SDN 2 Cikembar Cetak Siswa Miliki Kepedulian Sosial Tinggi

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Cikembar di Jalan Cagak Cibatu Desa Cibatu Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi yang berjarak kurang lebih 7 Km ke kantor UPTD Pendidikan Cikembar, terus berupaya menciptakan dan meningkatkan pelayanan pendidikan secara profisional dan berkualitas. Hal tersebut tidak terlepas dari Visi dan Misi yang juga menjadi tolak ukur dari sebuah keberhasilan yang diraihnya.

VISI
MEWUJUDKAN SISWA YANG TAQWA.DISIPLIN BERKUALITAS. SERTA MEMILIKI KEPEDULIAN SOSIAL YANG TINGGI

MISI
1.    BERTAQWA TERHADAP TUHAN Y.M.E
2.    MENCIPTAKAN DAN MENINGKATKAN PELAYANAN PENDIDIKAN SECARA PROFISIONAL DAN BERKUALITAS
3.    MENJADIKAN SISWA MEMPUNYAI RASA DISIPLIN YANG TINGGI
4.    MENJADIKAN KERJASAMA YANG ERAT DENGAN MITRA PENDIDIKAN YANG LAINNYA
5.    MENUNTASKAN WAJAR DIKDAS 9 TAHUN

SDN 2 Cikembar dibangun diatas tanah seluas  924  m2 , bediri  sejak jaman Belanda di tahun 1925. Kini memiliki jumlah siswa sebanyak 465 siswa, juga memiliki 9 lokal kelas yang dipergunakan untuk 12 rombongan belajar (Rombel).  Sementara jumlah guru yang ada hanya 9 Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) 4 Guru Honor ditambah dua penjaga jelas masih kekurangan 4 Guru kelas.  Seluruh tenaga pendidik yang ada dinilai cukup handal karena telah memiliki latar belakang pendidikan S1 juga dibekali ilmu yang memadai sebagai mana diamanatkan dalam Undang- Undang Nomor 14 tahun 2005. Bahkan, sesuai dengan tuntutan di era globalisasi saat ini guru di sekolah itu diharuskan untuk memiliki pola pikir (mindset) dan pola tindak (actionset) terutama dalam mengimplementasikan dan mengembangkan kurikulum  (KTSP) yang berlaku sekarang. Disamping itu, perubahan pola pikir dan pola tindak dalam mengelola kelas dan melaksanakan proses pembelajaran, setiap guru disekolah tersebut dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan khususnya layanan proses pembelajaran sesuai dengan standar proses dan sesuai dengan Permendiknas nomor 41 tahun 2007. Bahkan baru-baru ini guru di seluruh Indonesia menyelesaikan Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) sebagai bagian dari rangkaian sertifikasi guru. PLPG merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh guru untuk meningkatkan kompetensi baik itu kompetensi professional, kompetensi pedagogic, kompetensi sosial maupun kompetensi kepribadian. Salah satu contoh adalah dari sisi prestasinya, SDN 2 Cikembar dari semenjak berdiri telah mengantongi kurang lebih ratusan penghargaan dari berbagai perlobaan baik itu tingkat kecamatan bahkan kabupaten. Dari data yang tercatat prestasi sekolah tiga tahun terakhir diantaranya, sebagai juara I computer tingkat kecamatan, juara I dan II Reading English tingkat kecamatan, juara II trilomba PAI tingkat kabupaten, juara II pupuh tingkat kecamatan, juara I calistung tingkat kcematan, juara I renag tingkat kecamatan  dan masih banyak lagi penghargaan yang telah diperolehnya.  Jadi tidak diragukan lagi sekolah ini bisa mencetak anak didik yang taqwa, disiplin berkualitas, memiliki kepedulian sosial yang tinggi serta dapat dipertanggungjawabkan.
Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari seorang pemimpin atau kepala sekolah yang selalu komitmen dan optimis membangun tim kerja yang epektif serta mengembangkan budaya mutu. Kepala SDN 2 Cikembar mempunyai rencana dan bercita-cita menjadikan SD ini sebagai SD yang paling unggul dalam berbagai bidang di Kecamatan Cikembar khususnya, bahkan sampai tingkat Kab/Provinsi. ”Masa depan bangsa tergantung dari bibit-bibit yang dicetak sedini mungkin. Sebab itu, kami optimis sekolah ini dapat bersaing dengan sekolah lain. Selain itu, kami juga memiliki guru yang sangat berpotensi,” ujar Kepala SDN 2 Cikembar Ecep, S.Pd , kepada www.sukabumizone.com.
Menurutnya, keberhasilan tersebut akan dapat diraih apabila dapat bekerja sesuai dengan tufoksi dilandasi kesabaran dan berusaha. ”Tugas pun akan terselesaikan dengan baik sesuai visi dan misi. Apalagi didukung peranserta masyarakat yang baik, sehingga kami yakin sekolah ini mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain, ”tutur pria yang tampak ramah dan telah menjabat sebagai kepala sekolah selama tujuh tahun itu.

KURANG 5 LOKAL KELAS

 
Permen No 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana bahwa kapasitas maksimal ruang kelas adalah 28 peserta didik. Sebab SD ini sekarang tidak memiliki prasarana sebagai –berikut :
1.    Ruang kelas (28 Peserta didik/Ruang kelas)
2.    Ruang perpustakaan
3.    Laboratorium IPA
4.    Ruang pimpinan
5.    Tempat beribadah
6.    Ruang UKS
7.    Jamban
8.    Gudang
9.    Ruang sirkulasi
10.    Tempat bermain/orahraga

Apabila dicermati dari sisi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan program yang digulirkan, sekolah itu memiliki kualitas yang memadai. Namun, pada kenyataanya SD ini belum memiliki indikator minimal prasaranan sebagaimana dimaksud. Untuk itu diharapkan pemerintah agar memperhatikan hal-hal tersebut, demi terciptanya suatu kegiatan pembelajaran yang kondusif, sehingga apa yang diharapkan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dapat terwujud dengan sebaik-baiknya. Sedangkan, keunggulan SDN 2 Cikembar itu bisa dilihat dari keberhasilannya dalam mengikuti kegiatan lomba/kreativitas siswa mulai dari tingkat kecamatan dan kabupaten.

 
Jumlah kelas yang dimiliki belum menunjang sebab hanya memiliki 9 lokal yang dipergunakan kegiatan belajar mengajar oleh 12 rombel. “Dua lokal diantarnya rusak dan tigal lokal telah direhab dari anggaran percepatan APBN 2012 sebesar Rp 229 juta . Untuk memenuhi standar diatas Kami masih kekurangan kelas sebanyak 5 lokal untuk saat ini,”tandasnya.
Ia berharap, pemerintah dapat membantu kekuarangan lokal tersebut. “Kalau pun ada bantuan kami juga berharap pemerintah dapat membantu untuk perluasan tanah sekolah,” harapnya.
Menanggapi hal itu, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Unang mengatakan, pihaknya telah berusaha mempasilitasi segala keluhan terkait sarana perasarana penunjang pendidikan kepada instansi terkait. “Bahkan bukan hanya dari sisi fisik bangunan sarana penunjang yang lain pun harus dilengkapi seperti alat-alat olah raga, seni dan lain sebagainya. Mudah-mudahan seluruh harapan pihak sekolah dapat tercapai sesuai dengan harapan,”singkatnya. Sep

Informasi Terbaru: Kenaikan Kelas dan Pelepasan Kelas 6 SDN 2 Cikembar


SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI–Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Cikembar di Jalan Cagak Cibatu Desa Cibatu Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, meriahkan kenaikan kelas dengan berbagai pentas kreasi siswa. Acara yang berlangsung Sabtu, (23/6) dihadiri beberapa tamu undangan diantaranya, Kepala Desa Cibatu, Tim Komite, Tokmas, UPTD Pendidikan, dan lain sebagainya.
Kepala SDN 2 Cikembar Ecep, S.Pd , S.Pd mengatakan, kenaikan kelas merupakan acara yang cukup bermanfaat untuk mengikat tali silaturahmi pihak sekolah dengan masyarakat. “Selain itu, kami juga berharap dengan adanya acara seperti ini siswa lebih terdorong untuk lebih maju dan berkembang,”kata Ecep kepada www.sukabumizone.com.
Ketua Komite SDN 2 Cikembar Asep Suardi  dalam sambutanya menjelaskan, dukungan dan peranserta masyarakat sangat penting dalam kelangsungkan dunia pendidikan khususnya di SDN 2 Cikembar.”Sebab itu, kami mengajak semua pihak dapat mendukung dunia pendidikan di sekolah ini,”jelasnya.
Senada dikatakan Kepala Desa Cibatu Damu. Menurutnya, Pemerintah setempat akan selalu mendukung dunia pendidikan dalam berbagai hal dan mengajak masyarakat untuk terus berpartisipasi. “Kami dari pemerintah setempat akan selalu mendukung dunia pendidikan agar terus maju dan berkembang dari masa kemasa,”pungkasnya. Sep

Informasi Terkini 2013: SDN 2 Cikembar Meriahkan Kenaikan Kelas 2012/2013

 

Kenaikan kelas atau yang akrab dikenal samenan, masih menjadi tradisi di dunia pendidikan setiap akhir tahun ajaran di Kabupaten Sukabumi. Namun, seiring peraturan pemerintah tentang sekolah gratis kegiatan ini pun tidak begitu menjadi prioritas. Namun masih ada beberapa sekolah yang tetap memeriahkanya dengan berbagai pentas siswa. Misalnya saja SDN Cikembar Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Kepala Sekolah SDN II Cikembar  Ecep mengatakan, acara ini berlangsung sukses dan meriah berkat kerjasama dari semua pihak yang terlibat dalam momen tahunan ini. ” Selaku kepala sekolah sekaligus atas nama dewan guru berpesan, kepada putra-putri kami yang baru saja naik kelas agar lebih meningkatkan lagi semangat belajar. Juga bagi mereka yang sebentar lagi pamit ke tingkat lanjutan hendaknya tetap semangat dalam meraih prestasi, dan tetap menjaga nama baik sekolah,”kata Ecep kepada www.sukabumizone.com Rabu, (19/06).
Samenan pun dimeriahkan dengan berbagai kreasi siswa , seperti beberapa kesenian khas Jawa Barat yang dimainkan oleh siswa dan ada juga kesenian modern atau kombinasi keduanya yakni kabaret, drama sunda, tari-tarian, calung, pembacaan do’a-do’a, lagu-lagu, perpisahan, sholawatan.  Bahkan, acara tersebut dimeriahkan juga oleh kesenian wayang golek. ” Dalam hal ini kita tingkatkan mutu kreatifitas budaya untuk menciptakan bangsa ke arah yang lebih baik, sebab budaya  adalah warisan para leluhur. Jadi, siapa lagi yang akan menggali, mempertahankan sekaligus meningkatkan nilai-nilai harga diri sebuah bangsa kalau bukan kita sendiri,”paparnya.

Informasi terkini tentang kenaikan kelas di SDN II Cikembar Tahun Ajaran 2013/2014


SUKABUMIZONE.COM, SUKABUMI–Upacara adat Sunda iringi kenaikan kelas dan pelepasan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) II Cikembar di Jalan Cagak Cibatu Desa Cibatu Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat Rabu, (25/6).
Dalam memeriahkan kenaikan kelas atau yang dikenal dengan samenan berbagai kreasi siswa ditampilkan diantaranya, pembacaan wahyu illahi, tarian modern, tarian tradisional ditambah Hiburan, Lagu dan Bodor (Hiblador) yang diundang dari luar sekolah pada malam harinya.
Selain itu,  acara pun dihadiri beberapa tamu undangan yakni, Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Cikembar, Kepala Desa Cibatu, tokoh masyarakat, Muspika, Komite Sekolah dan lain sebagainya.
Kepala SDN II Cikembar Ecep S.Pd yang diwakili salah seorang guru Sugiarti S.Pd mengatakan, kegiatan dimulai Pukul 07:30 WIB serta dibuka dengan penampilan barisan Drum Band. Sambutan antusias dari orang tua siswa dan masyarakat mengiringi kegiatan tersebut.” Selain memeriahkan kenaikan kelas, acara ini juga bertujuan untuk menampilkan hasil belajar siswa selama mereka menimba ilmu,” kata Sugiarti kepada www.sukabumizone.com Rabu, (25/06).
Bukan hanya itu, dengan kenaikan kelas diharapkan prestasi akademik maupun non akademik meningkat dari tahun ke tahun demi menuju pendidikan optimal. “Kami bersyukur berkat dukungan serta partisipasi orang tua siswa acara ini bisa terwujud sesuah harapan,”tuturnya.
Menurutnya, samenan sebagai agenda tahunan sekolah bisa menjadi motivasi sehingga siswa menjadi kreatif.” Tentunya hal ini akan berdampak pada prestasi mereka di masa yang akan datang,” ujarnya.
Mengakhiri pemrbincangan ia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung berlangsungnya acara tersebut. “Sekali lagi saya mewakili jajaran pendidik di sekolah ini mengucapkan terimakasih,” tandasnya. Restu

Lihat Juga...