Mengenal Kesenian Bola Tangan Api di Sukabumi


SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI–Kesenian tradisional Boles atau permainan Bola Leungeun Seuneu (Bola Tangan Api) saat ini menjadi ikon kota Sukabumi dan mulai diminati bangsa-bangsa lain untuk menggali dan mempelajarinya. Beberapa warga Brunai Darussalam  yang mengetahui permainan Boles dari internet sengaja datang ke Kota Sukabumi untuk berguru  mempelajari Boles.

Besarnya minat bangsa lain untuk mempelajari kesenian dan budaya Sunda, menjadi tantangan yang harus disikapi dengan bijak oleh berbagai pihak. Banyaknya minat dari sejumlah negara untuk mempelajari Boles dan Pencak Silat, sebagai bukti bahwa kesenian dan budaya Indonesia menarik untuk dipelajari.

Tidak mustahil kesenian tradisional inipun suatu saat akan mengalami nasib seperti beberapa seni tradisional lain diadopsi dan dipatenkan kepemilikannya oleh bangsa lain seperti yang sudah-sudah.

“Hak paten untuk menangkal agar kejadian sebelumnya ada kesenian dan budaya Indonesia yang diakui bangsa lain tidak terjadi lagi. Kami sudah ajukan, tinggal pemerintah bagaimana untuk merealisasikannya. Selain itu, masyarakat Sunda harus menyintai budaya dan keseniannya sendiri,” ujar Fajar Laksana, Pimpinan Ponpes Zikir Al Fath.

sumber:viva

Lihat Juga...