Karnaval Turut Maknai HUT RI ke-69 di Padabeunghar


SUKABUMIZONE.COM, SUAKBUMI– Ribuan warga Desa Padabeunghar Kecamatan Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, berbondong-bondong padati halaman Balai Desa Padabeunghar Minggu, (17/08). Mereka tampak sumringah menyambut hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia yakni Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-69.


Acara yang di sambut antusias dari semua element itu, telah di isi dengan berbagai kegiatan. Diantaranya, karnaval, jalan santai, lomba balap karung, panjat pinang, sepak bola, kreasi trdisional, modern dan kombinasi dari keduanya, calung, lomba maraton, lomba jempana dan masih banyak lagi pentas yang ditampilkan sehingga suasana cukup meriah. Bahkan, sejumlah hadiah menarik telah disiapkan di atas panggung untuk menarik minat warga agar mengikuti lomba tersebut.

Ketua Karang Taruna Putra Mandiri Desa Padabeunghar Eri Kustiawan menjelaskan, kegaitan ini merupakan salah satu bukti rasa syukur warga dalam menikmati kemerdekaan dengan jasa para pejuang terdahulu.” Sebab itu, kami memberikan dukungan penuh dan ikut berpartisipasi dalam memeriahkan momentum tahunan ini,” kata Eri kepada wartawan www.sukabumizone.com Minggu, (17/08).
Lebih lanjut Eri menjelaskan, selain memberikan hiburan bagi warganya dalam menyuguhkan kegiatan dengan berbagai pentas, lomba itu juga untuk mendekatkan hubungan emosional antar warga di desa tersebut.” Dengan adanya lomba semacam ini warga bisa berkumpul serta bergembira. Tentunya hal ini menjadi hiburan tersendiri bagi warga disini,” tutur pria ramah itu.
Kepala Desa Padabeunghar Yanti Kurniawati menjelaskan, pihaknya merasa gembira dan merespon melihat antusias warganya dalam merayakan momentum yang bersezarah itu.” Karena, dengan adanya perlombaan dan kegiatan dalam memeriahkan HUT RI yang ke 69 ini akan terjalin talisilaturrahmi antar warga. Sementara, untuk semua kegiatan telah dipersiapkan secara matang,” jelasnya.
Ia menambahkan, lomba tersebut merupakan swadaya masyarakat yang turut berpartisipasi dalam menyemarakkan Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Seperti, Karang Taruna, RT/RW ditiap kedusunan dan para Pengusaha setempat.” Hal ini, merupakan wujud rasa bangga sebagai masyarakat Indonesia. Dimana, masyarakat bisa memeriahkan momen HUT RI ini dengan berbagai cara yang positif,” sahutnya.
Sebab itu, ia berharap pelaksanaan dalam memeriahkan moment HUT RI ini terus berkesinambungan. Sehingga, di momen-momen HUT RI ke depan dapat diteruskan oleh generasi penerus yang lain.” Kami berharap, perlombaan tradisional dapat terus terlaksana secara berlanjut sehingga generasi penerus bangsa ke depan selalu mengingat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia agar tidak hilang dimakan zaman,” pungkasnya. Den/Yan

Lihat Juga...