Yayasan Danamon

Danamon dan Yayasan Danamon Peduli Laksanakan

 “Bulan Kepedulian Lingkunganku”


Ubah Perilaku dan Gaya Hidup untuk Selamatkan Lingkungan

______, __Mei/Juni/Agustus 2013. Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia, maka pada Mei sampai dengan Agustus 2013 ini Yayasan Danamon Peduli bekerja sama dengan keluarga besar Danamon  dan Adira kembali mengadakan kegiatan Bulan Kepedulian Lingkunganku (BKL) yang akan diadakan di seluruh region Danamon dan Adira juga di perkantoran pusat.

Merujuk pada tema Hari Lingkungan Hidup 2013 dari  Kementerian Negara Lingkungan Hidup (Kemen LH),  kegiatan BKL 2013 mengusung tema  Ubah perilaku dan gaya hidup untuk selamatkan lingkungan.” Disadari atau tidak, perilaku manusia adalah salah satu penyebab utama rusaknya lingkungan. Oleh karena itu, perubahan perilaku manusia pulalah yang menjadi potensi untuk menyelamatkannya.

Upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, memerlukan pelibatan semua pihak dan unsur dalam masyarakat selain Pemerintah.  Oleh karenanya, Kemen LH menyerukan pelibatan masyarakat dan pihak swasta menjadi aspek yang penting.

Sejalan dengan imbauan  Kemen LH tersebut maka  melalui kegiatan BKL ini Yayasan Danamon Peduli bersama keluarga besar Danamon-Adira  mengajak masyarakat yang ada di lingkungan kerja untuk melakukan beragam kegiatan pelestarian dan perawatan lingkungan hidup; misalnya, penghijauan, pembuatan lubang biopori, penyediaan sarana air bersih, pengumpulan dan pengolahan sampah, dan sebagainya yang  sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing lokasi dan usulan dari masyarakat setempat.

Untuk kawasan Sukabumi Danamon mengadakan kegiatan penanaman bibit pohon di beberapa lokasi dan pemberian bantuan tempat sampah di daerah Pel.Ratu – Kabupaten Sukabumi bersama-sama dengan masyarakat dan aparat setempat. Dalam penyelenggaraan kegiatan ini, Danamon melakukan kerja sama dengan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi. Kegiatan penanaman bibit pohon di beberapa lokasi (kantor, sekolah, dll) dimaksudkan untuk menjaga daerah resapan air yang semakin berkurang akibat kurangnya tanaman yang dapat menahan air hujan di wilayah tersebut sehingga dapat berdampak banjir. Selain itu, kerindangan wilayah juga akan mengurangi terjadinya pemanasan global.

Sedangkan pemberian tempat sampah di beberapa lokasi yg sebagian besar sekolah, untuk menanamkan disiplin dalam prilaku & gaya hidup buang sampah, khususnya kepada siswa siswi dari mulai tingkat Sekolah Dasar.

Kegiatan BKL ini merupakan  wujud kepedulian Bank Danamon akan masalah global yang secara langsung berdampak pada kehidupan masyarakat baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.  Melalui kegiatan pelestarian lingkungan ini, kita bersama-sama melakukan investasi sosial yang berdampak jangka panjang guna memberikan kualitas hidup dan kualitas lingkungan yang lebih baik untuk generasi mendatang.

BCO (Branch Corporate Officer), Nia Libriani,  perwakilan PT Bank Danamon Indonesia di wilayah Sukabumi menyampaikan,  “Tentunya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi kegiatan rutin dan berlanjut  sehingga dalam jangka panjang menjadi gaya hidup di lingkungan kerja masing-masing.  Dengan demikian,  kita bisa menularkan ‘gaya hidup menyelamatkan lingkungan’ ini pada orang-orang di sekitar kita.”

Sementara di Kantor Pusat Bank Danamon, kegiatan BKL 2013 akan disasarkan pada pengumpulan sampah perkantoran dan barang bekas dari kantor-kantor pusat Danamon dan Adira, sepanjang bulan Juni.   Sampah dan barang bekas yang terkumpul ini akan dibeli oleh Mang Uday, yakni seorang pedagang barang bekas yang kurang lebih telah 14 tahun berkiprah di usaha ini.   Hasil penjualan ini selaniutnya akan diserahkan kepada para petugas kebersihan  gedung-gedung perkantoran pusat tersebut, sebagai modal awal mereka mendirikan Bank Sampah.  

 

Tentang Danamon Peduli :

Yayasan Danamon Peduli resmi dibentuk oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk dan PT Adira Dinamika Multifinance Tbk 17 Februari 2006.  Program-program Yayasan Danamon Peduli bertujuan  mendukung pembangunan berkelanjutan yang bermanfaat langsung pada masyarakat,  dan melibatkan relawan dari lingkungan keluarga besar Danamon.  Dalam kiprahnya, Danamon Peduli secara konsisten berperan sebagai mitra pembangunan dengan program-programnya  yang inovatif dengan tujuan berkontribusi pada prioritas pembangunan serta berkelanjutan dan dapat dikembangkan oleh berbagai pihak lain.

Selain melalui kegiatan Bulan Kepedulian Lingkunganku ini, YDP mewujudkan misi di atas melalui 3 program lainnya , yaitu Program PASAR SEJAHTERA yang merupakan program percontohan pola dukungan pada upaya revitalisasi pasar tradisional di tanah air. Dalam mendukung pelestarian lingkungan dan budaya melalui pemberdayaan masyarakat lokal, YDP mengembangkan PROGRAM Ikon Regional  yang diawali dengan kegiatan pertama di kawasan Rumah Si Pitung, Marunda Jakarta Utara. Melalui program CEPAT TANGGAP BENCANA, Yayasan Danamon Peduli bekerja sama dengan para relawan dari karyawan Danamon dan Adira menyalurkan bantuan cepat kepada masyarakat yang terkena bencana selain juga melakukan beberapa kegiatan edukasi masyarakat dalam upaya mencegah dan memitigasi dampak bencana.

Sementara, dalam menjalankan perannya sebagai sumber pembelajaran, YDP meluncurkan Komunitas Sejahtera Indonesia (ksi.danamonpeduli.org) sebagai wadah untuk berbagi informasi, pengalaman, pengetahuan dan merintis kolaborasi antar pelaku dan pemerhati masalah kemasyarakatan dan lingkungan.

 

Sejak didirikannya, Yayasan Danamon Peduli juga telah meraih beberapa penghargaan antara lain Juara ke-2 tingkat dunia BBC World Challenge 2009, MDGs Award 2009 untuk kategori pengentasan kemiskinan. Pada tahun 2011, Program Pasar Sejahtera mendapatkan penghargaan Asia Responsible  Enterpreneurship  Award untuk kategori Green Leadership.

Tentang Danamon :

PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. didirikan pada tahun 1956 dan sampai dengan 31 Desember 2012 memiliki lebih dari 3.300 kantor cabang dan point of sales, termasuk unit Danamon Simpan Pinjam (DSP) dan unit Syariah, serta kantor-kantor cabang anak perusahaannya. Danamon memberikan kepada nasabahnya akses ke lebih dari 30.000 ATM, termasuk melalui kerjasama dengan ATM Bersama dan ALTO di 33 provinsi di Indonesia. Danamon mengelola aset sebesar Rp 155,8 triliun sampai dengan akhir bulan Desember 2012.

Danamon belum lama ini meraih penghargaan “Best Private Bank with over Rp10 trillion in Assets in Risk Management Education” dalam ajang Indonesia Enterprise Risk Management Award 2012 yang diselenggarakan oleh Business Review. Danamon juga meraih penghargaan Digital Brand of the Year 2012 Award dalam kategori Kartu Kredit dari Infobank. Dalam ajang internasional, Danamon meraih “Best Corporate Governance” dalam poll “Asia’s Best Companies 2012” yang diadakan oleh FinanceAsia.

Danamon adalah penerbit tunggal dan pihak yang mengakuisisi kartu kredit American Express® di Indonesia berdasarkan perjanjian pengoperasian independen yang memungkinkan Danamon menerbitkan kartu kredit American Express ® pada nasabah individual dan korporasi. Danamon juga merupakan satu-satunya bank yang memberikan layanan kepada mitra bisnis lokal yang menerima pembayaran dengan kartu kredit American Express dan untuk menerima mitra bisnis baru di Indonesia. Danamon juga adalah penerbit tunggal kartu Manchester United dengan kartu Debit/ATM dan kartu kredit Manchester United.

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) adalah anak perusahaan Danamon yang bergerak di bidang pembiayaan kendaraan bermotor dan memiliki jaringan kantor cabang yang luas di lebih dari 260 kota di Indonesia. Danamon juga merupakan pemegang saham mayoritas PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance), suatu perusahaan asuransi umum and PT Adira Quantum Multifinance (Adira Kredit), perusahaan pembiayaan barang elektronik dan rumah tangga.

Pada tanggal 31 Desember 2012, 67,37% saham-saham Danamon dimiliki oleh Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd. dan sebesar 32,63% oleh publik. Pada tanggal 2 April 2012, Danamon telah mendapatkan informasi dari Fullerton Financial Holdings Pte. Ltd. (FFH), bahwa FFH telah menjalin kesepakatan penjualan saham bersyarat (conditional share purchase agreement) dengan DBS Group Holdings (DBS) untuk menjual semua kepemilikan sahamnya di Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd. (AFI) kepada DBS. Transaksi ini akan difinalisasi setelah diperoleh persetujuan, antara lain, dari pemegang saham DBS dan para regulator di Singapura dan Indonesia, termasuk Bank Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Danamon, mohon kunjungi corporate website Danamon pada: www.danamon.co.id

 

 

–***–

Lihat Juga...