Warga Terpaksa Gunakan Air Kubangan

SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI–Dampak kekeringan di Sukabumi, Jawa Barat terus meluas. Bahkan, warga di Kampung Gedogan, Desa Panumbangan, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi kini terpaksa menggunakan air kubangan untuk kebutuhan sehari-sehari. Kondisi ini sudah berlangsung sejak dua pekan terakhir.

Dari pengakuan warga, kondisi kekeringan di wilayahnya sudah menjadi musiman. Ketika memasuki musim kemarau, mereka terpaksa mengambil air kubangan untuk kebutuhan rumah tangga seperti memasak dan mandi. Untuk mengambil air kubangan, mereka terpaksa harus menempuh jarak sekitar 500 meter.

“Sudah dua pekan terakhir kami mengambil air kubangan untuk kebutuhan rumah tangga. Soalnya, sumur di kita sudah mulai mengering,” keluh Uti, salah seorang warga sekitar.

Usep, warga lainnya mengaku pemerintahan setempat segera tanggap dengan kondisi kekeringan yang melanda wilayahnya. Minimal, pemerintah memberikan layanan air bersih kepada warganya. Soalnya, kondisi ini akan terus berlangsung selama musim kemarau.

“Kita berharap pemerintah segera turun tangan membantu kesulitan air bersih. Kondisi ini kemungkinan akan berlangsung lama. Kami sekali minta pemerintah menyediakan layanan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga,” ucapnya.

Sementara itu, berdasarkan pemetaan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan ada 10 kecamatan di wilayahnya yang rawan kekeringan. Hampir seluruh kesepuluh kecamatan tersebut berada di selatan Kabupaten Sukabumi, seperti Jampangtengah, Sagaranten, dan daerah lainnya.

sumber:Pos Kota

Lihat Juga...