Sukabumi Meriah Sambut Tahun Baru Islam



SUKABUMIZONE.COM, SUKABUMI — Menyambut tahun baru Islam 1435 Hijriah di Kabupaten Sukabumi meriah. Berbagai kegiatan akan memeriahkan pergantian tahun baru Islam ini.
Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sukabumi, KH UK Anwarudin mengatakan, ada delapan kegiatan dalam menyambut tahun baru Islam. ” Aacara ini dirangkaikan dengan milad penerapan syariat Islam (PSI) ke 12 di Kabupaten Sukabumi,”kata  Anwar.
Kegiatan pertama diantaranya Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten di Kecamatan Sagaranten. Kedua, pelaksanaan sujud syukur di seluruh masjid jami yang ada di semua kecamatan. “Kegiatan lainnya yaitu pawai taaruf di setiap kecamatan, festival anak soleh, hafalan Alquran 30 juz, serta festival qosidah. Dua kegiatan lainnya yakni pengobatan kesehatan gratis bagi warga tidak mampu dan sarasehan kerukunan umat beragama,”tuturnya.
Acara ini dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak. Seperti Kementerian Agama (Kemenag), Pemkab Sukabumi, MUI, dan organisasi masyarakat (Ormas) Islam. “Penyelenggaraan kegiatan ini, terang Anwarudin, sudah rutin digelar dalam rangka menyambut tahun baru Islam,”ujarnya.
Hasil evaluasi tampak animo masyarkaat untuk penyambutan tahun baru Islam ini cukup besar setiap tahunnya.
Tahun baru Islam juga digunakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukabumi untuk membuat data muzaki atau pemberi zakat di 47 kecamatan. “Untuk mengoptimalkan pengumpulan dan pendayagunaan zakat, infak, dan shodaqoh (ZIS). Tim sudah disiapkan, ” tandas Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi, Musthafa Kamal.
Tim akan mendata para muazaki yang tersebar di semua kecamatan.”Targetnya pendataan dapat rampung pada 10 Muharam 1435 Hijriah mendatang. Sehingga data tersebut dapat dimaksimalkan untuk optimalisasi ZIS,” tukasnya.

ROL

Lihat Juga...