Perkembangan Teknologi Tunjang Mutu Pendidikan



SUKABUMIZONE.COM, SUKABUM– Kehadiran alat hitung seperti kalkulator tak sendikit menui anggapan miring. Namun,  Perkembangan teknologi sebenarnya perlu dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar (KBM), salah satunya dibidang sains. Sifat menunjang tersebut tentu tidak dimaksudkan untuk menghilangkan kemampuan anak memahami konsep tetapi sebaliknya mempermudah anak menerapkannya.
Saat ini harus diakui, tidak semua pelajar bahkan guru paham terkait pemanfaatan kalkulator. Bahkan,  masih banyak anggapan miring tentang kehadiran teknologi, seperti misal kalkulator dan teknologi lainnya. Ini yang kemudian membuat guru dan anak didik masih ragu dalam memanfaatkannya.
Karena latar belakang tersebut, salah satu perusahaan Indenesia yang bergerak menciptakan teknologi seperti kalkulator perlu melakukan sosialisasi pemanfaatan kalkulator dalam KBM. Di Sukabumi, Jawa Barat, beberapa waktu lalu ada salah satu perusahaan sengaja menggelar sosialisasi kepada Kelompok Musayarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMP.
Pada sosialisasi itu, para guru diberikan informasi bagaimana operasionalisasi penggunaan kalkulator untuk pendidikan. Lalu, para guru dituntut mampu membuat soal dengan perhitungan melalui kalkulator. Yang menarik, tak semua guru dapat mengoperasikannya secara mudah. Bahkan, tidak sedikit yang akhirnya merasa terkejut dengan kemampuan kalkulator saat ini.
Diharapkan para guru menilai pemanfaatan kalkulator dapat lebih memotivasi siswa, dengan catatan guru harus kreatif dalam memilah soal mana yang membutuhkan bantuan kalkulator. Pemanfaatan kalkulator ini akan mendorong optimalisasi pembelajaran sains pada anak-anak didiknya.

ROL

Lihat Juga...