Gempa Cianjur Membuat Panik Warga Sukabumi


SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI–Guncangan gempa berkekuatan 5,8 skala richter (SR) membuat panik sebagian warga Sukabumi, Jawa Barat. Pasalnya, getaran gempa yang  berpusat di  Tenggara Cianjur tersebut terasa ke Sukabumi.

Dari pendataan hingga berita ini diturunkan belum ada laporan kerusakan akibat gempa Cianjur.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo,  pusat gempa di Cianjur masih jauh dari Sukabumi. Namun, diakuinya ada sebagian warga yang merasakan gempa tersebut.

Kendati demikian, BPBD  memastikan belum ada laporan kerusakan setelah melakukan pemantauan ke daerah perbatasan Cianju.

Penjelasan serupa disampaikan  Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Penanggulangan Bencana (Dinsostek PB) Kota Sukabumi, Hendra Resmanda. Menurutnya, getaran gempa memang  dirasakan sebagian warga tapi tidak  menimbulkan kerusakan.

Berdasarkan rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut berpusat di 7,25 Lintang Selatan, 35 Bujur Timur, 24 km tenggara Cianjur dengan kedalaman episentrum 163 km.

“Memang ada gempa hanya beberapa detik tapi kecil. Kami khawatir ada gempa susulan yang kekuatannya lebih besar. Kami juga panik begitu terasa gempa langsung ke luar rumah,” aku Zaelani yang mengaku merasakan gempa pada pukul 21.00 WIB Kamis, (1/11).

SBR:PK

Lihat Juga...