Disparbud Jabar akan Latih Seniman Pengrajin Kriya


SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI–Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat melalui Balai Pengembangan Kemitraan, Pelatihan, Tenaga Kepariwisataan dan Kebudayaan Disparbud Jabar akan menyelenggarakan Program Pelatihan Tenaga Seni Kriya. Kegiatan yang akan diselenggarakan Rabu (9/5/12) mendatang di Hotel Anugrah Kota Sukabumi diikuti 30 peserta seniman dan seniwati dari Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi.

Diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Drs. H. Nunung Sobari MM, dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat lokal dalam bidang seni kriya, pihaknya memandang perlu untuk menyelenggarakan kegiatan pembinaan dan penyuluhan SDM kepariwisata Jawa Barat.

“Melalui Balai Kemitraan kita laksanakan pelatihan tenaga kriya ini. Mudah-mudahan dapat memberikan makna positif dalam meningkatkan kreatifitas dan inovatif bagi para pengrajin kriya di Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi,” ujar Nunung.

Dikatakan Nunung, seni kriya merupakan salah satu bentuk perwujudan dari sebuah karakter salah satu kawasan. Kriya salah satu daya tarik wisatawan, untuk dimiliki, dikoleksi, untuk peluang usaha dan menjadikan oleh-oleh. “Kriya sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari industri pariwisata dan mempunyai hubungan sebab akibat dengan daerah tujuan wisata tersebut,” ujar Nunung.

Perkembangan industri kriya Jawa Barat menurut Nunung, dewasa ini sudah sangat berkembang, seiring dengan kebutuhan masyarakat akan pariwisata, sebagai bagian dari kebudayaan. Kriya diciptakan dan dirancang sesuai dengan karakteristik satu kawasan atau daerah tertentu yang berakar pada sumber daya alam, sumber daya manusia dan adat istiadat masyakat.

Menurut Nunung industri pariwisata saat ini telah berkembang secara cepat dan dinamis. Sejalan dengan meningkatnya arus kunjungan wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara ke Jawa Barat, ini merupakan suatu peluang usaha khususnya kriya.

“Pemerinh Provinsi (Jawa Barat) melalui Disparbud Jabar menjalankan fungsinya sebagai fasilitator dan mempromosikan hasil produk masyarakat khususnya kriya,” ujar Nunung.

Sementara Kepala Balai Pengembangan Kemitraan, Pelatihan, Tenaga Kepariwisataan dan Kebudayaan Drs. H. Moch. Kahfi Msi mengatakan tujuan diselenggarakannya kegiatan pelatihan tenaga seni kriya ini untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi pada pengrajin seni kriya dan meningkatkan kualitas produk seni kriya.

“Memperluas kesempatan kerja, kesempatan berusaha dan meningkatkan pendapatan pengrajin seni kriya dan memuliakan nilai-nilai budaya dan pariwisata yang terkandung dalam seni kriya khas Jawa Barat,” ujar Kahfi.

Dikatakan Kahfi, ke-30 peserta dari Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi ini akan dilatih selama 3 hari tanggal 9 April s/d 11 Mei 2012, mendatang di Hotel Anugerah Kota Sukabumi. Narasumber yang akan mengisi pelatihan ini dari STP Bandung, STIEPAR Yapari Aktripa Bandung, DPD Asita Jawa Barat, BRI Wilayah Bandung dan Packaging House Bandung.

sumber:PRLM

Lihat Juga...