SDN 3 Mangkalaya Lestarikan Budaya Daerah


“Gelar Pertunjukan Kreasi Anak dan Calung”
SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI–Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Mangkalaya di Jalan Veteran KM. 4 Desa Cibolang Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, turut serta melestarikan budaya daerah yang diterapkan kepada seluruh anak didik sedini mungkin. Bahkan, pada perayaan kenaikan kelas 21 Juni 2012 seluruh kreasi anak ditampilkan. Bukan hanya itu, pihak sekolah bekerjasama masyarakat melalui tim komite menggelar seni calung yang mana seni ini hampir terkikis jaman.
“Perayaan kenaikan kelas haruslah menampilkan kegiatan-kegiatan yang berdampak positif kepada anak,”kata kepala SDN 3 Mangkalaya
Esep Hermansyah S. Pd kepada wartawan www.sukabumizone.com.
Menurutnya, acara yang ditampilkan pun harus mendidik anak. “jelas itu kami perhatikan, dan mudah-mudahan anak dapat lebih menghargai budayanya dari pada budaya asing,”tuturnya.
Ia mengulas bahaw kegiatan perayaan yang lebih akrab disebut samenan, merupakan ajang yang tidak dapat dianggap sepele. “Sebab dampaknya luar biasa, selain mengikat talisilaturahmi antar pihak sekolah masyarakat dan pihak lainnya, juga dapat merangsang minat belajar siswa,”ujarnya.
Sebab itu, ia berharap dukungan dan peran serta masyarakat dapat terjalin dengan baik. Sehingga, kepercayaan masyarkat terhadap dunia pendidikan meningkat. “Dan program yang digulirkan pun akan berjalan sebagai mana target yang telah ditentukan,”tandasnya.
Ia pun mempunyai wacana, sekolah yang dipimpinnya akan lebih meningkatkan pembinaan siswa dalam persiapan menghadapi lomba-lomba yang akan digelar baik antar sekolah ditingkat kecamatan, kabupaten bahkan ke tingkat Provinsi Jawabarat. “Itu yang akan menjadi prioritas kami saat ini. Kami harap dukungan juga terus mengalir dari pemerintah,”tukasnya. Sep

Lihat Juga...