Sentra Furnitur Terbesar di Asia Tenggara Akan Dibangun di Sukabumi


SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI–Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dalam waktu dekat akan membangun sentra furnitur terbesar di wilayah Asia Tenggara, dengan luas lahan mencapai 200 hektar di Kecamatan Gunung Guruh Kabupaten Sukabumi.

“Semuanya sudah ditempuh bahkan perizinannya pun sudah hampir selesai, sehingga dalam waktu dekat ini pusat industri khusus untuk ‘cluster furniture’ terbesar se-Asean akan segera dibangun,” kata Sukmawijaya, Bupati Sukabumi.

Menurut Sukmawijaya, sentra furnitur ini dibangun karena Kabupaten Sukabumi memiliki potensi besar dalam memasok kayu-kayu keras untuk bahan baku pembuatan furnitur.

Selain itu adanya pemusatan kawasan seperti ini tujuannya untuk meningkatkan dan membantu perajin usaha kecil menengah yang bergerak di bidang furnitur untuk mengembangkan usahanya.

Sehingga, dengan adanya kawasan tersebut akan memberikan kemudahan baik para petani kayu keras dengan pengusaha furnitur atau dengan kata lain petani dengan mudah memasok kayu keras yang sudah dipanennya dan pengusaha dengan mudah mendapatkan bahan baku.

“Kami sudah membuat nota kesepahaman dengan beberapa perusahaan asing untuk menanamkan investasinya di sentra ini,” tambahnya.

Selain itu, tujuan lainnya dibangun sentra furnitur ini untuk menekan angka pengangguran khususnya pengangguran laki-laki, karena diakuinya, saat ini kebanyakan industri yang berdiri di Kabupaten Sukabumi mayoritas menyerap tenaga kerja wanita saja.

“Maka dari itu, dengan adanya sentra furnitur ini selain bisa membantu para pengusaha hulu seperti petani kayu keras sampai hilir atau pembuat furnitur dan juga dapat menyerap tenaga kerja laki-laki, karena industri di bidang furniture dipastikan membutuhkan tenaga laki-laki,” kata Sukmawijaya.

Rencananya juga, katanya, furnitur tersebut akan dibuat dengan kualitas ekspor, serta untuk membantu pemasarannya pihaknya saat ini tengah melakukan pembahasan.

SBR;ANT

Lihat Juga...