SDN Babakan Sukamanah Unggulkan Pencak Silat



SUKABUMIZONE.COM, SUKABUMI– Pencak Silat merupakan salah satu seni budaya asli Indonesia yang wajib dilestarikan, inilah yang membuat SDN Babakan Sukamanah di Kampung Rawaseel Desa Tanjungsari Kecamatan Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, memasukannya dalam salah satu ekstrakurikuler (ekskul).
Kepala SDN Babakan Sukamanah Kasman S.Pd di wakili seorang guru Dadun S.Pd mengatakan,  latihan rutin dilakukan dua hari dalam satu minggu, biasanya siswa di sekolah tersebut berlatih Pencak Silat sesudah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
Siswa pun tampak tertarik dengan ekskul Pencak Silat tersebut. “Bahkan sekolah kami sudah tiga kali mejadi juara pertama di tingkat kecamatan dan juara dua tingkat Kabupaten,” kata Daduk kepada www.sukabumi zone.com, Kamis (22/8).
Lanjut Dadun, setelah siswa piawai dalam menguasai jurus-jurusnya. Maka, akan ada perlombaan. Selain berolahraga dengan Pencak Silat kata dia, siswa bisa ikut melestarikan nilai-nilai budaya nusantara. “Justru kami bangga. Apalagi Pencak Silat yang notabene adalah warisan nenek moyang bangsa kita kini juga banyak dipelajari oleh warga asing,”ulasnya.
Sebagai negara yang pertama kali mengenalkan Pencak Silat, generasi muda di Indonesia pun harus bangga dan ikut melestarikannya.
Saat ini banyak generasi muda yang justru terseret budaya luar dan makin sedikit yang meminati seni budaya bangsa seperti Pencak Silat. “Akibatnya bisa kita lihat, kejayaan seni budaya Pencak Silat yang dimiliki oleh Indonesia sudah semakin surut dan yang memprihatinkan. Sebagian generasi muda seakan kurang peduli terhadap aset budaya bangsa sendiri,” tukasnya. Bambang

Lihat Juga...