Musim Pancaroba, PT PLN Rayon Cikembar Gesit Tingkatkan Keandalan


SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI– Cuaca yang tidak menentu kali ini, berdampak besar terhadap pasokan listrik yang didistribusikan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Cikembar Area Sukabumi Distribusi Jawa Barat dan Banten (DJBB). Saat ini, kinerja petugas PLN terus diuji dalam mengoptimalkan keandalan pelayanan terhadap pelanggan. Angka gangguan terbilang cukup tinggi, namun seluruhnya dapat diperbaiki. Perbaikan teknis dan non teknis pun terus dilakukan dalam meminimalisir terjadinya gangguan.
Manajer PT PLN Rayon Cikembar Aas Kosasih melalui SPV Administrasi Widianto mengatakan, untuk mencegah gangguan beberapa bulan ke depan pihaknya telah melakukan perbaikan dari semua sisi. ” Kurang lebih dua belas item yang saat ini tengah kami lakukan dalam menekan angka gangguan diantaranya, relokasi rekloser Cikaler ke Babakan, Pendataan Trafo 1 untuk dijadikan 3 F, Pemasangan KWH priodik dan lain sebagainya, ” kata Widianto kepada www.sukabumizone.com Senin, (6/1).
Sementara itu, secara non teknis PLN terus mengencarkan pemeliharaan jaringan dari pepohonan, hewan, petir dan lainnya.” Itu sudah menjadi agenda kami. Meski cuaca tidak mendukung kami berupaya melakukannya dengan baik,” tuturnya.
Namun, ujar Widianto ada hal yang sulit untuk dicegah yaitu gangguan yang disebabkan faktor alam seperti, tanah longsor, angin kencang, serta pohon tumbang. ” Kalau berbicara alam kami tidak dapat berbuat banyak. Meski demikian kami akan berupaya maksimal dalam melakukan pelayanan terhadap pelanggan,”tandasnya.
Ditanya terkait adanya keluhan sejumlah warga Kampung Sungapan Desa Bojongraharja Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Andri yang mengatakan, bahwa telah terjadi listrik drop (Spaneng) beberapa waktu lalu? Ia menjawab, sementara pihaknya belum dapat menjawab. Sebab, sampai saat ini belum ada laporan dari warga bersangkutan kepada PLN. ” Apabila ada keluhan terkait pelayanan PLN maka, silahkan langsung menghubungi kami. Yang pasti kami tekankan pasokan lisrik untuk wilayan kami cukup aman karena listrik ke Gardu Induk (GI) Lembursitu telah dipasok dari PLTU Pelabuhan Ratu. Untuk informasi yang kami terima bahwa telah terjadi drop baru dari bapak. Jadi kami harap ada laporan resmi kapan kejadiannya dan dimana agar kami dapat langsung memperbaiki sumber gangguan,” ujar Widi.
Ia pun berharap,  semua element dapat berpatisipasi. Misalnya saja, pelanggan yang memiliki pepohonan yang dekat dengan media PLN harus merelakannya untuk ditebang dan pelanggan yang tengah membangun rumah atau lainnya agar jangan terlalu dekat dengan jaringan.”Selain berbahaya untuk dirinya juga akan mengganggu kenyamanan bagi seluruh pelanggan PLN. Apabila ada gangguan listrik pelanggan secepatnya memberikan laporan kepada PLN atau melalui call centre 123,” pungkasnya. Sep.

Lihat Juga...