Kelangkaan Buku Nikah di Kabupaten Sukabumi Mulai Terjawab


SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI– Sebanyak 10.000 buku nikah disebarkan Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sukabumi ke 47 KUA yang ada di kabupaten tersebut. Kemenag menyebarkan buku nikah setelah mendapatkan kiriman sebanyak 20.000 buku dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Jawa Barat.
Pelaksana Kepenghuluan Kemenag Kabupaten Sukabumi, Aling Saepullah mengatakan,  dari target 15.000 yang akan di kirim namun, pada kenyataanya melebihi target yaitu 20.000 buku nikah.  “Sisa buku nikah yang ada di Kemenag Kabupaten Sukabumi diperkirakan mampu untuk stok selama tiga bulan ke depan,” kata Aling.


Dari data yang ada, rata-rata setiap bulan kemenag mengeluarkan 3000 sampai 3200 buku nikah dengan demikian tiga bulan ke depan tidak akan lagi kelangkaan.” Apabila ada kekurangan dalam perjalanannya nanti, kami akan mengontak langsung Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, karena di sana masih banyak stok,” tuturnya.
Di tempat berbeda, Penghulu KUA Cisaat Nu’man atoillah menjelaskan, pihaknya sudah menerima 400 buku nikah dari Kemenag Kabupaten Sukabumi sejak Kamis, (14/11).  “Tapi, buku nikah ini belum dapat dikirimkan kepada pasangan pengantin yang belum mendapatkan buku nikah. Kini, kami tengah memindahkan data dari Akta ke buku nikah. Dan setelah usai dipindahkan baru buku nikah ini bisa dibagikan,” jelasnya.
Sampai November 2013 sebanyak 300 pasangan pengantin belum mendapatkan buku nikah tutur Nu’man. Pembagian buku nikah akan dilakukan secara bertahap. “Sehingga dalam waktu seminggu semuanya dapat dibagikan. Kami pun memiliki stok 100 buku nikah dan kami prediksi mampu untuk satu bulan ke depan,” tukasnya. Dendi

Lihat Juga...