SDN Padaraang Ciptakan Pembelajaran kreatif

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Padaraang di Kampung Padaraang Desa Sirnarasmi Kecamatan Gununggurh Kabupaten Sukabumi, terus berupaya mewujudkan perubahan kondisi sekolah menuju kualitas sekolah yang berprestasi. Hal tersebut tidak terlepas dari Visi dan Misi yang juga menjadi tolak ukur dari sebuah keberhasilan yang diraihnya:

Visi

“Terwujudnya perubahan kondisi sekolah menuju kualitas sekolah yang berprestasi dan berakhlakul karimah”

Misi

Merujuk dari visi sekolah di atas, maka misi SDN Padaraang sebagai berikut:

1. Menciptakan suasana sekolah yang nyaman dan kondusif.

2. Mengembangkan bakat, minat dan potesnsi siswa secara optimal

3. Menciptakan pebelajaran yang kreatif, inovatif, menyenangkan, dan berkualitas.

4. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan melalui penerapan disiplin dan  keteladanan

Tujuan Pendidikan 

1. Tujuan Umum Pendidikan:

Tujuan pendidikan dasar sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 adalah meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian,akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan untuk mengikuti pendidikan lebih lanjut.

2. Tujuan Khusus

Mengacu pada tujuan umum pendidikan dasar maka tujuan khusu yang ingin dicapai adalah:

a. Memiliki taman sekolah yang tertata rapi dan indah.

b. Siswa melaksanakan pengembangan diri sesuai bakat, minat dan potensi yang dimiliki.

c. Seluruh kelas menerapkan pembelajaran PAKEM.

d. Mengembangka kebiasaan sesuai aturan yang berlaku dilingkungan sekolah sekolah.

e. Disetiap kelas tersedia pohon ilmu dan sarapan ilmu.

f. Tingkat kekerasan di sekolah menurun.

g. Disetiap kelas tersedia fasilitas pembelajaran yang memadai.

h.Melaksanakan pengembangan diri siswa secara maksimal melalui kegiatan ekstrakurikuler sesuai karakteristik daerah industri.

 

SDN Padaraang dibangun diatas tanah seluas  4000 m2 , bediri  di tahun 1980. Kini memiliki jumlah siswa sebanyak 303  siswa, juga memiliki 7 lokal kelas satu diantaranya dipergunakan kantor dua lokal diantaranya rusak berat dengan konsisi yang sangat memprihatinkan.  Sementara jumlah guru yang ada hanya 6 Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) 6 Guru Honor.  Seluruh tenaga pendidik yang ada dinilai cukup handal karena telah dibekali ilmu yang memadai sebagai mana diamanatkan dalam Undang- Undang Nomor 14 tahun 2005. Bahkan, sesuai dengan tuntutan di era globalisasi saat ini guru di sekolah itu diharuskan untuk memiliki pola pikir (mindset) dan pola tindak (actionset) terutama dalam mengimplementasikan dan mengembangkan kurikulum  (KTSP) yang berlaku sekarang. Disamping itu, perubahan pola pikir dan pola tindak dalam mengelola kelas dan melaksanakan proses pembelajaran, setiap guru disekolah tersebut dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan khususnya layanan proses pembelajaran sesuai dengan standar proses dan sesuai dengan Permendiknas nomor 41 tahun 2007. Bahkan baru-baru ini guru di seluruh Indonesia menyelesaikan Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) sebagai bagian dari rangkaian sertifikasi guru. PLPG merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh guru untuk meningkatkan kompetensi baik itu kompetensi professional, kompetensi pedagogic, kompetensi sosial maupun kompetensi kepribadian. Salah satu contoh adalah dari sisi prestasinya, SDN Padaraang dari semenjak berdiri mungkin telah mengantongi ratusan penghargaan dari berbagai perlobaan baik itu tingkat Kecamatan bahkan Kabupaten. Misalnya saja, sebagai juara I lomba MTQ tingkat kecamatan, juara II futsal tingkat kecamatan, juara II pramuka putra dan masih banyak lagi penghargaan yang telah diperolehnya.  Jadi tidak diragukan lagi sekolah ini bisa mencetak anak didik yang kreatif, inovatif, dan berkualitas serta dapat dipertanggungjawabkan.

Ditambah lagi, ada seorang guru yang berhasil sebagai juara III guru berprestasi tingkat Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi. CH. Parinten, S.Pd, M.Si adalah guru yang layak memiliki gelar sebagai guru berprestasi, dimana ia selalu berkomitmen untuk selalu disiplin dan bertanggungjawab dalam memajukan dunia pendidikan di daerahnya. ”Saya harus membawa sebuah perubahan dan dapat bermanfaat untuk orang lain. Tekat itu yang selalu membuat saya ingin terus maju dalam mendidik,”ujar ibu guru yang telah mengabdikan dirinya kurang lebih 34 tahun itu.

Selain itu, keberhasilan tersebut tidak terlepas dari seorang pemimpin atau kepala sekolah yang selalu komitmen membangun tim kerja yang epektif serta mengembangkan budaya mutu. Kepala SDN Padaraang mempunyai rencana dan bercita-cita menjadikan SD ini sebagai SD yang paling unggul dalam berbagai bidang di Kecamatan Gunungguruh khususnya, bahkan sampai tingkat Kab/Provinsi. ”Masa depan bangsa tergantung dari bibit-bibit yang dicetak sedini mungkin. Sebab itu, kami optimis sekolah ini dapat bersaing dengan sekolah lain,” ujar Kepala SDN Padaraang Gandung Senen, S.Pd kepada WWW.SUKABUMIZONE.COM.

Menurutnya, keberhasilan tersebut akan dapat diraih apabila dapat bekerja sesuai dengan tupoksi yang ditentukan. ”Tugas pun akan terselesaikan dengan baik sesuai visi dan misi. Apalagi didukung peranserta masyarakat yang baik, sehingga kami yakin sekolah ini mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain, ”tuturnya.

KURANG TIGA LOKAL KELAS

 

Permen No 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana bahwa kapasitas maksimal ruang kelas adalah 28 peserta didik. Sebab SD ini sekarang tidak memiliki prasarana sebagai –berikut :

  1. Ruang kelas (28 Peserta didik/Ruang kelas)
  2. Ruang perpustakaan
  3. Laboratorium IPA
  4. Ruang pimpinan
  5. Tempat beribadah
  6. Ruang UKS
  7. Jamban
  8. Gudang
  9. Ruang sirkulasi
  10. Tempat bermain/orahraga

Apabila dicermati dari sisi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan program yang digulirkan, sekolah itu memiliki kualitas yang memadai. Namun, pada kenyataanya SD ini selain terletak di daerah terpencil juga belum memiliki indikator minimal prasaranan sebagaimana dimaksud diatas.  Jumlah kelas yang dimiliki belum menunjang sebab hanya memiliki 6 lokal yang dipergunakan kegiatan belajar mengajar. “Dua lokal diantaranya rusak berat gentingnya bocor, serta kayu penyangganya lapuh bahkan ada sebagian kayu penyangganya patah, lantainya ruasak. Tapi karena keterbatasan ruangan sehingga dari dua lokal tadi masih dipergunakan meskipun kami selalu dihantui rasa cemas. Apalagi pada saat cuaca ekstrim,”tandasnya.

Menurut informasi yang diperoleh sekolah tesebut akan mendapat bantuan untuk pembangunan. Namun, sampai saat ini tak kunjung ada realisasi. “ Kami harap pemerintah dapat secepatnya mengucurkan anggaran pembangunan tersebut. Agar kami tak alagi dirundung kecemasan dalam melaksanakan kegitan belajar mengajar,”pungkasnya.Sep

Informasi Terbaru: SDN Padaraang Meriahkan Kenaikan Kelas 27 Juni 2012

SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI–Sekolah Dasar Negeri (SDN)  Padaraang Kampung Padaraang Desa Sirnarasmi Kecamatan Gununggurh Kabupaten Sukabumi, meriahkan kenaikan kelas dengan berbagai pentas kreasi siswa. Acara yang berlangsung Sabtu, (28/6) dihalaman SDN Padaraang dihadiri beberapa tamu undangan diantaranya, Kepala Desa Parakanlima, Tokmas, UPTD Pendidikan, dan lain sebagainya.
Kepala SDN Padaraang Gandung Senen, S.Pd, mengatakan, kenaikan kelas merupakan acara yang cukup berfaedah untuk mengikat tali silaturahmi dengan masyarakat. “Selain itu, kami juga berharap dengan adanya acara seperti ini siswa lebih terdorong untuk lebih maju dan berkembang,”kata Gandung kepada www.sukabumizone.com.
Ia berharap hubungan antara pihak sekolah dan masyarakat dapat lebih baik ke depan.”Kami harap demikian kenapa, sebab tampa dukungan masyarakat dan pihak lainya maka dunia pendidikan sulit untuk berkembang,”tukasnya. Sep

Lihat Juga...