Besi Penyangga Raib, Tiga Tower Milik PT PLN APJ Sukabumi Ambruk


SUKABUMIZONE.COM, SUKABUMI–Diduga akibat besi penyangga tower kerap dicuri, tiga tower bertegangan listrik 20.000 KV setinggi 15 meter milik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Pelayanan Jaringan Sukabumi Jawa Barat di Kampung Anggayuda Pamuruyan Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi ambruk. Akibatnya, listrik padam hingga berjam-jam. Namun, PT PLN secepatnya melakukan antisipasi dengan memasok kebutuhan listrik dari penyulang  lain.  Saat ini, pihak PT PLN terus  melakukan perbaikan agar pasokan listrik dapat terdistribusikan kembali secara maksimal.
Manajer PT PLN Rayon Cibadak  Ujang Curyana ST melalui Supervisor (SPV) Teknis Wawan Sukwandi menjelaskan, ambruknya ke tiga tower tersebut ketika hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada Kamis, (4/04) lalu. “Diduga kuat, tower yang menopang Penyulang Kebon Randu dan mendistribusikan pasokan listrik dari Gardu Induk (GI) Cibadak Baru ke Rayon Cikembar serta sebagian kecil ke Rayon Cibadak ambruk akibat besi penyangga tower dicuri,”kata Wawan saat dikonfirmasi www.sukabumizone.com Kamis, (11/04).
Dari hasil Survei Menurut Wawan, terhitung dari GI Cibadak Baru tower yang ambruk adalah tower urutan tiga, empat dan lima. Namun, permasalahan muncul dari tower ke satu karena jaringannya tersambar petir hingga putus. “Ke tiga tiang yang disebutkan tadi tidak kuat menahan beban jaringan yang putus hingga akhirnya ambruk. Apalagi, besi penyangga tower ternyata terlah dicuri,”tuturnya.
Ditanya mengenai target perbaikan? Ia menjawab, hingga kini pihaknya masih terus berupaya melakukan perbaikan. “Tapi, kami belum dapat memastikan kapan perbaikan tower itu selesai. Mudah-mudahan secepatnya. Kami atas nama manajemen PT PLN Rayon Cibadak meminta maaf atas ketidaknyamanan pelanggan dalam menikmati listrik akibat ada gangguan ini,” jawab pria ramah itu.
Lanjutnya, sgar kejadian yang dapat merugikan kepentingan umum itu tidak terulang, ia mengimbau kepada seluruh elemen untuk dapat membantu kinerja PT PLN dalam meminimalisir terjadinya gangguan listrik. “Tentu dari berbagai faktor seperti pencurian aset PLN, kerusakan komponen, pohon tumbang, dan lain sebagainya. Apabila ada yang mengganggu aset PLN kami harap masyarakat segera melapor ke kantor PLN terdekat atau melalui call centre 123,”harapnya. Sep

Lihat Juga...