SDN Pasirgabig Cetak Siswa Berbudi Luhur


Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pasirgabig di Jalan Pelabuhan 2 KM 3,5 Kampung Pasirgabig Desa Bojongkembar Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, terus berupaya mencetak siswa yang berprestasi,berbudi luhur dan berakhlak mulia. Hal tersebut tidak terlepas dari Visi dan Misi yang juga menjadi tolak ukur dari sebuah keberhasilan yang diraihnya.
VISI
DENGAN BERLANDASKAN IMAN DAN TAQWA SDN PASIRGABIG SIAP MENCETAK SISWA YANG BERPRESTASI,BERBUDI LUHUR DAN BERAKHLAK MULIA
MISI
A.    MENDIDIK SISWA MENJADI MANUSIA AGAMA CERDAS DAN TERAMPIL
B.    MENDIDIK SISWA BERPRESASI BAIK DALAM BIDANG AKADEMIS MAUPUN NON AKADEMIS
C.    MENDIDIK SISWA MENJADI SISWA YANG BERAKHLAKUL KARIMAH
TUJUAN
1.    PEMBUDAYAAN RELIGIUS ISLAMI DAN BERMASYARAKAT
2.    AGAR SISWA DAN  SISWI SDN PASIRGABIG MEMPUNYAI PRESTASI BAIK DI BIDANG AKADEMIS MAUPUN NON AKADEMIS SERTA BERBUDI PEKERTI YANG LUHUR BERAKHLAKUL KARIMAH BAIK DISEKOLAH MAUPUN DI MASYARAKAT  

 
SDN Pasirgabig dibangun diatas tanah seluas  2134 m2 , bediri  di tahun 1982. Kini memiliki jumlah siswa sebanyak 140 siswa, juga memiliki 7 lokal kelas satu diantaranya dipergunakan kantor.  Sementara jumlah guru yang ada hanya 9 Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2 Guru Honor.  Seluruh tenaga pendidik yang ada dinilai cukup handal karena telah memiliki latar belakang pendidikan S1 juga dibekali ilmu yang memadai sebagai mana diamanatkan dalam Undang- Undang Nomor 14 tahun 2005. Bahkan, sesuai dengan tuntutan di era globalisasi saat ini guru di sekolah itu diharuskan untuk memiliki pola pikir (mindset) dan pola tindak (actionset) terutama dalam mengimplementasikan dan mengembangkan kurikulum  (KTSP) yang berlaku sekarang. Disamping itu, perubahan pola pikir dan pola tindak dalam mengelola kelas dan melaksanakan proses pembelajaran, setiap guru disekolah tersebut dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan khususnya layanan proses pembelajaran sesuai dengan standar proses dan sesuai dengan Permendiknas nomor 41 tahun 2007. Bahkan baru-baru ini guru di seluruh Indonesia menyelesaikan Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) sebagai bagian dari rangkaian sertifikasi guru. PLPG merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh guru untuk meningkatkan kompetensi baik itu kompetensi professional, kompetensi pedagogic, kompetensi sosial maupun kompetensi kepribadian. Salah satu contoh adalah dari sisi prestasinya, SDN Pasirgabig dari semenjak berdiri telah mengantongi kurang lebih ratusan penghargaan dari berbagai perlobaan baik itu tingkat kecamatan bahkan kabupaten. Misalnya saja, sebagai juara I lomba tenis meja tingkat wilayah pada 2011, juara II bulutangkis tingkat kecamatan, juara II nyanyi solo dan masih banyak lagi penghargaan yang telah diperolehnya.  Jadi tidak diragukan lagi sekolah ini bisa mencetak anak didik berbakat, berminat dan berpotensi optimal serta dapat dipertanggungjawabkan.
Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari seorang pemimpin atau kepala sekolah yang selalu komitmen dan optimis membangun tim kerja yang epektif serta mengembangkan budaya mutu. Kepala SDN Pasirgabig mempunyai rencana dan bercita-cita menjadikan SD ini sebagai SD yang paling unggul dalam berbagai bidang di Kecamatan Cikembar khususnya, bahkan sampai tingkat Kab/Provinsi. ”Masa depan bangsa tergantung dari bibit-bibit yang dicetak sedini mungkin. Sebab itu, kami optimis sekolah ini dapat bersaing dengan sekolah lain. Selain itu, kami juga memiliki guru yang sangat berpotensi,” ujar Kepala SDN Pasirgabig Eneng Sumiati S.Ag, kepada www.sukabumizone.com.
Menurutnya, keberhasilan tersebut akan dapat diraih apabila dapat bekerja sesuai dengan tufoksi dilandasi kesabaran dan berusaha. ”Tugas pun akan terselesaikan dengan baik sesuai visi dan misi. Apalagi didukung peranserta masyarakat yang baik, sehingga kami yakin sekolah ini mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain, ”tutur ibu yang tampak ramah dan telah menjabat sebagai kepala sekolah selama tujuh tahun itu.

EMPAT LOKAL RUSAK BERAT

Permen No 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana bahwa kapasitas maksimal ruang kelas adalah 28 peserta didik. Sebab SD ini sekarang tidak memiliki prasarana sebagai –berikut :
1.    Ruang kelas (28 Peserta didik/Ruang kelas)
2.    Ruang perpustakaan
3.    Laboratorium IPA
4.    Ruang pimpinan
5.    Tempat beribadah
6.    Ruang UKS
7.    Jamban
8.    Gudang
9.    Ruang sirkulasi
10.    Tempat bermain/orahraga

Apabila dicermati dari sisi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan program yang digulirkan, sekolah itu memiliki kualitas yang memadai. Namun, pada kenyataanya SD ini belum memiliki indikator minimal prasaranan sebagaimana dimaksud diatas.  Jumlah kelas yang dimiliki belum menunjang sebab hanya memiliki 6 lokal yang dipergunakan kegiatan belajar mengajar. “Empat lokal diantarnya rusak berat dan dipaksakan untuk ditempati. Kami sudah mengajukannya namun baru tahun 2012 ini rencananya kami akan mendapatkan bantuan pembangunan,”tandasnya.
Ia berharap, pemerintah dapat merealisasikan bantuan tersebut. “Kami harap pemerintah dapat memberikan bantuan sesuai dengan target, bahwa sampai 2014 tidak ada lagi sekolah tak layak huni,” harapnya.
Menanggapi hal itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Cikembar Unang Kartasasmita, S.Pd, M.Si yang kebetulan tengah monitoring ke sekolah tersebut mengatakan, pihaknya telah berusaha mempasilitasi segala keluhan terkait sarana perasarana penunjang pendidikan kepada instansi terkait. “Bahkan bukan hanya dari sisi fisik bangunan sarana penunjang yang lain pun harus dilengkapi seperti alat-alat olah raga, seni dan lain sebagainya. Dan dinformasikan untuk SDN Pasirgabig pada tahun 2012 akan mendapat bantuan sebanyak tiga lokal. Mudah-mudahan bantuan tersebut secepatnya dapat terlaksana,”singkatnya. Sep

Kabar Terbaru:

Di Post 29/08/2012

Butuh sarana prasarana penunjang bidang studi olah raga

Pose bersama guru pembimbing dan siswa

Siswa Kelas 5 dan 6 tengah berolah raga dilapang yang telah bersetatus milik SDN Pasirgabig Cikembar. Pihak sekolah berharap adanya bantuan alat olah raga.

Kegiatan Belajar Mengajar Mulai Epektif Pasca Libur Panjang

Seorang Guru Kelas I SDN Pasirgabig Cikembar Tengah Memberikan Materi Pembelajaran.

Published, 19 Oktober 2012

Segarkan Jasmani, Puluhan Anak SD Pasirgabig Naik Gunung


SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI–Puluhan anak Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pasirgabig Desa Bojongkembar Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi naik gunung. Hal itu, dilakukan sebagai bentuk upaya pihak sekolah dalam merealisasikan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) yang digulirkan pemerintah.


Kepala SDN Pasirgabig Eneng Sumiati S.Ag diwakili Ika Kartika S.Pd yang juga sebagai guru pembimbing PJKR mengatakan, kegiatan itu dibimbing oleh tiga orang guru yakni Ika Kartika, Ratnasih, Yustinus dan merupakan kegiatan yang akan menjadi rutinitas sekolah tersebut sebagai kegiatan oleh raga anak. “Dalam kegiatan PJKR ke Gunung Batu kurang lebih 10 kilo meter ditempuh selama tiga jam. Banyak pengalaman berharga yang dapat diambil oleh anak-anak,”kata Ika kepada wartawan www.sukabumizone.com Jum’at (19/10).


Menurutnya, disamping menyegarkan jasmani kesehatan juga rekreasi. Anak jadi lebih mengenal alam. “Mereka pun tampak sumringah ketika kami ajak mereka naik gunung,”tuturnya.
Selain itu, setelah kegiatan PJKR diharapkan anak akan kembali bersemangat untuk belajar. “Sehingga, kami akan terus menjadikan acara ini sebagai kegiatan olah raga yang menyenangkan. Namun, rutenya pasti berbeda-beda dan tidak membahayakan,”tukasnya. Sep/ Deni

Kembali Lakukan PJKR ke II melintasi perkebunan karet di Kampung Ciseupan Kamis, (01/11).

SD Negeri Pasirgabig Kembali Lakukan PJKR

SUKABUMIZONE.COMSUKABUMI–Lagi, Sekolah Dasar Negri (SDN) Pasirgabig di Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi lakukan rutinitas olah raga pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi (PJKR), dengan rute sejauh dua kilometer melintasi perkebunan karet di Kampung Ciseupan Kamis, (01/11).
Kepala SDN Pasirgabig Eneng Sumiati,S.Ag diwakili Guru pendamping PJKR Darius mengatakan, kegiatan tersebut dimulai dari Pukul 08.00 WIB sampai Pukul 10.00 WIB. “Sedangkan siswa yang diikutsertakan adalah kelas satu dan dua. Tentunya seluruh siswa pasti dilibatkan namun bergilir,” kata Darius didampingi beberapa guru yang juga ikut mendampingi kegiatan tesebut diataranya Aminah, Eneng, Iyus Tinus dan Ika.


Menurutnya, PJKR merupakan kegiatan rutin bulanan SDN Pasirgabing. “Kegiatan ini baru terlaksana satu semester. Dan  bulan sebelumnya diikuti siswa kelas lima dan enam,”ujarnya.
Beberapa manfaat dari kegiatan tersebut diataranya menambah pengetahuan anak terhadap lingkungan dan alam sekitar. ” Rasa kebersamaan dan pola hidup yang bersih dan sehat dapat ditanamkan sejak dini. Bahkan, tak hanya itu sesudah sampai pada tempat yang di tentukan siswa diajak untuk bernyanyi bersama, olah raga senam serta belajar tentang ilmu pengetahuan alam,”paparnya. Dendi

Informasi Terkini 2013: SDN Pasirgabig Meriahkan Kenaikan Kelas 2012/2013

Kenaikan kelas atau yang akrab dikenal samenan, masih menjadi tradisi di dunia pendidikan setiap akhir tahun ajaran di Kabupaten Sukabumi. Namun, seiring peraturan pemerintah tentang sekolah gratis kegiatan ini pun tidak begitu menjadi prioritas. Namun masih ada beberapa sekolah yang tetap memeriahkanya dengan berbagai pentas siswa. Misalnya saja SDN Pasirgabig Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. mengisi acara tersebut dengan  unjuk kebolehan siswa meliputi kesenian daerah, rohani, modern, pembacaan Al-quran, dan lain sebagainya yang memeriahkan acara tersebut. Bahkan, bagi siswa berprestasi secara umum dan langsung mendapat sambutan sekaligus menerima hadiah dari sekolah.
kepala sekolah SDN Pasir Gabig Eneng Sumiati S.Ag merasa gembira atas kelulusan yang telah dicapai pada UN hingga seratus persen selain itu, telah banyak prestasi yang di raih oleh siswa.” Melalui kenaikan kelas ini kita tingkatkan kreatifitas siswa untuk mensukseskan wajar dikdas sembilan tahun tahun,” tutur Eneng.
Lanjut Eneng, dengan acara ini maka diharapkan terjalinnya interaksi positif antara sekolah , komite, orang tua siswa dan juga masyarakat. ” Untuk waktu yang akan datang diharapkan peningkatan atau kemajuan terhadap siswa dan maju mundurnya pendidikan disuatu institusi tidak hanya dilakukan oleh pihak sekolah saja , namun peran serta orang tua juga turut aktif dalam rangka mencetak generasi muda yang pintar dan berahlaqul karimah,”imbuhnya.

Informasi Terkini Tentang SDN Pasirgabig Kenaikan Kelas dan Pelepasan Kelas Enam 2013/2014

 

SUKABUMIZONE.COM, SUKABUMI– Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pasirgabig Desa Bojongkembar Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, gelar resepsi kanaikan kelas serta pelepasan siswa kelas enam tahun ajaran 2013/2014 Selasa, (17/06).
Pesta tahunan itu tampak meriah serta dihadiri tamu undangan diantaranya, tokoh masyarakat, Ketua Rt , Kepala Desa, Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Cikembar dan lain sebagainya.” Acara yang dimulai dari Pukul 08: 30 WIB ini bertujuan untuk memicu semangat siswa setelah melaksanakan ujian,” kata Kepala SDN Pasirgabig Ugan Suganda kepada www.sukabumizone.com Selasa, (17/06).
Pihaknya berbangga hati. Pasalnya, siswa yang tengah dibinanya selama ini telah berhasil lulus seratus persen.” Alhamdulliah siswa kelas enam sebanyak 30 siswa telah mengikuti ujian dengan lancar dan aman. Adapun siswa kelas satu hingga kelas lima dinyatakan lulus hingga naik kelas,” imbuhnya.
Lebih lanjut ia menjelaskan, banyak kreasi seni siswa yang ditampilkan mulai dari tari-tarian, membaca puisi. Bahkan, upacara adat khas sunda turut ditampilkan sebagai pembuka acara ini. Menurutnya, tidak ada kendala riskan yang dijumpai pihak sekolah selama proses kegiatan berlangsung. Meskipun ada sebagian guru dan komite sekolah yang tidak hadir dalam pesta tahunan karena ada kepentingan yang tidak bisa diwakili oleh orang lain.” Sebelumnya kami minta maaf kepada orang tua siswa bilamana acara ini kurang memuaskan dengan terpaksa kami harus mengisi acara ini dengan  seadanya. Karena waktu kenaikan kelas bertepatan dengan bintek kurikulum 2013 yang digelar hari ini juga,” pungkasnya. Restu

 

 

Lihat Juga...