Disdik Kota Sukabumi Rancang Penerimaan Siswa Secara Online

SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMIKOTA–Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, saat ini sedang merancang system Penerimaan Siswa Baru (PSB), dengan menggunakan system online. Karena dengan system ini, seperti dijelaskan Kepala Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, Drs. Ayep Supriatna, M.M., selain lebih praktis, juga lebih transparan. Disamping itu, juga kecurigaan warga masyarakat adanya permainan dalam PSB ini, tidak akan ada lagi.

Ditandaskannya, PSB dengan system online ini, akan dilaksanakan Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, mulai tahun pelajaran 2012-2013. Maksud dan tujuannya, untuk menciptakan mekanisme PSB yang lebih praktis dan lebih transparan, bagi segenap orang tua siswa dan calon siswa baru SMP, SMA dan SMK di Kota Sukabumi. Disamping itu, dengan system ini, selain lebih praktis dan lebih mudah, juga lebih cepat dan lebih murah.

Ditandaskan pula, dengan system ini, seluruh orang tua siswa yang akan mendaftarkan putera-puterinya ke SMP, SMA dan SMK, tidak perlu datang langsung ke sekolah, atau bertemu langsung dengan Panita PSB sekolah yang dituju masing-masing, akan tetapi cukup dengan mengisi formulir yang diakses melalui internet, untuk selanjutnya dikirimkan melalui email sekolah yang dituju masing-masing, untuk diumumkan oleh pihak sekolah masing-masing.

Sedangkan untuk menjamin transparansi, menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, seluruh orang tua siswa dan calon siswa baru SMP, SMA dan SMK, bisa membuktikan dan melihatnya di internet. Karena peringkat atau nilai setiap calon siswa baru SMP, SMA dan SMK yang mengikuti PSB, bisa diakses melalui internet. Dengan demikian, seluruh orang tua siswa dan calon siswa baru SMP, SMA dan SMK, dapat mengetahui secara jelas, lulus atau tidaknya, serta diterima atau tidaknya, termasuk peringkatnya di sekolah yang dituju masing-masing.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Sukabumi mengatakan, dengan system online ini, pendistribusian siswa baru akan lebih mudah dan merata, baik pada jenjang pendidikan SMP maupun pada jenjang pendidikan SMA dan SMK, karena disesuaikan dengan peringkat setiap calon siswa baru. Selain itu, setiap calon siswa baru yang tidak lulus atau tidak diterima di sekolah pilihan pertama, akan langsung dimasukkan ke sekolah pilihan kedua, ketiga dan seterusnya. Karena dalam PSB dengan system online ini, setiap calon siswa baru bisa memilih tiga sampai dengan empat sekolah, yakni pilihan pertama, kedua, ketiga dan seterusnya, termasuk ke sekolah swasta yang dituju. Kepala Dinas Pendidikan Kota Sukabumi mengharapkan, dengan system ini, jumlah siswa antara sekolah negeri dengan swasta, di Kota Sukabumi bisa merata.Endang

Lihat Juga...