Sukabumi Diimbau Waspada Gempa


SUKABUMI Kab–Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga Sukabumi, Jawa Barat, waspada dengan gempa yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Sebab, kabupaten tersebut merupakan daerah yang rawan akan gempa.

“Sukabumi berpotensi terjadi gempa terjadi baik gempa utama maupun susulan,” kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami, Rahmat Priyono.

Beberapa hari lalu, gempa mengguncang Sukabumi sebanyak tiga kali dengan kekuatan rata-rata 3 Skala Richter. Gempa berpusat di Sukabumi dan berpotensi akan terjadi guncangan susulan.

Rahmat mengakui posisi Sukabumi berada dekat dengan sumbu gempa. Pihaknya tak dapat memprediksi kedatangan gempa meskipun dengan menggunakan alat super canggih. Namun, kekuatan gempa tak besar.

“Tetapi tetap harus diwaspadai, yang dikhawatirkan pusat gempanya terjadi di darat, karena walaupun skalanya kecil tapi sangat berpotensi membuat kerusakan,” tambahnya. Ia lalu mengimbau warga Sukabumi membangun bangunan tahan gempa dan tak panik saat bencana tersebut melanda.

Terkait gempa yang terjadi pada 10 dan 11 Januari 2012, Rahmat menyebut guncangan itu bukan rentetan dari gempa Aceh. Namun ia meminta warga tetap waspada mengingat Indonesia merupakan negarayang memiliki potensi tinggi akan gempa. Heri

Lihat Juga...