Dinkes Kabupaten Sukabumi Gelar Manajemen Cold Chan


“Tingkatkan Kualitas Rantai Dingin Vaksin”
SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya, di sisi pelayanan terhadap sasaran imunisasi. Beberapa waktu lalu Dinkes Kabupaten Sukabumi lakukan pelatihan Manajemen Cold Chan (Rantai Dingin Vaksin) kepada seluruh koordinator imunisasi se-Kabupaten Sukabumi.
“Alhamdulillah pelatihan ini menambah wawasan kami tentang bagaimana pendistribusian vaksin dari Dinkes ke Posyandu,” kata Koordinator Imunisasi Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Eri Kustiawan yang juga sebagai Petugas Penanggulangan Penyakit Menular (P2M) Gunungguruh kepada www.sukabumizone.com Senin, (9/6).
Lebih lanjut ia mengulas, ada beberapa point yang disampaikan pada pelatihan tersebut diantaranya, pengenalan vaksin, pengelolaan vaksin, pendistribusian vaksin, dan lain sebagainya. “Manajemen rantai dingin vaksin harus benar-benar dipahami sesuai standar oprasional prosedur (SOP) sehingga kualitas vaksin tetap terjaga dengan baik,”tuturnya.
Ditanya mengenai sasaran yang diajukan pada 2014 oleh pihak kesehatan Gunungguruh? Ia menjawab, dari data yang ada terdapat 813 sasaran imunisasi. “Untuk tahun ini kami ajukan sebanya itu. Yang kami tegaskan fungsi dari vaksi ini adalah merangsang kekebalan tubuh agar tahan terhadap penyakit tertentu yang dapat menyerang bayi kapan saja,”tukasnya. Dendi

Lihat Juga...