Mencari Bibit Penunggang Ombak di Cimaja


SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI- Pantai Cimaja, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat sudah lama dikenal bagi para peselancar baik lokal maupaun manca negara. Ombaknya yang indah dan menantang menjadi perburuan bagi para peselancar berkualifikasi pemula hingga professional.

Untuk semakin mengembangkan kawasan ini dan mencari bibit peselancar muda di West Java Surfing Champions 2012 yang akan digelar pada 14-18 Juni 2012. Kejuaraan ini akan melombakan tiga kelas, antara lain; Man Open, Woman Open, dan Long Board.

Untuk pertamakalinya, akan dilombakan juga Wind Surfing Exhibition. Even exhibisi ini berbarengan dengan event surfing yang akan diikuti sekitar 40 peserta, di bawah binaan PORLASI.

“Even ini akan dilaksanakan di Pantai Gado Bangkong Karangsari Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Nunung Sobari.

Rencananya even ini akan diikuti empat negara yakni, Filipina, Vietnam, Jepang dan Malaysia. Sedangkan peserta dari dalam negeri, Bali, Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

“Seperti penyelenggaraan Surfing tahun lalu, Peserta bukan hanya hanya dari dalam negeri saja, tapi juga dari luar negeri. Tahun ini dikuti 100 peserta,” ujar Nunung Sobari.

Even ini juga merupakan bagian dari pengembangan daya tarik wisata dan sekaligus promosi pariwisata Jawa Barat. “Harapan kami kawasan wisata pantai Pelabuhan Ratu akan lebih dikenal lebih luas lagi oleh masyarakat baik dalam dan luar negeri sehingga akan berdampak pada arus kunjungan wisatawan yang meningkat, peningkatan ekonomi dan pendapatan daerah,” tambahnya.

Kawasan palabuhan ratu  tidak hanya menarik bagi para penunggang ombak. Kawasan ini juga terkenal sebagai tempat lahirnya bibit surfer baik nasional maupaun Internasional. Sebut saja Dede Suryana, salah satu atlit surfing bertaraf internasional. Ia lahir dan tumbuh di kawasan pantai Pelabuhan Ratu ini.

Jawa Barat mempunyai dua wilayah yang dikenal sebagai surga para peselancar, Pangandaran dan Palabuhan ratu. Pemerintah ingin mengangkat kedua wilayah ini agar dikenal sebagai surga para surfer internasional di Indonesia. Kedua pantai ini diharapkan bisa setara dengan Bali, Lombok, dan Nias yang telah dikenal peselancar mancanegara.

sumber:VIVANews

Lihat Juga...