Surabi Bakar Khas Tasik & Bandrek India


SUKABUMI–Ini cerita Kuliner Sukabumi bukan? Loh, kok judulnya khas tasik? eh malah ada bandrek india pula? Jadi maksudnya adalah saya ingin berbagi info tempat asyik kuliner di Kota Sukabumi. Memang sih yang saya ulas kali ini bukan makanan khas Sukabumi, namun tak ada salahnya kan klo tempat kuliner ini ternyata menjadi favorit banyak orang yang mencari suasana asik dan nyaman buat kongkow sambil menikmati hidangan – hidangan enak.

Judul tempat yang sederhana namun membuat betah itu adalah “Surabi  Bakar Has Tasik” benar sodara – sodara, namanya “has” bukan salah tulis saya tapi sepertinya salah tulis si pemilik yang ternyata berasal dari Tasikmalaya. Sejak 3 tahun yang lalu dia menempati tempat itu, lokasi yang berada di pinggir jalan Keramat ini cukup ramai di datangi para penggemar kuliner di Sukabumi.

Warung yang buka mulai jam 06.00 dan tutup jam 18.00 di hari biasa serta sampai jam 21.00 di malam minggu ini menyediakan berbagai jenis Surabi, mulai dari Sarondeng, gula, oncom, keju dan yang tak kalah penggemar yaitu Surabi telor bebek. Minuman yang membuat lokasi ini terkenal yaitu Bandrek India, entah apa maksudnya namun minuman yang di tuang di cangkir yang terbuat dari Batok kelapa ini cukup membuat orang – orang penasaran dan rasanya juga oke.

Dengan harga yang cukup murah yakni harga surabi mulai 1000  rupiah ini membuat penggemarnya datang dari berbagai kalangan, seperti yang penulis lihat pada saat jam pulang sekolah terdapat beberapa remaja berseragam abu – abu berombongan menikmati hangatnya Surabi Bakar dan Bandrek India yang khas. Kalangan dewasa pun banyak yang sengaja kongkow dengan rekan kerja atau sengaja janjian dengan klient sambil membahas bisnisnya di warung itu.

Bertahan dengan kesederhanaan dan penggunaan kayu bakar bersih agar rasa Surabi tetep terjamin menjadi ciri khas warung ini. Menurut pemiliknya, tempat kuliner ini di mediasi oleh program pemda Kota Sukabumi dan disupport penuh disaat launchingnya, beliau tidak berniat merubah konsep sederhana ini karena tempat seperti inilah yang banyak dicari oleh penggemar fanatiknya.

Kenapa Bandrek India? oh iya, menurut Pak Asep sang pemilik, nama bandrek india diambil dari kapol yang langsung didapat dari India dengan harga 400rb/kg. Adanya kapol ini memang khas, selain bikin hangat ternyata manfaatnya lumayan banyak seperti  mengobati demam, rematik, mencegah mual dan lain sebagainya. sz

Lihat Juga...