Minim Perhatian, Gurdacil Sukabumi Tuntut Kesejahtraan

SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI — Dinilai perhatian pemerintah masih minim maka, Guru Daerah Terpencil (Gurdacil) Kabupaten Sukabumi tuntut kesejahtraan.  Salah seorang guru Sekolah Dasar (SD) Negeri Ciptagelar Desa Sirnaresmi Cisolok Kabupaten Sukabumi Jawa Barat Upar Suparman mengatakan, “Para guru itu ingin mengabdi di daerah terpencil yang jauh dari pusat perkotaan. Namun perhatian pemerintah masih minim,” kata Upar beberapa waktu lalu.
Menurutnya, sudah sebelas tahun ia mengabdi sebagai guru honorer. Jarak tempuh untuk mencapai Ciptagelar diperlukan sekitar tiga jam dari Palabuhanratu dengan medan yang berat. “Sebagian besar jalan yang dilalui masih berbatu,” tuturnya.
Setatus guru juga sebagian besar masih sebagai tenaga honorer. “Sehingga tingkat kesejahteraanya terbilang masih kurang dibandingkan guru pegawai negeri sipil (PNS),” tandasnya.
Ironisnya, dari delapan guru yang mengajar di SD tersebut hanya kepala sekolah yang berstatus sebagai PNS. “Sisanya berstatus guru honorer,” ujarnya. Apalagi, para guru kini tidak mendapatkan tunjangan sebagai Gurdacil. Padahal, sebelumnya mendapatkan tunjangan tersebut.
Upar berharap bisa diangkat sebagai PNS seperti dengan yang lain. Peningkatan status merupakan penghargaan pemerintah terhadap para guru yang mau mengabdi di tempat yang terpencil.

ROL

Lihat Juga...