Wabub Sukabumi Hadiri Penutupan Festipal Pesta Rakyat



SUKABUMIZONE.COM, SUKABUMI– Wakil Bupati Sukabumi  Drs Akhmad Jajuli M.Pd menghadiri penutupan Festipal Pesta Rakyat Kebudayaan Sunda ke-9 di Kampung Budaya Rt10/Rw04 Desa Sukamaju Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Kegiatan tersebut digelar masyarakat untuk melestarikan budaya lokal yang digelar dari 4 sampai 6 Juli 2013.
Acara yang telah menjadi agenda tahunan tersebut didukung Kemendikpora juga dihadiri Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Sukabumi diwakili Sekertaris Daerah Sukabumi danlain sebagainya.
Edi Yusup selaku Pengurus Kampung Budaya mengatakan, dalam acara tersebut diisi dengan menampilkan pestipal budaya seni khas sunda di antaranya Festipal Dongdang, Kaulinan Lembur, Pencak Silat, Jaipong, Wayang Golek, Tablig Akbar, Kecapi Suling, dan masih banyak kreasi-kreasi masyarakat sehingga acara tersebut tampak meriah.” Acara ini untuk melestarikan ke aripan seni budaya lokal dimana masa era globalisasi kini masyarakat sudah lupa bahwa leluhur kita sudah mengajarkan kehidupan sehari-hari dengan kebijaksanannya beradab dan beretika,” kata Edi kepada www.sukabumizone.com Sabtu, (6/7).


Banyak pesan yang mengandung nilai-nilai positif yang disampaikan pada acara tersebut, lanjut Edi. Diantaranya nilai pendidikan, sosial, seni budaya, religious, cerdas dan kemandirian. Nilai pendidikan yang tersirat pada bagaimana masyarakat dapat mengenal lebih jauh tentang budaya sunda sebagai jati diri masyarakat pasundan yang selalu mengedepankan gotong royong dan kebersamaan.
Pada nilai sosial, tergambar dari sumbangsih positif bagi percepatan indeks pembangunan manusia Sukabumi, dimana kegiatan ini mampu mendongkrak semangat masyarakat untuk membangun sebuah tatanan peradaban modernis tanpa meninggalkan jati diri bangsa yang sesungguhnya.” Di seni budaya tergambar kental menunjukan sebuah budaya sunda yang peduli terhadap nilai-nilai kearifan lokal sebagai bentuk kecintaan dan pelestarian budaya leluhur. Kebersamaan, kegiatan yang santun serta bernuansa sundanese religious yang terbebas dari nuansa modernis,” ulasnya.
Sementara itu, Wakil Bupati Sukabumi Drs Akhmad Jajuli M.Pd yang turut menghadiri kegiatan tersebut berharap, dengan digelarnya Festipal Pesta Rakyat Kebudayaan Sunda, selain melestarikan budaya leluhur juga dapat menambah erat persaudaraan sesama warga masyarakat Sukabumi.” Kembangkan seni dan budaya, terutama budaya leluhur dan hendaknya budaya tersebut terus dilestarikan sebagai ciri khas budaya sunda. Sebab, seni budaya tidak saja menciptakan kreativitas seseorang dalam mengekspresikan ide dan alur pikirannya, tetapi dapat juga menjadi alat pemersatu yang kuat,” harapnya. Bambang/Dendi

Lihat Juga...