Sepanjang 2012, Lima TKW Sukabumi Meninggal


SUKABUMI — Sepanjang 2012, sebanyak lima orang tenaga kerja wanita (TKW) asal Kabupaten Sukabumi meninggal dunia di luar negeri. Penyebab meninggalnya TKW sebagian besar disebabkan karena sakit.

Kepala Seksi Penempatan Tenaga Luar Negeri, Dinas Tenaga dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi, Ismail, mengatakan, mayoritas jenazah para TKW sudah dipulangkan ke tanah air. Proses pemulangan jenazah ke tempat tinggal para TKW langsung didampingi petugas Disnakertrans.

Para TKW yang meninggal tersebut antara lain Icoh Masitoh (32 tahun), warga Kampung Tugu RT 02 RW 03, Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisoolok yang meninggal di Arab Saudi. TKW lainnya yaitu Nuryati (36) yang meninggal di Bahrain, jasad tiba di rumahnya di Kampung Margahayu RT 37 RW 02 Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud pada awal April lalu.

Ismail mengatakan, proses pemulangan TKW melibatkan sejumlah instansi terkait seperti Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI). Selain mengantar pemulangan jenazah, Disnakertrans juga mengawal proses pembayaran hak-hak para TKW seperti gaji dan asuransi.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Aam Ammar Halim mengatakan, Pemkab Sukabumi berupaya memberikan perlindungan maksimal kepada para TKW asal Sukabumi yang bekerja di luar negeri.

sumber:republika

 

Lihat Juga...