Ratusan Siswa SD 2 Cikembar Harus Rela Berdesakan


“Kekurangan Ruang Kelas Baru”
SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI–Kondisi bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Cikembar di Jalan Cagak Cibatu Desa Cibatu Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi kini sudah membaik. Sebab, pada 2012 sekolah itu mendapat bantuan dari APBN percepatan untuk merehab 3 lokal kelas. Namun, bantuan yang diberikan belum bigitu membantu untuk mengejar kriteria nyaman dalam belajar siswa di sekolah tersebut. Tampak siswa dan siswi harus rela untuk berdesak-desakan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas. Sekolah itu memiliki 495 siswa dan 9 lokal kelas yang dipergunakan untuk 12 rombongan belajar (Rombel). “Sehingga dalam satu kelas di isi oleh 40 siswa sedangkan kalau kita melihat Permen No 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana bahwa kapasitas maksimal ruang kelas adalah 28 peserta didik,  jelas itu masih jauh.” kata Kepala SDN 2 Cikembar Ecep, S.Pd , kepada www.sukabumizone.com.
Tidak mau hanya menunggu bantuan pemerintah, pihak sekolah berserta tim komite berupaya mengumpulkan infak dari orang tua siswa dan masyarakat untuk membeli lahan seluas 500 meter tepat dibelakang sekolah saat ini. “Alhamdulillah tanah itu sudah kami beli dari hasil infak masyarakat kurang lebih sebesar Rp 11 juta. Meski masih kebingungan untuk biaya pemerataan yang kami perkirakan sebesar Rp 5 juta, tapi kami sedikit lega,” tuturnya.
Ketika ditanya peran serta pemerintah menurutnya pihak sekolah belum mengajukan untuk Ruang Kelas Baru (RKB). “Kami mendahulukan mengajukan lima lokal kelas yang saat ini rusak ringan. Mudah-mudahan ada informasi lebih lanjut dari pemerintah agar kami dapat mengajukan permohonan RKB,”jawabnya.Sep

Lihat Juga...