'

Curah Hujan Tinggi Potensi Puting Beliung

SUKABUMI Kab,– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat meminta masyarakat mewaspadai terjadinya bencana angin puting beliung. Pasalnya, wilayahnya belakangan terakhir kerap diguyur hujan disertai angin.

Dari catatan terakhir, bencana angin puting beliung menerjang seribuan rumah warga di enam desa Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jumat (18/11). Keenam desa itu mencakup Desa Pangkalan, Cicareuh, Tanjung Sari, Nangka Koneng, Cikidang dan Gunung Malang.

Dari data terakhir BPBD, hingga Minggu (20/11) menyebutkan rumah rusak di Kecamatan Cikidang bertambah menjadi 1.053 unit rumah. Di samping itu, sapuan angin puting beliung juga merusak satu kantor Desa Pangkalan, 2 Masjid, 1 SD dan 4 kandang peternakan ayam.

“Validasi data rumah rusak masih terus dilakukan. Dari data yang sudah masuk, bangunan yang mengalami rusak masih dipilah apakah masuk kategori rusak berat, rusak sedang hingga rusak ringan,” ujarnya.

Menurut Perry, BPBD telah membuat di Posko Bencana di Kantor Desa Pangalan. Bantuan diantaranya dari BPBD Provinsi Jawa Barat dan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi. Bantuan yang disalurkan berupa mie instan, beras, minyak goreng, hingga susu untuk bayi.

Dari keterangan saksi mata, sapuan angin puting beliung tersebut terjadi sekitar 15 menit. Sebelum ada terjangan angin putting beliung, wilayahnya diguyur hujan disertai angin kencang. Kemudian terdengar suara gemuruh dan langsung menghantam bangunan dan pepohonan. SZ