Seni Beladiri Pencak Silat Perlu Dilestarikan


“Diajarkan Pada Anak Usia SD”
SUKABUMIZONE.COM, SUKABUMIKab–Seni budaya daerah yang cenderung mulai terkikis masuknya budaya asing terus menyita perhatian dari berbagai kalangan. Salah satunya, dari kalangan pendidikan di Kabupaten Sukabumi. Untuk tetap melestarikan budaya daerah tersebut maka pemerintah mulai menerapkannya pada anak sejak usia Sekolah Dasar (SD). Seni bela diri pencak silat misalnya, pada acara kenaikan kelas di SDN 2 Bojong Minggu, (24/6) digelar secara sepesial.
Kepala SDN 2 Bojong Jejen, S.Pd mengatakan, siapa lagi yang bertanggunjawab untuk melestarikan harta kekayaan yang tidak terhitung nilainya. “Tentu kalau bukan kita semua. Sebab itu, kami terus menerapkan seni budaya sedini mungkin. Diantaranya, seni beladiri pencaksilat yang sudah kami jadikan Mulok di sekolah ini,” kata Jejen, S.Pd saat dikonfirmasi www.sukabumizone.com.
Lanjutnya, Seni sunda yang sangat beragam tentu akan lebih bermanfaat jika dapat melestarikannya.”Keuntungan berlipat pun dapat diambil. Jangan sampai kebakaran jenggot ketika negara lain mencantol seni budaya kita. Yang jadi pertanyaan apakah kita sudah melestarikannya,” tuturnya.
Sebab itu, ia mengajak untuk sama-sama melestarikan warisan leluhur yang sangat mahal tersebut. “Kami berharap semua pihak dapat mendukung terutama dukungan dari pemerintah,”pungkasnya. Sep

Lihat Juga...