20 Ribu Wisatawan Kunjungi Palabuhanratu


SUKABUMIZONE.COM, SUKABUMI -— Selama liburan panjang jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi cukup besar. Dari data Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Palabuhanratu menyebutkan jumlahnya mencapai sekitar 20 ribu orang pengunjung.

Kepala Infokom Balawista Palabuhanratu, Erik Setiawan, mengatakan, ribuan wisatawan tersebut berasal dari sejumlah daerah seperti Jakarta, Bogor, Sukabumi, dan Bandung. Mereka menghabiskkan liburan panjangnya di Palabuhanratu sejak 17 Mei hingga 20 Mei.

Erik mengatakan, pengunjung kebanyakan terkonsentrasi di dua lokasi yakni Pantai Karang Hawu dan Citepus.  Para wisatawan tersebut menginap di hotel yang berada di sekitar pantai. Informasi yang diperolehnya, tingkat hunian hotel rata-rata mencapai sekitar 85 persen dari kapasitas yang tersedia.

Lebih lanjut Erik mengungkapkan, selama liburan panjang kali ini tidak ada laporan pengunjung yang tenggelam. ‘’Kondisi masih aman dan terkendali,’’ cetus dia. Balawista menerjunkan sebanyak 74 orang personel untuk menjaga keselamatan pengunjung di 12 posko yang tersebar di Palabuhanratu hingga Cibangban.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Sukabumi, Dadang Hendar menerangkan, para wisatawan kebanyakan datang pada Jumat (18/5) lalu. Selain wisata pantai di selatan Sukabumi, para pengunjung juga mendatangi lokasi perbukitan yang hijau di daerah utara seperti kawasan Selabintana dan Kadudampit.

sumber:ROL

Lihat Juga...