SDN Sirnagalih Membangun Siswa yang Cerdas

SUKABUMIZONE.COM, SUKABUMI– Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sirnagalih Jalan Ciurug Kampung Sirnagalih Desa Wangunreja Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat, terus berupaya membangun lingkungan sekolah yang sehat dan nyaman. Hal tersebut tidak terlepas dari Visi serta Misi yang juga menjadi tolak ukur dari sebuah keberhasilan yang diraihnya.

 

VISI dan MISI

VISI 

“Membangun tunas bangsa agar cerdas, berbudi luhur dan bertaqwa. Gemilang dalam prestasi, terdidik untuk terampil serta siap menyongsong masa depan”

MISI :

Mengacu pada Visi sekolah diatas, maka misi yang akan dilaksanakan adalah   sebagai berikut  :

  1. Mengsukseskan wajib belajar pendidikan dasar Sembilan tahun.
  2. Mengcerdaskan kehidupan bengsa melalui pendidikan sejak dini
  3. Meningkatkan kwalitas pendidikan dijenjang pendidikan tingkat dasar.
  4. Memupuk minat serta bakat anak secara berkesinambungan dengan cara membina potensi positif yang dimiliki setiap peserta didik.

 

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sirnagalih merupakan sekolah induk yang didirikan di atas tanah seluas 3000 M2 pada 1975. Kini memiliki kurang lebih 159 siswa, juga 8 lokal kelas satu diantaranya dipergunakan kantor dan ditambah satu perpustakaan yang masih dalam tahap pembangunan, seluruh lokal diisi oleh 6 Rombongan Belajar (Rombel). Sementara jumlah guru yang ada yakni 8 guru terdiri dari 4 Pegawai Negeri Sipil (PNS) 4  Guru Honor.  Seluruh tenaga pendidik yang ada dinilai cukup handal karena telah memiliki latar belakang pendidikan S1 juga dibekali ilmu yang memadai sebagaimana diamanatkan dalam Undang- Undang Nomor 14 tahun 2005.

Bahkan, sesuai dengan tuntutan di era globalisasi. Saat ini, guru di SDN Sirnagalih diharuskan untuk memiliki pola pikir (mindset) dan pola tindak (actionset) terutama dalam mengimplementasikan dan mengembangkan kurikulum  (KTSP) yang berlaku sekarang. Disamping itu, perubahan pola pikir dan pola tindak dalam mengelola kelas dan melaksanakan proses pembelajaran, setiap guru di sekolah tersebut dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan khususnya layanan proses pembelajaran sesuai dengan standar proses dan sesuai dengan Permendiknas nomor 41 tahun 2007. Bahkan baru-baru ini guru di seluruh Indonesia menyelesaikan Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) sebagai bagian dari rangkaian sertifikasi guru. PLPG merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh guru untuk meningkatkan kompetensi baik itu kompetensi professional, kompetensi pedagogic, kompetensi sosial maupun kompetensi kepribadian. Salah satu contoh adalah dari sisi prestasinya, SDN Sirnagalih telah mengantongi hampir ratusan piala penghargaan dari berbagai perlombaan tingkat kecamatan. Misalnya saja, sebagai Juara II PAI Kecamatan 2012, Juara II Praktek Sholat tingkat Kecamatan 2012 Juara I Bulutangkis Putri tingkat Kecamatan dan masih banyak lagi penghargaan yang telah diperolehnya.  Maka tidak diragukan lagi lulusan sekolah ini dapat dipertanggungjawabkan.

Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari seorang pemimpin atau kepala sekolah yang selalu komitmen dan optimis membangun tim kerja yang epektif serta mengembangkan budaya mutu. Kepala SDN Sirnagalih mempunyai rencana dan bercita-cita menjadikan SD ini sebagai SD yang paling unggul dalam berbagai bidang di Kecamatan Nyalindung khususnya, bahkan sampai tingkat Kab/Provinsi. ” Dengan potensi yang dimiliki maka kami yakin sekolah ini dapat bersaing dengan sekolah lain. Apalagi didukung para guru yang sangat berpotensi,” ujarKepala SDN Sirnagalih Wiwin Winarsih S.Pd.SD kepada  www.sukabumizone.com.

Menurutnya, keberhasilan tersebut akan dapat diraih apabila dapat bekerja sesuai dengan tufoksi dilandasi kesabaran dan berusaha. ”Amanah pun akan terselesaikan dengan baik sesuai visi dan misi. Apalagi didukung peranserta masyarakat yang baik, ”tuturnya.

Peranserta masyarakat terhadap dunia pendidikan di daerah tersebut tampak cukup baik. ”Namun, kami masih berupaya menjalin silaturahmi dengan masyarakat untuk mengikat hubungan lebih erat lagi. Sehingga, partisipasi masyarakat tetap harmonis,”ujarnya.

Lanjutnya, ia akan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan secara maksimal. ” Tentu harapan kami agar siswa di daerah ini dapat bersaing,”tandasnya.

 

 

Permen No 24 Tahun 2007 tentang standar sarana dan prasarana. SDN Sirnagalih sekarang tidak memiliki prasarana sebagai –berikut :

  1. Ruang kelas (28 Peserta didik/Ruang kelas)
  2. LaboratoriumIPA
  3. Ruang pimpinan
  4. Tempat beribadah
  5. Ruang UKS
  6. Jamban
  7. Gudang
  8. Ruang sirkulasi
  9. Tempat bermain/orahraga

 

 

Apabila dicermati dari sisi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan program yang digulirkan, sekolah itu memiliki kualitas yang memadai. Namun, pada kenyataanya SD ini belum memiliki indikator minimal prasarana sebagaimana dimaksud. Untuk itu diharapkan pemerintah agar memperhatikan hal-hal tersebut, demi terciptanya suatu kegiatan pembelajaran yang nyaman dan aman, sehingga apa yang diharapkan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dapat terwujud dengan sebaik-baiknya. Sedangkan, keunggulan SDN Sirnagalih itu bisa dilihat dari keberhasilannya dalam mengikuti kegiatan lomba/kreativitas siswa.

Ia berharap, dilihat dari jumlah lokal yang dimiliki memang sudah memadai. Namun, prasarana seperti mushola, paving block, dan pemagaran menjadi target pembangunan untuk ke depan. “Kami harap ada bantuan dari pemerintah untuk pembangunan mushola, paving block dan pemagaran,” harapnya.

Bupati Sukabumi Sukmawijaya menanggapi, bantuan untuk sekolah yang kekurangan sarpras karena rusak atau kurang di Kabupaten Sukabumi telah menjadi agenda pemerintah. “Namun, yang jadi persoalan adalah anggaran pemerintah yang tidak sebanding dengan jumlah sekolah rusak saat ini. ” tandasnya.

Meski demikian pihaknya akan berupaya mengalokasikan bantuan semaksimal mungkin. “Sementara ini kami harap pihak sekolah dapat bersabar. Ya, pelihara dulu apa yang ada saat ini,” tandasnya. Sep/Bambang.

info terkini:


“APBN 2013″
SUKABUMIZONE.COM, SUKABUMI– Sekolah Dasar Negri (SDN) Sirnagalih Jalan Ciurug Desa Wangunreja Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, realisasikan anggaran yang dikucurkan pemerintah untuk pembangunan Ruang Perpustakaan dan pengadaan meubeler 2013  yang bersumber dari dari Anggaran Pembelanjaan Negara (APBN) sebesar Rp. 113.502.400,-.
Kepala SDN Sirnagalih Wiwin Wirnasih S. Pd. SD mengatakan, program itu dilaksanakan secara swakelola oleh tiem pelaksana pembangunan dengan lama pengerjaan 90 hari kerja. ” Sampai saat ini pembangunan Gedung Perpustakaan berlangsung dua bulan. Insya Allah akhir November 2013 bisa finishing,” kata Wiwin kepada www.sukabumizone.com.


Program tersebut merupakan program Kementrian Pendidikan Pusat lanjut Wiwin, yang dananya bersumber dari APBN 2013.” Kami pihak sekolah hanya sebagai penanggung jawab. Mudah-mudahan bisa menyelesaikan pembangunan ini dengan baik dan tepat waktu,” sahutnya.
Ia menambahkan, dengan dikucurkannya bantuan maka akan membantu proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) serta dapat meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. “Bantuan itu sangat bermanfaat bagi warga belajar sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan KBM. Sebab sarana dan prasarana yang mendukung sangat menentukan keberhasilan pendidikan. Untuk itu, kami ucapkan terimakasih pada pemerintah karena sudah membantu sekolah ini dengan memberikan Gedung Perpustakaan,” pungkasnya. Dendi/Bang

Lihat Juga...