Ramdhan 1435 H, SDN Wangunreja Gelar Sanlat


SUKABUMIZONE.COM, SUKABUMI– Pada bulan teristimewa dari bulan-bulan lainnya yakni Ramadhan 1435 Hijriah memang selalu digunakan banyak orang untuk meningkatkan diri dalam hal beribadah. Seperti yang dilakukan pihak Sekolah Dasar Negeri (SDN) Wangunreja di Kampung Wangunreja Desa Wangunreja Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, mengelar kegiatan tahunan Pesantren Kilat (sanlat) dalam memperdalam wawasan Islam bagi peserta didiknya.
Kegiatan berlangsung selama enam hari dimulai dari Senin 14, Juli 2014 hingga Sabtu, 19 Juli 2014 mendatang. Adapun waktu yang digunakan setiap harinya untuk pembelajaran siswa pada Sanlat di mulai Pukul 08:00 WIB sampai 11: 00 WIB.

Kepala SDN Wangunreja Supandi menjelaskan, kegiatan pesantren kilat juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai keislaman bagi peserta didik pada bulan suci.” Kegiatan pesantren kilat dilakukan setiap memasuki bulan suci Ramadhan yang merupakan kegiatan pembinaan keagamaan utamanya pada akhlaq siswa,” kata Supandi kepada wartawan www.sukabumizone.com ketika dijumpai di sela acara berlangsung Kamis, (17/07).
Selain memberikan ceramah setiap siswa diberikan bekal tentang pendidikan religius lanjut Supandi. Seperti pengajian, menghapal surat-surat pendek, Fikih, Ilmu Tazwid, doa-doa, muamalah dan lain sebagainya.” Selain kegiatan sanlat, kita juga memberikan zakat bagi yang tidak mampu atau memberikan Shodaqoh,” imbuhnya.
Lebih lanjut Supandi menjelaskan, yang perlu diperhatikan pada kegiatan yang penuh kesan ini adalah bagaimana pesantren kilat bisa membentuk mental siswa agar lebih baik dengan pendidikan agama. Sebab itu, ia berharap siswa yang tengah dididik di sekolahnya menjadi hamba Allah SWT yang beriman dan bertaqwa.” Diharapkan siswa SDN Wangunreja memiliki akhlaq mulia, kejujuran, kedisiplinan dan berjiwa sosial yang nantinya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari terutama agar lebih menghormati orang tuanya. Jadi tidak hanya di sekolah saja, akan tetapi dilingkungan rumahnya dan di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya. Dendi/Nur

Lihat Juga...