Dampak Erosi, Bangunan SDN Pasir Salam Hampir Ambruk


SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI–Miris nasib para siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pasir Salam Jalan Sagaranten Desa Kertaangsana Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukaburmi Provinsi Jawa Barat, yang harus rela belajar berdesakan. Hal ini disebabkan dua lokal kelas dari total 8 lokal kelas hampir ambruk karena dampak erosi, tampak badan bangunan retak, pondasi bangunan bergeser. Karena itu terpaksa pihak sekolah menggunakan sistem sip pada siswa.
Kepala SDN Pasir Salam Engkos Kosasih, S.Pd.Mpd diwakili salah seorang guru Ani Nuraeni kepada www.sukabumizone.com mengatakan, bangunan yang hampir ambruk merupakan bangunan yang baru tiga bulan diperbaiki. Namun, karena tergerus erosi bangunan pun kembali rusak. “Kami terpaksa mengosongkan bangunan tersebut karena sangat berbahaya untuk keselamatan siswa dan guru,”kata Ani.
Ia mengaku, pihaknya telah mengajukan hal itu kepada pemerintah melalui instansi terkait. Tapi sampai saat ini belum ada respons. ” Pemerintah diharapkan cepat tanggap untuk membantu kondisi sekolah kami yang sangat membahayakan,”harapnya.
Bupati Sukabumi Sukmawijaya menanggapi, bantuan untuk sekolah yang kekurangan sarpras karena rusak atau kurang di Kabupaten Sukabumi telah menjadi agenda pemerintah. “Namun, yang jadi persoalan adalah anggaran pemerintah yang tidak sebanding dengan jumlah sekolah rusak saat ini. ” sahutnya.
Meski demikian pihaknya akan berupaya mengalokasikan bantuan semaksimal mungkin. “Sementara ini kami harap pihak sekolah dapat bersabar. Ya, pelihara dulu apa yang ada saat ini,” tandasnya.  Bambang/Sep.

Lihat Juga...