Diduga Trafo Meledak, Listrik di Gunungguruh Padam


SUKABUMIZONE.COM,SUKABUMI– Sejumlah warga Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, yang juga sebagai pelanggan PT PLN Rayon Cikembar Area Sukabumi Distribusi Jawa Barat dan Banten (DJBB), keluhkan padam listrik kurang lebih satu jam Minggu, (31/8) malam. Diduga listrik padam akibat gangguan teknis. Pasalnya, menurut informasi yang diperoleh dari sebagian warga mengatakan sempat terjadi ledakan pada trafo PLN di Desa Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh sekitar Pukul 20:27 WIB.
Salah seorang warga Kampung Cibeueus Desa Kebonmanggu Tedi mengatakan, padam listrik memang kerap terjadi di wilayah tersebut. Namun, yang terjadi Minggu malam akibat ledakan pada trafo persis di depan rumahnya. ” Saya kaget sebab ledakannya cukup keras, ” kata Tedi kepada wartawan www.sukabumizone.com Senin, (1/9).
Sementara itu, salah seorang warga Kampung Cikadu Desa Kebonmanggu Nabila mengeluhkan, seringnya padam listrik mengakibatkan sejumlah barang elektronik miliknya rusak. ” Kami harap kinerja PLN ditingkatkan lagi jangan sampai banyak gangguan listrik. Giliran kami bayar telat sebentar saja langsung diputus, “keluhnya.
Menanggapi hal tesebut SPV Teknis PT PLN Rayon Cikembar Eman Durahman membenarkan, adanya padam listrik akibat ledakan di sekitar trafo di wilayah tersebut pada Minggu malam. Namun, ia menyangkal bahwa ledakan terjadi pada trafo melainkan ledakan muncul di pembatas jaringa. “Dari informasi yang kami terima ledakan terjadi bukan karena trafo rusak tapi karena pembatas jaringan, semuanya telah ditangani dengan baik listrik pun hanya satu jam padam dan kini telah menyala kembali,” jelasnya.
Ia pun mengulas, kerusakan atau ledakan memang dapat terjadi akibat beberapa faktor misalnya, usia matrial yang terlampau tua, beban berlebih, los kontak atau terputus dan lain sebagainya. “Masalah-masalah itu yang dapat memicu kerusakan pada trafo dan memicu ledakan,”ulasnya.
Ia berharap, paratisipasi dari semua pihak terjalin harmonis. Sebab, tanpa dukungan semua pihak kinerja PLN tidak akan berjalan mulus. ” Tak lupa kami atas nama PLN meminta maaf karena ketidak nyamana pelanggan dalam menikmati listrik akibat listrik pada Minggu malam kemarin,”pungkasnya. Sep

Lihat Juga...