SDN 3 Bojonglopang Turut Lestarikan Budaya Daerah


SUKABUMIZONE.COM, SUKABUMI– Menutup tahun ajaran 2012-2013 sekaligus pelepasan kelas enam dan kenaikan kelas maka, sebagaian Sekolah Dasar Negri (SDN) di Kecamatan Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat mengelar acara samenan secara meriah. Salah satunya di SDN 3 Bojonglopang berbagai pentas seni dan kreasi siswa seperti, seni daerah, tari-tarian, upacara adat, pencak silat dan lain sebagainya ditampilkan sehingga disambut antusias warga.
Acara itu pun turut dihadiri beberapa tamu undangan diantaranya, Kepala desa, tokoh masyarakat, Camat Jampang Tengah, komite sekolah dan seluruh orang tua wali murid serta tamu undangan lainnya.
Kepala SDN 3 Bojonglopang Mussa Lamere S.Pd  mengatakan, para siswa dilatih agar dapat tampil secara maksimal. Selain itu, pihaknya mengumumkan lulusan terbaik sebagai siswa berprestasi.” Al-hamdullilah siswa sebanyak 44 telah berhasil melaksanakan Ujian Nasional (UN) dan hasilnya lulus seratus persen sehingga dapat melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi,”kata Musa kepada www.sukabumizone.com Kamis, (20/06).
Menurutnya, samenan yang diisi dengan berbagai ragam seni budaya bertujuan untuk meningkatkan mutu kreatifitas budaya.” Sebab, budaya  merupakan warisan para leluhur. Lantas, siapa lagi yang akan melestarikan sekaligus meningkatkan nilai-nilai harga diri sebuah bangsa kalau bukan kita sendiri. Sebab itu, tujuh puluh lima persen acara ini diisi dengan tradisi seni daerah,”paparnya.
Acara tersebut lanjut Mussa didukung pranserta semua pihak terutama wali murid, komite serta sekolah. “Kami hanya sebagai pelaksana. Namun, tetap mendukung sepenuhnya baik waktu, pikiran, tenaga juga finansial. Karena acara samenan ini disamping sebagai wahana kreatifitas siswa sekaligus hiburan bagi masyarakat setempat, terutama bagi para wali murid, pihak sekolah dan tamu undangan,”ujarnya.
Ia berharap, acara itu bisa mengikat talisilaturahmi lebih erat antara sekolah dengan semua pihak. “Mudah-mudahan sekolah kami bisa menjadi lebih baik dengan dukungan semua pihak agar terus menjaga dan meningkatkan prestasi yang telah diraih,”harapnya. Bang

Lihat Juga...