekonomi dan pembangunan meliputi pertanian, peternakan,perindustrian, pertambangan, perdagangan,pembangunan,

3. Bidang Kesejahraan Masyarakat meliputi keagamaan,pendidikan,pemuda dan olah raga,ketenaga kerjaan, pemberdayaan perempuan, kesejahteraan rakyat.

Letak Geografis Desa Sirnaresmi

Desa Sirnaresmi adalah satu desa dari 7 desa yang ada di Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi dengan batas-batas wilayah sebagai berikut: Sebelah utara berbatasan dengan Desa Cibolang, timur dengan Desa Kebonmanggu, Selatan dengan Cimandiri dan Desa Parakan Lima Kecamatan Cikembar, barat berbatasan dengan Desa Kertaraharja dan Bojong Kecamatan Cikembar. Sedangkan jarak tempuh dari desa ini ke beberapa ibukota sebagai berikut : jarak tempuh ke ibu Kota Sukabumi 12 KM, ke ibu kota kecamatan 7 KM, ke ibu kota kabupaten 50 KM, ke ibu kota Provinsi Jawa Barat 110 KM dan k e ibu kota DKI Jakarta 120 KM. Untuk menempuh beberapa kota tersebut bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat dengan kondisi jalan cukup baik dan merupakan jalan Nasional. Desa ini terletak diwilayah Jalan Nasional simpang tiga Panggleseran yang merupakan pusat perdagangan dan pasar tradisional untuk wilayah sekitarnya, JL. Surade, JL. Palabuan Ratu, dan jalan arah Kota Sukabumi (3 KM dari batas Kota). Luas wilayah desa ini, 650 Ha (6.2 KM2) dan merupakan daerah rendah dengan ketinggian mencapai 400 sampai dengan 500 DMI, terdiri dari 547,97 Ha lahan darat dan 102,03 Ha lahan sawah. Memiliki Jumlah penduduk sampai akhir Desember 2010 mencapai 8.318 jiwa, terdiri dari 4.198 laki-laki dan 4.120 perempuan dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 2535 (KK) tinggi kepadatan penduduk Desa sirnaresmi mencapai 1/781 M2 , sedangkan mata pencaharian penduduknya sebagian besar petani dan buruh tani sedangkan matapencaharian lainnya terdiri dari PNS, Polri, TNI, wiraswasta, pedagang, pengusaha, karyawan, pertukangan, jasa angkutan dan buruh lainnya.

POTENSI ALAM

Sawah seluas 122 Ha, daratan seluas 528 Ha, bahan tambang /galian 62 Ha, jalan protocol 2 Km dan jalan desa beraspal 12 Km.

Potensi sosial kemasyarakatan yang ada di desa ini adalah merupakan kegiatan yang ada dan dilaksankan warga pada umumnya dan diyakini penting dan dinilai positif seperti, kegiatan kematian, kegiatan pengumpulan beras, pengumpulan padi pengairan, kegiatan gotongroyong, arisan dan reyekan. Selain itu, masih banyak lagi sistem yang diterapkan pemerintah desa ini demi pencapaian pembangunan dan pelayanan prima kepada masyarakat.

Tentunya dari sistem yang diterapkan tersebut sangat berbuah positif bagi kemajuan pemerintah desa. Dan keberhasilannya tidak terlepas dari sosok seorang pemimpin yang mampu menjalankan sistem dengan baik dan propesional. Deden Adang Sopandi adalah kepala desa yang mampu bekerja optimal dilandasi profesionalisme tinggi. Sehingga keberhasilanpun dapat dicapainya.
Menurutnya, sebuah keberhasilan dalam pemerintahan tergantung pada pemimpin dan sistem yang dijalankan.
“Apabila sistem tersebut tidak berjalan bagaimana roda pemerintahan akan berjalan sebagai manamestinya. Yang pasti kami menjalaninya sesuai dengan amanah, ikhlas dan selalu menjunjung kepercayaan dan kebersamaan dalam bertugas,” jelas pria ramah tersebut kepada SukabumiZone.com. Sep

INFORMASI TERBARU UNTUK POTO PROFIL TERBARU SILAHKAN KUNJUNGI : http://www.facebook.com/sirnaresmi.desa

Lihat Juga...