Tiga SDN di Cikembar Gelar Kenaikan Kelas


“Tingkatkan Gairah Belajar Siswa”
SUKABUMIZONE.COM, SUKABUMI–SDN Dano Kaler, SDN Cioray dan SDN Kebonjati Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, mengelar acara yang masih menjadi budaya yakni kenaikan kelas atau samenan dengan berbagai pentas siswa. Meski tak sedikit pula sekolah yang hanya melaksanakan kenaikan kelas dengan membagikan rapor saja, hal itu diduga seiring tingginya kepercayaan masyarakat tentang sekolah gratis saat ini.
Kepala Sekolah SDN Dano Kaler Didi Budiana S.Pd SD mengatakan, samenan sebagai salah satu bentuk upaya masyarakat dan pihak sekolah dalam memeriahkan kenaikan kelas seta pelulusan kelas enam.” Tingkat kelulusan siswa di sekolah ini mencapai angka seratus persen yang artinya semua murid kelas enam lulus dan Al-hamdullilah semua siswa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi,”kata Didi kepada www.sukabumizone.com Senin, (19/06).
Lanjut Didi, acara yang merupakan agenda tahunan ini turut dihadiri beberapa tamu undangan diantaranya, Kepala UPTD, pengawas, Kepala Desa, tokoh masyarakat dan orang tua murid. “Samenan ini berjalan meriah dengan menampilkan kebolehan para siswa di atas panggung misalnya saja, apreasi anak, seni tari sunda, Qhosidahan dan dangdut,” tuturnya. Ia berharap, acara yang sangat bersejarah bagi setiap warga belajar berdampak pada gairah siswa dalam belajar.
Sementara itu, kenaikan kelas juga digelar SDN Cioray Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, samenan disekolah ini dimeriahkan dengan berbagai kreasi anak seperti tari-tarian anak, puisi, nyanyian dan jaipongan perpisahan dan lain sebagainya. Bahkan, bagi siswa berprestasi secara umum dan langsung mendapat sambutan sekaligus menerima hadiah dari sekolah.
Kepala Sekolah SDN Cioray Aji Sutarji S.Pd menjelaskan, pihaknya memeriahkan kenaikan kelas tersebut agar siswa merasa bangga dengan apa yang mereka miliki serta lebih merangsang siswa untuk belajar. “Kami pun bersyukur atas kelulusan yang dicapai hingga mencapai seratus persen dari jumlah murid sebanyak 49 siswa. Kami berupaya mendongkrak minat siswa agar mau melanjutkan sekolah ke tingkat berikutnya,”tandasnya.
Di tempat berbeda kemeriahan juga menyelimuti acara samenan di SDN Kebonjati Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi, yang diisi dengan berbagai acara diantaranya hasil karya guru dan calung.” Bahkan perguruan tinggi (UNSUR) Cianjur pun ikut afresiasi dengan menyumbangkan lagu-lagu,”ulasnya.
Kepala SDN Kebonjati Asep Suganda, acara tersebut untuk memotivasi siswa agar lebih semangat kembali dalam melaksanakan tugasnya dalam belajar. Selain itu, pihaknya memberikan hadiah pada siswa yang berpresasi.” Kami juga berharap acara ini lebih meningkatkan disiplin baik guru maupun siswa di sekolah. Dan yang paling utama yakni meningkatkan silaturahmi antara guru dengan orangtua siswa,”pungkasnya. Bambang

Lihat Juga...