Disinyalir Marak Calo, PLN Terapkan Sistem ILP

SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI–PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Cikembar Sukabumi Jawa Barat, kembali menggulirkan Integritas Layanan Pelanggan (ILP) dalam menanggulangi dugaan maraknya calo PLN di masyarakat.
Manajer PT PLN Rayon Cikembar Imam Supangan melalui Asisten Pelayanan Pelanggan Eppy menjelaskan, sistem ILP yang digulirkan tentunya sangat berpengaruh terhadap pencitraan PLN di masyarakat. Dengan sistem tersebut PLN melakukan pengawasan langsung kepada pelanggan dengan call bak dan cak bak.  “Jadi setelah pelanggan mendapatkan pelayanan dari petugas PLN. Kami akan mencek ulang dengan bertanya secara langsung kepada pelanggan, apakah petugas menerima uang tip atau tidak ,”jelas Eppy kepada wartawan www.sukabumizone.com Selasa, (4/9).
Selain itu, harga pemasangan listrik melambung atau tidak. “Kalau kami menemukan pelanggaran yang dilakukan petugas PLN atau pendor. Maka, sangsi akan diberikan sesuai dengan peraturan yang berlaku baik di PLN maupun di pendor,”tandasnya.
Dari data yang tercatat, penemuan peraktik percaloan menurutnya menurun jika dibanding tahun sebelumnya. “Hal itu seiring dengan upaya-upaya yang terus dilakukan PLN. Namun, tidak kami pungkiri percaloan sulit diberantas. Sebab, wawasan para calon pelanggan sendiri masih minim tentang layangan PLN. Apalagi, calon pelanggan yang berada di pelosok-pelosok yang kerap menjadi sasaran empuk para calo,”ujarnya.
Ditanya mengenai program pemasaran edukasi? Ia menjawab, program tersebut cukup bagus. Namun, tetap PLN harus melakukan pemantauan ulang. “Pengetahuan pelanggan tentang pemasangan listrik dengan mengunakan layanan Coll Centre 123 masih sulit untuk dipahami oleh warga pelosok. Apalagi, mereka benar-benar awam tentang kemajuan teknologi. Ya, akhirnya calo lagi yang memanfaatkan hal itu,”katanya.
Lanjutanya, kemungkinan besar hal tersebut dapat diminimalisir jika PLN bekerjasama dengan tim PPOB melakukan transaksi dengan menggunakan EDE ketika melakukan saredukasi secara langsung. “Mungkin itu bisa mengurangi tindakan percaloan,”paparnya.
Sebab itu, ia berharap para calon pelanggan tidak menggunakan jasa orang lain untuk mendapatkan pelayanan PLN. “Langsung hubungi Call Centre 123 atau datang ke kantor PLN terdekat. Dan jangan sekali-kali memberikan uang tip kepada petugas,”pungkasnya. Sep

Lihat Juga...