Kirab Seni Budaya Kembali Digelar Disparbud Jabar

SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI- Setelah menggelar di Kota Sukabumi dan Karawang pada Maret dan Juni lalu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar kembali akan menggelar Kirab Seni Budaya.

Kali ini gelaran seni budaya se-wilayah Priangan I itu akan digelar di Kota Banjar. Kirab seni budaya sebelumnya, yakni di Kota Sukabumi merupakan gelaran seni budaya se-wilayah Priangan II, dan gelaran di Karawang untuk seni budaya se-wilayah Melayu Betawi.

Kirab Seni Budaya yang ketiga kali di tahun 2012 ini akan diikuti 21 kesenian dengan melibatkan 945 seniman dan budayawan. Kota dan kabupaten yang terlibat adalah Kabupaten Ciamis, Garut, Tasikmalaya, Bandung, Sumedang, Kota Tasikmalaya, dan Banjar. Sedangkan kesenian yang akan ditampilkannya, antara lain Ciamis menampilkan Nyacarkeun Jalan, Ngarecah, Kentongan; Garut menampilkan Surak Ibra, Raja Dogar, Badarek Temporar; Kota Tasikmalaya menampilkan Bedug Arumba, Angklung Badud, Badakawang; Kabupaten Tasikmalaya membawakan Angklung Buncis, Angklung Landung, Angklung Sered; Kabupaten Bandung menampilkan Badawang, Reak, Sadapuran; Kabupaten Sumedang menyuguhkan Kuda Renggong, Reak, Angklung Buncis; dna (Kota Banjar sebagai tuan rumah akan menampilkan Reog Dongkol, Terbang, dan Kompas.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Drs Nunung Sobari MM, acara tersebut menjadi program rutin tahunan dengan tujuan untuk menggali dan mengembangkan seni tradisional yang ada di daerah. Terutama untuk lebih memaksimalkan fungsi seni tradisi dan peran seniman dalam konteks ekonomi kreatif.

“Untuk itu perlu adanya upaya yang dapat menstimulus kalangan seniman agar mereka dapat berkarya lebih baik lagi sehingga mampu bersaing di dunia global,” jelas Nunung.

SBR:Tribun

Lihat Juga...